Beda dengan Angin Biasa, Ini Fungsi Angin Nitrogen Untuk Ban

Beda dengan Angin Biasa, Ini Fungsi Angin Nitrogen Untuk Ban

Banyaknya fungsi angin nitrogen membuat gas murni yang satu ini banyak dipilih oleh para pemilik mobil. Nitrogen memang dianggap lebih bagus dibandingkan angin biasa.

Hal tersebut karena angin nitrogen tidak mudah keluar dari pori-pori ban. Berbeda dengan angin biasa yang mudah keluar dari pori-pori ban. Dengan kelebihannya tersebut, tingkat kebocoran pada ban yang menggunakan angin nitrogen pun lebih kecil. 

Baca juga: Ciri Ciri Shockbreaker Rusak

Fungsi dan Manfaat Angin Nitrogen Untuk Ban Mobil

Lantas, apa saja kelebihan dan fungsi angin nitrogen bagi performa ban mobil?

Daya cengkram lebih baik dan lebih awet

Salah satu fungsi dan manfaat angin nitrogen bagi ban mobil adalah membuatnya memiliki daya cengkram yang lebih baik serta lebih awet. Hal ini karena ban yang diisi dengan angin nitrogen tidak akan menerima panas yang berlebihan.

Dengan begitu, suhu ban tetap rendah dan stabil, sehingga ban mampu mencengkram permukaan jalan dengan lebih baik. Kondisi tersebut membuatnya tetap awet seiring pemakaian, karena tidak cepat habis dan tetap empuk meski digunakan setiap hari.

Tekanan ban lebih stabil

Fungsi angin nitrogen selanjutnya adalah membuat tekanan ban lebih stabil. Hal ini karena angin nitrogen termasuk suatu unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan juga tidak terpengaruh pada unsur lainnya. Jadi, suhu atau iklim tropis tidak bisa mempengaruhi tekanan angin. 

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Dengan begitu, tekanan ban menjadi lebih stabil dan tahan lama, sehingga Sahabat Daihatsu tidak perlu terlalu sering mengisi angin ban.

Menjaga ukuran dan bentuk ban

Angin yang digunakan untuk mengisi ban mobil juga akan mempengaruhi ukuran dan bentuknya. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika ban menggunakan angin angin nitrogen, karena tekanannya yang lebih stabil membuat ukuran dan bentuknya terjaga.

Berbeda jika Sahabat Daihatsu menggunakan angin biasa, ban akan mudah kempes hingga akhirnya akan berujung pada kerusakan dan Sahabat Daihatsu jadi harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menggantinya.

Mengurangi risiko oksidasi

Menggunakan angin biasa atau oksigen pada ban bisa menimbulkan oksidasi di lapisan dalamnya serta menyebabkan korosi pada velg. Namun, angin nitrogen memiliki sifat yang sulit bereaksi, sehingga hal tersebut tidak akan terjadi. 

Baca juga: 16 Jenis Ban Mobil, Simak Fungsi dan Kelebihannya Masing Masing

Dengan begitu, ban akan lebih tahan lebih lama dan awet, performanya pun juga akan tetap baik. Sahabat Daihatsu juga tidak perlu terlalu sering membersihkan velg.

Namun, jika sebelumnya Sahabat Daihatsu menggunakan angin biasa dan ingin mengisinya dengan angin nitrogen, maka sebaiknya kuras anginnya terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar fungsi angin nitrogen di dalam ban lebih maksimal.

Ternyata, angin nitrogen memiliki banyak sekali manfaat bagi ban, ya? Nah, untuk membuatnya bekerja lebih maksimal, berikut beberapa langkah perawatan yang harus Sahabat Daihatsu lakukan.  

Pilih layanan angin nitrogen yang menggunakan mesin N2 generator
Bila Sahabat Daihatsu memutuskan untuk mengisi ban dengan angin nitrogen,  sebaiknya pilihlah layanan yang menggunakan mesin N2 generator, karena mesin tersebut lebih mampu menjamin kemurnian angin nitrogen dibandingkan yang masih menggunakan tabung.

simak fungsi dan manfaat angin nitrogen untuk ban

Cek tekanan ban per satu bulan sekali
Perawatan selanjutnya adalah mengecek tekanan ban satu bulan sekali. Apabila tekanan ban mengalami peningkatan ada baiknya Sahabat Daihatsu melakukan pengurasan ban dengan sistem vakum.

Lakukan pengurasan setiap 3 bulan sekali

Ban yang diisi angin nitrogen memang memiliki tekanan dan temperatur yang stabil. Namun agar untuk membuat tekanan dan temperaturnya terjaga, Sahabat Daihatsu disarankan untuk melakukan pengurasan dengan sistem vakum setiap tiga bulan sekali.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Tidak sulit, kan? Selain merawat ban, pastikan Sahabat Daihatsu juga merawat komponen lainnya agar performa mobil tetap prima dengan membawanya ke bengkel resmi Daihatsu secara rutin.

Kini, Sahabat Daihatsu dapat melakukan pemesanan jadwal service tanpa perlu antri. Unduh saja aplikasi DaihatsuKu dan lakukan booking service atau ganti jadwal service secara cepat dan mudah.

Tunggu apalagi, langsung unduh gratis aplikasinya di Play Store dan App Store.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment