Tips Hemat BBM Meski AC Mobil Nyala, Ini dia Tipsnya

Tips Hemat BBM Meski AC Mobil Nyala, Ini dia Tipsnya

Jika diperhatikan, pada saat kita menghidupkan AC, raungan suara mesin berangsur lebih besar jika dibandingkan dengan posisi AC off.

Hal seperti itu tentu sangat wajar karena penggunaan AC akan membuat kompresor bekerja dengan cara mengambil tenaga dari mesin.

Dengan begitu penggunaan AC tentu akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang dipakai. Namun sebenarnya ada sedikit tips supaya konsumsi bahan bakar tidak terlalu boros meski AC mobil dinyalakan walaupun tidak begitu signifikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Sugihendi.
"Kuncinya adalah semakin lama kompresor hidup, otomatis BBM kesedot lebih banyak," kata Sugihendi di Jakarta.
Maka dari itu, Beliau menyarankan Apabila ingin bahan bakar tetap irit pada saat menyalakan AC, usahakan untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan agar kinerja kompresor tidak hidup non-stop, Cukup temperatur pada posisi setengahnya saja, karena kita enggak perlu sampai menggigil di dalam. Ada mobil yang sampai kacanya berembun, itu berlebihan.

Dashboard Sigra
Gambar : AC Sigra
Sementara jika hanya menyalakan blower atau sekedar kipas apakah akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar? Menurutnya tidak, karena yang membuat bahan bakar boros adalah pada saat AC menyala.
"Kalau blower enggak pengaruh sama konsumsi bbm, yang pengaruh termo switch. Kalau di posisi off kompresor mati, cuma fan doang," tambahnya.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 comment

Post a Comment