Efek Buruk Bila Mobil Tidak Melakukan Perawatan Berkala

Efek Buruk Bila Mobil Tidak Melakukan Perawatan Berkala

Ada berbagai dampak buruk dan kerugian menanti apabila mobil tidak melakukan perawatan berkala. Ya, guna memastikan bahwa mobil dalam kondisi yang optimal, servis sesuai jadwal wajib dilakukan Sahabat Daihatsu.

Selain itu, dengan melakukannya kerusakan juga bisa dideteksi lebih awal, sehingga dapat ditangani lebih cepat dan tidak menambah kerusakan pada komponen lain.

Bukan hanya untuk mobil yang digunakan sehari-hari saja, hal ini juga berlaku untuk mobil yang lebih sering terparkir di rumah alias jarang dipakai.

Baca juga: Makin Ceria Beli Daihatsu dengan Sahabat Ceria!

Pasalnya, meski jarang dipakai tidak menjamin kalau mobil akan bebas dari masalah. Berbagai efek buruk tetap bisa menyerang, seperti kerusakan pada aki hingga kaki-kaki.

Lantas, apa saja efek buruk yang mengintai bila mobil tidak melakukan perawatan berkala?

Boros BBM

Mobil yang tidak melakukan perawatan berkala akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros BBM (bahan bakar minyak). Sebab, saat melakukan perawatan, salah satu bagian yang dicek dan melakukan penggantian adalah oli.

Dengan tidak melakukan perawatan berkala, artinya mobil telat ganti oli dan hal tersebut dapat meningkatkan gesekan di dalam mesin, alhasil kinerjanya jadi lebih berat.

Baca juga: Sahabat Daihatsu Harus Tahu, Ini Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Ganti oli sendiri idealnya dilakukan setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer dengan pemakaian normal, atau dalam kurun waktu 6-12 bulan, tergantung seberapa sering mobil digunakan dan seberapa berat medan yang ditempuh.

Mobil mogok

Sahabat Daihatsu tentunya tidak ingin mobil mogok tiba-tiba, kan? Untuk itu, jangan lewatkan perawatan berkala, ya.

Semakin jarang mobil mendapatkan perawatan yang baik, maka mesin juga akan semakin jarang dicek, begitupun dengan komponen lain seperti kaki-kaki hingga kelistrikan.

Baca juga: Aplikasi DaihatsuKu Solusi Booking Service untuk Kamu yang Memiliki Jadwal Padat

Alhasil, komponen yang sebenarnya sudah harus diganti menjadi terbengkalai karena tidak terpantau, akibatnya masalah seperti mogok akan muncul.

Komponen aus

Mobil yang awet tentunya menjadi idaman setiap orang. Namun, hal tersebut hanya akan menjadi angan-angan apabila mobil tidak mendapatkan perawatan yang baik secara berkala.

Hal ini karena mobil akan bekerja lebih keras apabila jarang dirawat, sehingga membuat beberapa komponen mulai aus.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Pick Up Daihatsu, Granmax Agar Bisnis Tetap Lancar

Alhasil tekanan pada sistem akan bertambah dan komponen aus lebih cepat. Akibatnya usia mobil jadi lebih pendek dari seharusnya.

Kualitas mobil menurun

Kualitas akan terus menurun apabila mobil tidak melakukan perawatan yang baik secara berkala. Berbagai komponen mobil tidak lagi bekerja optimal, mobil sudah tidak lagi nyaman digunakan. Bahkan, aspek keamanan juga akan terganggu.

Kalau sudah begini, kualitas mobil akan terus menurun. Sahabat Daihatsu juga dipastikan akan merugi karena harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki dan mengembalikan performanya.

Baca juga: 5 Alasan Daihatsu Sigra Cocok untuk Keluarga Muda

Nggak cuma boros pengeluaran, Sahabat Daihatsu juga akan boros waktu karena biasanya semakin parah kerusakannya maka waktu perbaikannya pun jauh lebih lama ketimbang saat perawatan berkala.

Waktu ideal untuk perawatan berkala

Waktu yang ideal untuk melakukan perawatan berkala adalah setiap 10.000 kilometer, namun ada juga yang menggunakan patokan waktu seperti enam bulan sekali.

Agar tidak kesulitan mengingatnya, Sahabat Daihatsu bisa menggunakan hitungan bulan sebagai patokan. Selain itu, waktu ideal untuk melakukan perawatan juga perlu disesuaikan dengan seberapa sering pemakaian mobil.

Baca juga:  Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Jika mobil digunakan untuk harian, servis sebaiknya dilakukan sebelum enam bulan pemakaian. Apalagi kalau sudah jarak tempuh sudah bertambah 10.000 kilometer.

Nah, untuk menghindari berbagai efek buruk di atas, pastikan Sahabat Daihatsu memberikan perawatan terbaik pada mobil kesayangan, ya!

Apalagi, saat ini untuk melakukan perawatan berkala sudah tidak sulit lagi berkat adanya layanan Daihatsu Home Service.

Untuk memanfaatkan layanan tersebut, Sahabat Daihatsu hanya perlu mengakses ke halaman Daihatsu Home Service, lalu isi beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi, jenis mobil, jenis servis, pilihan waktu, dan data diri.​​​​​​​ Mudah, kan?

Baca juga: Ground Clearance Mobil Tinggi, Apa Sih Kelebihanya Saat Digunakan?

Yuk langsung coba dan manfaatkan layanan Tanya Daisy untuk semua pertanyaan dan informasi yang Sahabat Daihatsu butuhkan.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment