Penting! Inilah Fungsi dan Bentuk Tang Kombinasi

Penting! Inilah Fungsi dan Bentuk Tang Kombinasi

Tang Kombinasi adalah salah satu peralatan penting dalam kegiatan operasional di bengkel. Pada umumnya, alat ini berbentuk seperti penjepit dengan dua ujung yang runcing. Bagian penjepit pada umumnya terbuat dari besi atau baja dan ditengahnya terdapat gerigi.

Di Bagian gagang atau pegangan terbuat dari plastik atau karet untuk membuat nyaman taman penggunanya.

Dapatkan Informasi Spesifikasi dan Harga Mobil Daihatsu

Banyak sekali kegunaan yang didapatkan dari penggunaan tang kombinasi. Mari kita bahas satu persatu.

Fungsi Tang Untuk Kegiatan Bengkel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu fungsi tang kombinasi adalah sebagai tang serbaguna salah satunya untuk kegiatan bengkel seperti : 

  • melepas benda benda kecil didalam mesin
  • memotong besi kecil
  • Menjepit snap ring/circlip pada suatu mesin
  • Memutar dan mencengkram pipa
  • Mencabut paku pada ban​​​​​​​

Baca Juga : Apa Itu SST Dalam Dunia Otomotif? Berikut Penjelasan dan Macamnya

Berfungsi Sebagai Peralatan Darurat

Patikan anda memiliki alat ini diruman karena fungsi serbagunanya. Bukan hanya memiliki sejumlah fungsi di atas, tetapi tang kombinasi ini juga digunakan untuk peralatan darurat. Contohnya saja untuk menggunting kabel yang tebal. Umumnya, menggunting kabel dilakukan menggunakan tang potong. 

Tetapi fungsi dari tang ini juga dapat digunakan ketika Anda sulit menemukan tang atau alat pemotong lain. Namun, sebelum menggunakan tang ini sebagai alat pemotong, pastikan gerigi tang dalam kondisi yang baik serta tidak berkarat, sehingga bisa terpotong sempurna.

Bentuk Tang Kombinasi

beberapa fungsi fungsi tang kombinasi untuk kegiatan bengkel, kegiatan rumah tangga, dan kelistrikan

Inilah gambar bentuk tang kombinasi, dengan model membentuk huruf x apabila dibuka dan terdapat pelindung untuk pegangan untuk melindungi tangan penggunanya.

Jenis Jenis Tang

Terdapat beberapa jenis tang yang tentunya memiliki fungsi masing masing, yaitu :

Side cutting plier

Ciri khas dari tang ini yaitu ujung rahangnya tajam. Pada bagian kepala berbentuk lonjong dan sangat rapat serta tidak berlubang.

Baca Juga : Promo Mobil Daihatsu

Catut

Catut adalah salah satu jenis tangan dengan bentuk ujung yang bulat dan tidak tajam. Sekilas ujung rahang dari catut ini menyerupai paruh burung kakaktua. Itulah kenapa catut juga sering disebut sebagai catut kakaktua.

Circlip Plier

Tang ini memiliki ciri yaitu ujungnya yang berbentuk runcing dan panjang. Namun ujung dari alat ini tidak sepanjang long nose plier. Ada 2 buah bentuk dari jenis tang ini, yaitu circlip plier dengan ujung runcing dan lurus dan circlip plier dengan ujung bengkok.

Side cutting plier

Bentuk dari tang jenis ini adalah memiliki ujung rahang yang tajam. Pada bagian kepala berbentuk lonjong dan sangat rapat serta tidak berlubang.

Combination plier (Tang Kombinasi)

Jenis tang ini merupakan salah satu jenis tang yang paling umum dan banyak digunakan. Combination plier sangat multifungsi, sehingga tak heran jika banyak yang menggunakan tang ini.

Ciri khas dari alat ini adalah lubang yang ada pada bagian tengah penjepit untuk memotong kawat atau benda keras lainnya. Lubang tersebut mempunyai gerigi. Umumnya lubang tersebut berbentuk bulat ataupun oval.

Itulah penjelasan mengenai fungsi tang kombinasi, bentuk tang, dan jenis jenisnya. Selain mempersiapkan alat sendiri, Sahat Daihatsu juga wajib melakukan service rutin di bengkel resmi astra Daihatsu.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment