Alasan Daihatsu Sigra Direkomendasikan Memakai Oli SAE 0W-20

Alasan Daihatsu Sigra Direkomendasikan Memakai Oli SAE 0W-20

PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) merekomendasikan untuk mobil Astra Daihatsu Sigra memakai oli dengan SAE 0W-20 dengan alasan untuk performa mesin terbaik. Terlebih mesin ini sudah menggunakan teknologi Dual VVTi.
Gesekan Mesin Semakin Rendah

Dengan Memakai Oli SAE 0-20W, maka gesekan didalam ruang mesian akan semakin rendah sehingga akan mencapai kinerja mesin yang lebih optimal. Tentu hal tersebut sudah di uji dengan beragam tes oleh TAM maupun ADM.

Pengertian Kode SAE (Society of Automotive Engineers) 0W-20 pada oli ialah sebagai informasi mengenai nilai viskositas kekentalan oli. Angka yang tertera sebelum huruf W (winter) adalah nilai kekentalan oli pada saat kondisi mesin dalam keadaan dingin. 

Semakin kecil nilai angkanya, Maka kekentalannya semakin encer. Sedangkan angka setelah W adalah nilai kekentalan oli pada saat kondisi mesin dalam keaadaan panas atau mesin sedang bekerja, semakin kecil angkanya semakin encer.

Gambar : Mesin Astra Daihatsu Sigra

Oli mesin harus memiliki nilai kekentalan ganda (multigrade) hal tersebut dikarenakan mesin membutuhkan tingkat kekentalan yang berbeda sesuai dengan keadaan temperatur mesin. Pada saat temperatur mesin dingin untuk memudahkan proses start (Oli Encer), lalu beranjak mesin mulai mencapai suhu kerja Oli menjadi lebih kental.

Gambar : Oli Mesin Daihatsu Sigra
Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment