Pengertian Torsi Mobil, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Horse Power

Pengertian Torsi Mobil, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Horse Power

Bagi anda pegiat otomotif khususnya pecinta mobil, pasti sudah sering mendengar tentang torsi. Setiap melihat spesifikasi mobil, anda pasti menemukan besaran torsi kendaraan dan besarnya berbeda untuk tiap tiap kendaraan. Apa itu torsi? Dan apakah sama dengan horse power? Agar tidak penasaran, mari kita bahas mengenai fungsi torsi, cara kerjanya, serta apa sih perbedaannya.

Torsi Adalah

Torsi adalah salah satu bagian dari sistem mobil yang lebih berfokus pada urusan akselerasi atau percepatan. Torsi dapat memperlihatkan seberapa besar gaya yang membuat sebuah benda berotasi yakni roda mobil. Dalam dunia otomotif, torsi merupakan besaran untuk menyatakan seberapa besar gaya dorong yang bisa diproduksi oleh suatu mesin.​​​​​​​

Keberadaan torsi diwakili dalam bentuk sederhana yaitu apabila kumparan yang mengelilingi suatu objek.

Baca Juga : Keunggulan Daihatsu Xenia

Efek Torsi Pada Mobil

Torsi sangat berpengaruh pada tenaga mobil untuk menghasilkan kecepatan pada sebuah kendaraan dari posisi diam hingga bergerak. Besarnya tenaga mobil bisa disebabkan jumlah nilai torsi yang bisa dihasilkan oleh mesin. Semakin besar tenaga mobil, maka semakin cepat juga waktu akselerasinya untuk mencapai titik maksimum.

Itulah mengapa banyak orang yang mempertimbangkan besarnya torsi ketika ingin membeli mobil.

fungsi dan pengertian torsi mobil adalah

Fungsi Torsi Mobil

Fungsi paling utama dari torsi adalah sebagai daya dorong supaya mobil bisa melaju dan berakselerasi dengan maksimal. Torsi akan disalurkan ke bagian roda kemudian di transmisikan ke persneling pada susunan gigi mobil dan menggerakkan mobil sesuai keinginan pengemudi.

Semakin besar torsi dari sebuah kendaraan, maka semakin optimal akselerasi dan semakin kencang kecepatan mobil.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil 200 Jutaan Daihatsu

Rumus Torsi

Untuk menghitung sebuah torsi yang dihasilkan oleh mesin mobil, yang dihitung menggunakan rumus fisika. Rumus torsi sendiri merupakan hasil perkalian antara gaya dengan lengan momennya. Secara matematis rumus torsi ditulis sebagai berikut ini :

τ = l x F

Jika lengan gaya (F) dan lengan gaya (l) tidak tegak lurus, maka rumusnya menjadi sebagai berikut :

τ = l x F sin α

Keterangan :

– τ : momen gaya (Nm)

– l : lengan gaya (m)

– F : gaya (N)

– α : sudut antara lengan gaya (I) dan gaya (F)

(Sumber : Wikipedia.org)

Perbedaan Torsi dengan Horse Power

Dua hal ini memiliki pengertian dan satuan hitung yang berbeda pula. Horse power menjelaskan bagaimana sebuah energi yang dikeluarkan oleh mesin mobil dapat mencapai top speed atau kecepatan tertinggi. Seringkali menggunakan satuan hitung horspower (Hp) atau PS (Pferdestarke).

Sedangkan torsi adalah satuan yang lebih menekankan terhadap perhitungan energi yang dikeluarkan oleh mesin mobil. Torsi dihitung dari saat mobil diam hingga sampai mobil bergerak, satuan yang digunakan adalah Kilogram Meter (Kgm) atau Newton (Nm).

Kedua hal saling berkaitan dalam performa mobil, horse power berfungsi menjaga mobil tetap kencang dan stabil, sementara torsi berfungsi menjaga mobil tetap bergerak dan menghasilkan horse power (Hp).

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa torsi merupakan sebuah satuan berkaitan dengan seberapa besar kemampuan mesin mobil. Sahabat Daihatsu bisa mengetahui berapa torsi yang anda butuhkan ketika membeli mobil baru.

Manfaat Torsi Besar

Cukup banyak manfaat yang didapatkan apabila kendaraan memiliki torsi yang besar, diantaranya yaitu : 

Melewati Medan Curam

Dikarenakan besarnya Newton-meter (satuan untuk mengukur torsi mobil), makan mesin mobil tidak akan mudah mati saat melewati jalur yang berat dan curam. Hal ini sangat bermanfaat untuk Sahabat Daihatsu yang tinggal di pegunungan atau dataran tinggi.

Stabil di Kecepatan Tinggi

Bagi Sahabat Daihatsu yang sering bepergian jauh seperti dari Surabaya ke Jakarta lewat tol, pastinya menginginkan torsi yang besar agar kecepatan tetap stabil. Kendaraan akan stabil karena semakin besar torsi akan semakin nyaman digunakan di kecepatan tinggi.
Setelah memahami apa itu torsi, jangan lupa cek katalog mobil baru di website resmi Astra Daihatsu. Didalamnya terdapat promo mobil daihatsu, berita dan tips, serta layanan service mobil.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment