Komponen Apa Saja yang Wajib Dicek Saat Service Rutin?

Komponen Apa Saja yang Wajib Dicek Saat Service Rutin?

Service rutin menjadi hal yang wajib dilakukan setiap pemilik mobil guna menjaga kinerjanya agar selalu prima, idealnya dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 kilometer.

Nah, ketika melakukannya, ada berbagai komponen yang tidak boleh luput dari pengecekan dan penggantian. Apa saja?

Filter udara

Salah satu komponen yang wajib dicek adalah filter udara. Pastikan komponen yang satu ini dibersihkan ketika melakukan service rutin agar tidak ada kotoran yang menyumbat sehingga proses pembakaran pada ruang mesin tidak terganggu.

Baca juga: Makin Ceria Beli Daihatsu dengan Sahabat Ceria!

Selain itu, filter udara juga memiliki batas usia, idealnya diganti setiap mobil menempuh jarak 40.000 kilometer atau biasanya ditandai dengan penurunan performa seperti berkurangnya tenaga dan akselerasi, keluar asap dari knalpot, hingga BBM menjadi boros.

Apabila Sahabat Daihatsu mendapati hal-hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan, sebaiknya lakukan penggantian saat melakukan service berkala.

Filter AC

Filter AC juga menjadi komponen yang wajib dicek. Sahabat Daihatsu tentunya tidak mau kan berkendara menjadi tidak nyaman lantasan AC yang kondisinya tidak terawat?

Baca juga: Keunggulan Daihatsu Rocky dan Cara Merawatnya

Untuk itu, cek komponen yang satu ini, ya. Pastikan bebas dari debu dan kotoran yang menempel agar udara yang dihasilkan tetap sejuk dan segar.

Busi

Meski ukurannya mungil, namun busi memegang peranan penting bagi kinerja mesin mobil. Jadi, pastikan tidak luput dari pengecekan saat melakukan service rutin.

Busi sendiri bertugas untuk memantik api agar terjadi pembakaran pada ruang mesin. Apabila mengalami kerusakan, maka sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar kendaraan.

Baca juga: Tilang Manual Dilarang, Sahabat Daihatsu Tahu Aturanya?

Untuk menjaga kinerjanya, busi harus rutin dibersihkan. Sedangkan jika sudah memasuki batas usianya, busi harus segera diganti dengan yang baru agar pembakaran tidak terganggu.

Aki

Kalau komponen yang satu ini berperan penting sebagai sistem kelistrikan mobil. Mobil tidak akan bisa distarter apabila aki rusak atau lemah, berbagai komponen yang membutuhkan arus listrik juga akan terganggu kinerjanya. 

Baca juga: Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Jadi, jangan biarkan pengecekan pada aki terlewat saat melakukan service rutin. Apabila sudah mencapai masa pakai dan aki perlu diganti, segera ganti dengan yang baru sebelum mobil benar-benar mogok.

Oli

Oli dalam mobil perlu dicek kondisinya, apabila warnanya sudah menghitam dan encer, artinya oli harus diganti.

Selain itu, ada hal lain yang menjadi pertanda bahwa oli harus diganti, seperti mesin yang terasa kasar, timbul suara berisik saat mesin dinyalakan, hingga akselerasi menurun.

Kampas rem

Kampas rem yang tidak terawat akan menimbulkan sejumlah gangguan pada sistem pengereman, seperti tidak pakem, putaran roda surut hingga timbul bunyi berdecit. Maka dari itu saat service rutin, cek kondisi komponen yang satu ini, ya.

Kampas kopling

Kampas kopling memiliki fungsi untuk menyambungkan tenaga yang dihasilkan mesin ke sistem transmisi. Apabila mobil sudah menempuh 70.000 kilometer, saat service rutin sebaiknya kampas kopling diganti.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Kemudian apabila Sahabat Daihatsu mendapati pedal kopling tampak lebih tinggi, akselerasi mesin mulai menurun, timbul bau hangus, perpindahan persneling terasa berat, dan mesin cepat panas, jangan menunda untuk mengganti kampas kopling.

Kaki-kaki

Terakhir yang tidak kalah penting adalah pengecekan pada kaki-kaki. Apabila bagian ini tidak dicek dan tidak mendapatkan perawatan yang baik, maka kenyamanan berkendara akan terganggu. Bahkan dapat mengancam keselamatan.

Nah, saat melakukan service rutin pastikan Sahabat Daihatsu tidak melewatkan komponen-komponen tersebut, ya.

Baca juga:  Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Tidak hanya untuk membuat performa mobil terjaga, dengan service rutin kerusakan juga bisa dideteksi lebih awal, sehingga tidak merembet ke bagian lain dan Sahabat Daihatsu pun terhindar dari biaya perbaikan yang membengkak.

Pastikan service dilakukan di bengkel resmi agar mobil Daihatsu kesayangan mendapatkan perawatan terbaik dari ahlinya. Ada berbagai layanan yang bisa Sahabat Daihatsu manfaatkan, di antaranya Booking Service dan Daihatsu Home Service

Layanan tersebut memberikan kemudahan merawat mobil Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu dengan keleluasaan memilih jadwal, lokasi dan jenis pekerjaan perawatan atau perbaikan secara real time sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ground Clearance Mobil Tinggi, Apa Sih Kelebihanya Saat Digunakan?

Tentunya mudah bukan? Jadi, yuk rawat mobil Sahabat Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu untuk mendapatkan perawatan terbaik dari ahlinya

Klik  di sini untuk informasi lebih lanjut seputar produk dan layanan Daihatsu.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment