6 Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Baik

6 Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Baik

Pelanggan akan mengeluh ketika harapan mereka terhadap sebuah brand tidak sesuai dengan ekspektasi, namun ada beberapa tips untuk menghadapi pelanggan. Misalnya, ada produk atau layanan yang dijanjikan oleh perusahaan yang berbeda dengan produk atau layanan yang sebenarnya mereka terima.

Setiap pelanggan memiliki keluhan yang berbeda berdasarkan pengalaman mereka. Ada pelanggan yang mengeluhkan lamanya waktu pelayanan, ada juga pelanggan yang mengeluhkan produk yang diterima. Berikut adalah beberapa contoh keluhan pelanggan.

 

Contoh Komplain Pelanggan dan Tips Mengahadapinya

1. Produk Rusak atau Cacat

Tidak ada pelanggan yang senang ketika mereka menerima produk yang rusak atau cacat. Selain itu, mereka mengeluhkan kasus ketika produk tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan, produk tidak lengkap atau kualitas produk tidak sesuai dengan standar produksi yang berlaku.

Baca Juga : Fitur Keselamatan Daihatsu Xenia

2. Produk habis atau tidak tersedia

Walaupun produk habis merupakan hal positif bagi perusahaan, sayangnya hal ini tidak berlaku bagi pelanggan. Mereka akan mengeluh jika produk yang mereka butuhkan tidak tersedia saat mereka ingin membelinya.

3. Layanan buruk

Pengalaman berbelanja pelanggan berubah menjadi buruk ketika mereka menerima layanan yang tidak memuaskan. Layanan yang buruk dapat disebabkan oleh pertanyaan yang tidak terjawab, jawaban yang tidak memuaskan karena pengetahuan produk yang terbatas, atau hanya karena cara karyawan berbicara.

5. Tidak ada respon di media sosial

Tentu saja, ketika Anda melihat akun media sosial untuk bisnis yang masih aktif, pelanggan mengharapkan umpan balik. Mereka akan kecewa jika tidak mendapatkan respon setelah mengirim pesan.

Baca Juga : Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

6. Tidak ada tindak lanjut atas pengaduan

Perusahaan akan mendapatkan image buruk Ketika tidak serius dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Banyak perusahaan yang membiarkan begitu saja Ketika pelanggan mengalami kendala terhadap sebuah produk dengan alasan tidak ingin membebani cost.

Astra Daihatsu selalu berusaha menjaga kualitas produk dan layanannya agar setiap pelanggabn memiliki great experience. Selain itu, Ketika ada keluhan masuk, Astra Daihatsu akan merespon dengan cepat serta memberikan solusi terbaik untuk customer.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment