Periksa Kondisi Mobilmu Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berlibur

Periksa Kondisi Mobilmu Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berlibur

Sahabat Daihatsu, musim liburan akhir tahun akan segera tiba. Saat liburan nanti, ada baiknya periksa kondisi mobil sebelum dan sesudah dipakai berlibur.

Jaga selalu performa Daihatsumu dengan rutin service berkala. Booking service melalui website Astra Daihatsu sekarang juga!

Pemeriksaan kendaraan sebelum berangkat sangat penting lho Sahabat, agar perjalananmu nantinya lancar, aman dan tidak terkendala. Sedangkan pemeriksaan setelah berlibur, diperlukan untuk mengembalikan mobilmu ke kondisi prima dan siap untuk dipakai beraktifitas kembali. Dalam melakukan pengecekan kendaraan, ada enam komponen mobilmu yang harus kamu periksa, antara lain:

Radiator

Memeriksa kondisi radiator merupakan hal paling mendasar ketika kamu akan dan sudah melakukan perjalanan jarak jauh. Lakukan pemeriksaan kadar air radiator untuk memastikan kadar air berada di ambang batas maksimal. Seperti kita ketahui, fungsi radiator sangat penting karena berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan saat digunakan berkendara.

Ban mobil

Pemeriksaan kondisi ban mobil juga harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan panjang. Menurut KNKT, 80% kecelakaan kendaraan diakibatkan kondisi ban yang kurang baik. Jadi, periksalah dengan seksama apakah kondisi ban kendaraan Sahabat masih layak pakai, dan jangan sampai lupa untuk memeriksa tekanan angin ban apakah sudah sesuai dengan tekanan yang dianjurkan pada buku manual kendaraan.

Oli Mesin, Gardan Dan Oli Transmisi

Bagian penting lainnya adalah oli mesin, gardan (untuk mobil dengan sistim gerak roda belakang seperti Xenia, GranMax atau Luxio) dan transmisi. Coba periksa apakah ketiga oli tersebut masih dalam kondisi layak pakai? Jika tidak, maka segera lakukan pergantian oli tersebut agar performa kendaraan Sahabat menjadi lebih prima dan siap untuk digunakan

Aki

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki mobil. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba periksa kondisi air aki, apakah kekurangan air atau tidak. Bukan hanya itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika diukur menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Rem

Sahabat Daihatsu, jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sebelum dan sesudah menempuh perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan ketebalan kampas serta volume minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai. Stay Safe Sahabat!

Demikian Sahabat, beberapa tips dan langkah sederhana untuk memeriksa kondisi mobilmu sebelum dan sesudah berpergian jauh. Stay safe and stay healthy ya Sahabat Daihatsu!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment