Sahabat Daihatsu Harus Tahu, Ini Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Sahabat Daihatsu Harus Tahu, Ini Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Rutin melakukan servis ac mobil memiliki banyak manfaat. Sama seperti mesin, servis AC mobil juga harus dilakukan secara rutin agar performanya tetap maksimal. Mengingat AC mobil memiliki peran yang cukup penting, yaitu tidak hanya menghasilkan hawa sejuk tetapi juga mencegah kabin berembun saat hujan.

Bahkan saat ini hampir semua mobil-mobil keluaran terbaru juga sudah dilengkapi dengan AC. Waktu yang tepat untuk melakukan servis AC mobil adalah direkomendasikan dilakukan pada setiap jarak tempuh 20 ribu kilometer atau sekitar 1 tahun sekali. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh Sahabat Daihatsu jika melakukan servis AC mobil secara berkala. Apa saja ya?

​​​​​​​Manfaat Rutin Service AC Mobil

Mencegah AC mobil berbau​​​​​​​

AC mobil yang bau bisa disebabkan karena filter yang tidak rutin dilakukan penggantian. Pada saat melakukan servis AC mobil, biasanya akan termasuk juga dengan penggantian filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran atau debu yang masuk.

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Pada saat melakukan servis, sebaiknya juga melakukan pembersihan pada bagian-bagian lainnya. Mulai dari kondensor,evaporator,dan blower karena bagian-bagian tersebut jika mengalami sumbatan akan membuat bau tidak sedap ketika AC mobil dinyalakan.

Service AC Menjaga performa mesin AC

Seiring dengan berjalannya waktu, biasanya komponen-komponen yang ada di dalam mobil juga akan mengalami keausan. Salah satunya adalah komponen AC mobil, dimana pada bagian mesinnya terdapat filter, oli, dan lainnya. Ketika Sahabat Daihatsu rutin melakukan servis AC mobil, maka bagian-bagian itu akan ikut dibersihkan atau dilakukan pengisian ulang jika diperlukan. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada performa mesin AC mobil.

Mencegah AC mati tiba-tiba

Mengalami AC mobil yang mati secara tiba-tiba memang menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan untuk Sahabat Daihatsu. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kegagalan sistem pada mesin AC mobil yang bisa saja disebabkan karena jarang melakukan servis.

Baca juga: 6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Padahal, jika perawatan berkala pada mobil dilakukan maka kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tersebut bisa diketahui lebih awal. Dengan begitu, AC yang mati secara tiba-tiba juga bisa dihindari.

Rutin Service AC Mencegah terjadinya korosi

Berbagai komponen yang ada di dalam mesin AC mobil biasanya terbuat dari bahan yang sangat mudah mengalami korosi, terutama jika jarang melakukan servis. Jika tidak rutin melakukan servis, komponen akan lebih mudah korosi atau bahkan harus diganti.

Baca juga: Cek Pemesanan Mobil melalui Fitur Purchase Tracking di Aplikasi DaihatsuKu

Padahal, untuk mengganti komponen-komponen mobil biasanya tidaklah murah. Korosi yang terjadi pada AC mobil biasanya terjadi pada bagian kondensor yang disebabkan karena kontaminasi udara di oli kompresor.Oli kompresor AC yang mengalami kontaminasi ini akan berubah menjadi asam dan akan menjadi sumber endapan pada komponen mesin AC. Lama kelamaan, asam tersebut akan menyebabkan terjadinya korosi.

Lebih nyaman dan aman saat berkendara

Dengan melakukan servis AC mobil secara rutin, maka berbagai kondisi yang mungkin akan terjadi bisa dicegah. Misalnya saja jika diketahui ada gangguan pada sistem kondensor, dengan melakukan service rutin maka akan bisa dilakukan pencegahan agar AC tidak mati.

Baca juga: Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Hal ini tentunya bisa membuat Sahabat Daihatsu menjadi lebih nyaman dan aman, serta merasa tenang ketika mengendarai mobil karena kondisinya yang maksimal. Untuk lebih mudahnya, bisa langsung mengunjungi Daihatsu Home Service. Untuk memesan memesan layanan Daihatsu Home Service sangat mudah, setelah masuk ke halaman home service, Sahabat Daihatsu cukup mengisi beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi, jenis mobil, jenis servis, pilihan waktu, dan data diri.​​​​​​​

Yuk, langsung coba dan manfaatkan layanan Tanya Daisy  untuk semua pertanyaan dan informasi yang Sahabat Daihatsu butuhkan.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment