Keunggulan Daihatsu Rocky dan Cara Merawatnya

Keunggulan Daihatsu Rocky dan Cara Merawatnya

Daihatsu Rocky jadi salah satu compact SUV dengan segudang keunggulan. Tidak heran kalau mobil berkapasitas 5 penumpang ini terus eksis dan selalu diminati masyarakat Indonesia. 

Miliki pengalaman berkendara menakjubkan dengan Daihatsu Rocky. Minta penawaran sekarang juga!

Hal tersebut dibuktikan dari penyegaran yang dibawanya pada gelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Ya, Daihatsu Rocky hadir dengan sejumlah ubahan pada bagian eksteriornya. Beberapa bagiannya kini dengan tambahan warna hitam, sehingga menegaskan kesan sporty.

Baca juga: Hati-hati, berikut Dampak dari Telat Mengganti Oli Mesin Mobil Daihatsu

Ubahan tersebut dilakukan pada area grill bagian depan, bodi spion samping (outer mirror), serta pelek warna hitam berukuran 16 inci untuk varian 1.2 X, dan juga Gun Metal Skid Plate.

Selain tampilan, Daihatsu Rocky terbaru juga membawa warna pilihan terbaru yaitu Shining Pearl White dan Compagno Red untuk varian 1.0 L.

Pertama kali diluncurkan

Daihatsu Rocky sendiri pertama kali diluncurkan tahun lalu dan merupakan reinkarnasi dari Rocky versi lawas yang dirilis pada 1988. Varian lawas tersebut memiliki mesin diesel bertipe DL41 dengan kapasitas 2.765 cc.

Baca juga: Apa Sih Kelebihan Transmisi D-CVT? Dijamin Bikin Nyaman!

Beberapa tahun setelahnya, mesin tersebut diganti dengan mesin bertipe DL42 dengan kapasitas mesin yang sama. Adapun yang menjadi pembeda adalah tenaganya yang mencapai 76 daya kuda/245 Npm.

Singkat cerita, Daihatsu Rocky versi lama resmi hilang dari pasar Indonesia pada tahun 1990-an dan kembali hadir pada April 2021 dengan membawa mesin 1.0L turbo dan sejumlah ubahan lainnya pada interior, eksterior hingga fitur pendukungnya.

Kemudian pada Juni 2021, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan tambahan pilihan dengan memperkenalkan Daihatsu Rocky 1.200 cc yang dikembangkan untuk pasar otomotif Indonesia, sekaligus menjadi yang pertama di dunia.

Keunggulan Daihatsu Rocky

Penasaran keunggulan apa saja yang dimiliki Daihatsu Rocky? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Interior dengan kesan sporty

Mobil ini punya kabin yang luas dengan kapasitas penumpang mencapai 5 orang. Berkat dashboard berwarna abu-abu dan aksen aluminium pada bagian AC, interior Daihatsu Rocky menampilkan kesan yang begitu sporty.​​​​​​​

Eksterior yang agresif

Eksteriornya juga tak kalah sporty berkat adanya grill besar yang dilengkapi dengan LED yang bentuknya agar runcing. Lekukan tegas pada kap mesin serta bumper yang dipasang tinggi juga menambah kesan agresif pada SUV yang satu ini.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Radiator Mobil Daihatsu

Beralih ke bagian belakang, Sahabat Daihatsu bisa menemukan lampu yang dilengkapi LED serta pilar D yang menggantung.

Mesin tangguh dan irit

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Daihatsu Rocky punya mesin tangguh yang hadir dalam dua pilihan. Di antaranya Rocky 1.0 Turbo yang mengusung mesin 1.000 cc 1KR-VET 3 silinder yang dilengkapi dengan teknologi turbocharged.

Kemudian ada juga Rocky 1.2 yang mengusung mesin 1.200 cc tiga silinder berkode WA-VE yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 86 daya kuda dan torsi 112 Nm.

Baca juga: Tips Mengatasi Rem Mobil Blong

Tak hanya tangguh, mesin yang dimiliki mobil ini juga mampu menghemat bahan bakar, yakni sekitar 18,6 km/liter hingga 23,4 km/liter.

Fitur

Fitur menarik juga turut melengkapi mobil ini, mulai dari fitur hiburan seperti fitur In-Car Entertainment System, hingga fitur keamanan seperti Daihatsu Advance Smart Assist yang meliputi Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Cara merawat Daihatsu Rocky

Segudang keunggulan tersebut tentunya membutuhkan perawatan yang baik agar dapat bekerja dengan maksimal. Berikut tipsnya: 

  1. Pilih oli berkualitas

Untuk menjaga performanya, pastikan Sahabat Daihatsu memilih oli dengan kualitas terbaik. Jangan lupa pula pertimbangkan standar yang dibutuhkan oleh mesin mobil.

  1. Gunakan bahan bakar terbaik

Selain oli, pastikan Sahabat Daihatsu juga memilih bahan bakar terbaik dengan nilai oktan yang tinggi. Disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan di atas 90 seperti Pertamax.

  1. Pastikan filter udara bersih

Udara yang bersih sangat diperlukan dalam ruang pembakaran agar prosesnya berjalan optimal.

Bila filter udara kotor, pembakaran di dalam mesin bisa terganggu sehingga bahan bakar jadi lebih boros dibandingkan dengan kondisi normal. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Sahabat Daihatsu rutin membersihkannya.

  1. Pelajari pemakaian mesin turbo

Nah, kalau yang satu ini khusus untuk Daihatsu Rocky yang menggunakan mesin turbo. Perlu diketahui prinsip kerja mesin turbo dinilai tidak dapat instan langsung digunakan.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Melainkan dibutuhkan pemanasan mesin setidaknya 5 menit sebelum Sahabat Daihatsu mengendarai mobil. Maka dari itu, saat akan mengendarainya pastikan untuk memanaskannya terlebih dahulu.

Kemudian saat mematikannya, sebaiknya tunggu hingga RPM turbin menurun, kemudian diamkan mobil setidaknya 1 menit.

Mudah bukan perawatannya? Jika tertarik untuk memiliki Daihatsu Rocky, kunjungi daihatsu.eu.org untuk info lebih lanjut.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment