Cek Plat Nomor Jakarta Lewat Handphone, Begini Caranya

Cek Plat Nomor Jakarta Lewat Handphone, Begini Caranya

Untuk cek plat nomor Jakarta melalui handphone ternyata sangat mudah dilakukan. Ada 3 cara yang bisa Sahabat Daihatsu lakukan, yaitu melalui pesan singkat atau SMS, website, serta menggunakan aplikasi e-Samsat. 

Cara-cara tersebut berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor, baik mobil atau motor. Salah satu kegunaan dari mengecek plat nomor ini bagi pemilik kendaraan adalah untuk mengetahui informasi pajak sehingga tidak lupa untuk melakukan pembayaran. 

Akan tetapi, cara cek plat nomor Jakarta melalui website memang informasi yang diberikan akan lebih lengkap. Mulai dari merek, model, tahun, warna, nomor rangka, dan nomor mesin kendaraan itu sendiri. 

Cara Cek Plat Nomor Jakarta

Dari 3 cara cek plat nomor Jakarta tersebut, bisa digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang terdaftar di Samsat Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.  Bagaimana penjelasan mengenai cara lengkapnya?

Baca juga: Apa Saja yang Jadi Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba?

Ketiga cara tersebut dapat kalian lakukan dengan sangat mudah. Simak penjelasan berikut ini!

Cek Plat Melalui SMS

Cara cek plat nomor Jakarta yang pertama adalah melalui pesan singkat atau SMS, dimana ini bisa dilakukan pada semua jenis handphone. Sahabat Daihatsu hanya perlu mengirim SMS dengan menggunakan format seperti berikut ini:

METRO [spasi] plat nomor polisi kendaraan yang akan dicek. Jika sudah sesuai dengan format, bisa langsung mengirimkannya ke nomor 1717. 

Contoh dari penggunaan SMS untuk cek plat nomor mobil Jakarta adalah METRO B1500TFR.

Setelah mengirim SMS, nantinya beberapa saat kemudian Sahabat Daihatsu akan menerima SMS balasan. Biasanya berisikan data kendaraan seperti nama pemilik kendaraan dan informasi lainnya mengenai plat nomor tersebut.

Namun Sahabat Daihatsu jangan lupa untuk mengecek lagi penggunaan huruf kapital pada saat mengirimkan SMS, khususnya untuk tulisan METRO yang harus menggunakan huruf kapital semua serta plat nomor kendaraan. 

Baca juga: 6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Ini bertujuan untuk mencegah adanya kesalahan data ataupun pengiriman yang nantinya bisa memperlambat jalanya proses pengecekan. 

Melalui Website

Cara selanjutnya untuk cek plat nomor Jakarta adalah dengan melalui website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Sahabat Daihatsu bisa mengakses website tersebut untuk mengetahui informasi mengenai data-data kendaraan. 

Jika sudah masuk ke dalam website tersebut, Sahabat Daihatsu bisa langsung memasukkan nomor plat kendaraan yang ingin dicari tahu informasinya. Pada kolom website berikutnya, biasanya akan diminta untuk memasukkan NIK. 

Baca juga: Makin Ceria Beli Daihatsu dengan Sahabat Ceria!

Akan tetapi, jika tidak bisa memasukkan NIK maka Sahabat Daihatsu bisa langsung mengosongkan kolom tersebut. Jika sudah selesai, centang pada bagian kotak kosong yang berada di sebelah tulisan “I’m not a robot” untuk melakukan verifikasi secara otomatis.

Setelah verifikasi dilakukan, bisa langsung klik Proses dan menunggu sampai selesai. Nantinya akan muncul informasi mengenai kendaraan yang diinginkan berdasarkan plat nomor yang dimasukkan tersebut.

Informasi yang ada pada website biasanya meliputi merek kendaraan, tipe kendaraan, jenis bahan bakar, warna kendaraan, pajak, serta masa berlaku PKB yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan tersebut. 

cara cek plat nomor jakarta lewat handphone

Dengan mengecek melalui website, ini juga bisa menjadi salah satu cara bagi Sahabat Daihatsu untuk mengetahui apakah pajak kendaran sudah jatuh tempo atau belum. 

Menggunakan Aplikasi

Cara cek plat nomor Jakarta yang mudah juga bisa dilakukan melalui aplikasi yang bernama 

“Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” yang bisa diunduh lewat PlayStore atau AppStore. Tampilan pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dari website Samsat DKI. 

Sahabat Daihatsu tinggal memasukkan plat nomor kendaraan. Setelah itu, seluruh informasi mengenai kendaran tersebut akan ditampilkan dengan jelas. 

Baca juga: Tilang Manual Dilarang, Sahabat Daihatsu Tahu Aturanya?

Namun sebelum menggunakan aplikasi ini setiap penggunanya harus diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dulu. Untuk melakukan registrasi, tinggal masukkan alamat email serta password. 

Jika sudah melakukan registrasi, Sahabat Daihatsu tinggal pilih menu PKB, masukkan plat nomor kendaraan, lalu klik Proses.

Bagaimana, menurut Sahabat Daihatsu dari 3 cara cek plat nomor Jakarta tadi mana yang paling mudah? Tinggal plih salah satu dan ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, ya.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment