Mau Bikin? Simak Dulu Perbedaan Garasi dan Carport Berikut

Mau Bikin? Simak Dulu Perbedaan Garasi dan Carport Berikut

Adanya carport di rumah memang sangat membantu bagi pemilik mobil untuk mengindari mobil terkena paparan sinar matahari. Selain itu, carport berfungsi agar pemilik kendaraan tidak memarkir mobil di bahu jalan depan rumah dan mengganggu tetangga.

Namun, apakah kalian tahu perbedaan carport dan garasi? Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, tetap ada banyak perbedaan yang harus kalian simak.

Cek Promo Daihatsu Disini

Pengertian Carport

Carport adalah sebuah tempat semi terbuka yang seringkali terpisah dari kesatuan bangunan rumah dan berfungsi untuk memarkir mobil.

Seringkali carport dabangun di depan rumah dan terdapat kanopi untuk melindungi kendaraan dari hujan maupun sinar matahari.

Fungsi Carport

Fungsi utama dnari carport adalah untuk memberikan tempat parkir yang terlindungi bagi mobil dan kendaraan lainnya, serta melindungi kendaraan dari elemen cuaca, seperti hujan, sinar matahari, dan salju. Carport biasanya dipasang di depan atau di samping rumah, dan memberikan akses yang mudah dan nyaman untuk memasuki atau meninggalkan kendaraan.

Selain itu, carport juga dapat memiliki beberapa fungsi tambahan, seperti:

  1. Area pengumpulan: Carport dapat digunakan sebagai area pengumpulan yang baik untuk keluarga dan teman-teman di luar ruangan.
  2. Penyimpanan barang: Carport dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang seperti kayu bakar, sepeda, dan lain-lain.
  3. Bangunan tambahan: Carport dapat menjadi bangunan tambahan untuk rumah, yang dapat meningkatkan nilai properti dan memberikan ruang tambahan untuk kegiatan keluarga.
  4. Fungsi sebagai tempat produksi listrik tenaga surya: beberapa carport kini juga dilengkapi dengan panel surya yang dapat menghasilkan listrik tenaga surya dan memberikan nilai tambah lingkungan.​​​​​​​

Baca Juga : Fungsi Piston Pada Mesin Mobil

Pengertian Garasi

Garasi adalah bangunan tertutup yang digunakan untuk menyimpan kendaraan, seperti mobil, motor, atau sepeda, serta barang-barang lainnya yang memerlukan ruang penyimpanan yang aman dan terlindungi dari cuaca. Garasi biasanya terletak di samping atau di belakang rumah dan biasanya terhubung dengan rumah melalui pintu masuk. Garasi juga dapat digunakan sebagai ruang kerja atau ruang penyimpanan tambahan jika cukup luas.

5 Perbedaan Carport dan Garasi

Setelah membaca pengertian dari garasi dan carport. Selanjutnya adalah pembahasan mengenai perbedaaan diantara keduanya.

Bangunan

Garasi adalah bangunan tertutup yang terletak di samping atau di belakang rumah yang biasanya terhubung dengan rumah melalui pintu masuk. Sementara itu, carport adalah struktur terbuka yang biasanya terdiri dari atap yang didukung oleh tiang-tiang, yang dapat berdiri sendiri atau terhubung dengan rumah.

Penutup Atap

Garasi memiliki atap yang tertutup dan dinding di sekelilingnya, sementara carport hanya memiliki atap yang terbuka. Namun sekarang cukup banyak pemilik carport yang memasang kanopi.

Keamanan

Garasi memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena mobil terlindungi dari cuaca dan pencurian. Hal tersebut dikarenakan garasi memiliki pintu dan disertai oleh pengunci. Sementara carport memberikan perlindungan terbatas dari elemen cuaca dan kurang aman dari pencurian.

Biaya

Garasi umumnya lebih mahal daripada carport karena membutuhkan material yang hampir sama untuk membangun rumah. Selain itu, waktu pembuatan garasi lebih lama dan membutuhkan pekerjaan tambahan untuk menyelesaikan bangunan tertutup.

Fungsi

Garasi sering digunakan untuk menyimpan mobil, motor, dan barang-barang lainnya yang memerlukan ruang penyimpanan yang aman. Sementara carport digunakan terutama sebagai tempat parkir mobil dan melindungi kendaraan dari sinar matahari dan hujan.

Itulah penjelasan mengenai carport dan garasi secara lengkap untuk Sahabat Daihatsu.

Jangan lupa lakukan booking service Daihatsu untuk merasakan mudahnya service mobil.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment