Simak Cara Kerja Traksi dan Fungsinya untuk Mobil 11

Simak Cara Kerja Traksi dan Fungsinya untuk Mobil 11

Belum familiar dengan istilah traksi? Sebagai pemilik mobil sebaiknya Sahabat Daihatsu benar-benar memahami setiap hal yang berkaitan dengan kendaraan yang satu ini, ya. 

Tujuannya, agar kalau ada kerusakan, bisa diatasi dengan tepat. Selain itu, supaya Sahabat Daihatsu bisa mengenal seluruh fungsi kendaraan dengan baik. 

Traksi sendiri merupakan gaya gesek yang terjadi antara ban kendaraan dengan permukaan jalan, sehingga menjaga mobil agar tidak tergelincir maupun selip serta sesuai selama penggunaan.

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Jadi, sebuah kendaraan harus memiliki traksi yang baik agar tidak mudah tergelincir saat melaju di permukaan jalan serta tetap stabil ketika bermanuver. Lebih lengkap, berikut ulasan soal traksi. Lantas, seberapa penting traksi bagi sebuah mobil?

Kontrol traksi pada mobil dan cara kerjanya

Secara umum, ban mobil telah didesain untuk mampu menghasilkan gaya gesek maksimum dengan permukaan jalan. Namun, pada beberapa kondisi, ban bisa kehilangan daya cengkramnya.

Hal tersebut biasanya terjadi saat mobil melalui jalanan yang licin, seperti akibat hujan deras, atau jalan yang rusak. Dalam situasi tersebut, ban bisa berputar lebih cepat dari pada biasanya, sehingga traksi atau daya geseknya berkurang.

Baca juga: 6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Itulah mengapa terdapat fitur traction control atau kontrol traksi pada mobil keluaran teranyar. Fitur tersebut berfungsi sebagai sistem keselamatan yang akan menjaga daya cengkram ban mobil dengan permukaan jalan saat sedang melaju. 

Jadi, ketika sensor mendeteksi ban mobil berputar lebih cepat dari kondisi normal, maka fitur tersebut akan secara otomatis menyala dan mengaktifkan rem, sehingga kecepatan putarnya akan berkurang.

Fungsi kontrol traksi

Cara kerja sistem traction control sebenarnya tidak sesederhana mengaktifkan rem untuk mengurangi putaran roda agar selip bisa dihindari. Sistem ini berperan dalam memonitor dan mengontrol perputaran roda selama mobil dipakai berkendara. 

Baca juga: Cek Pemesanan Mobil melalui Fitur Purchase Tracking di Aplikasi DaihatsuKu

Saat komputer dalam sistem mendeteksi adanya percepatan tidak wajar pada putaran roda mobil, maka sistem kontrol traksi akan secara otomatis aktif dan menyalakan fungsi rem, bahkan bisa saja memutus pasokan bahan bakar mesin. 

Karena bekerja secara otomatis, maka Sahabat Daihatsu harus berhati-hati dengan sistem ini dan tidak boleh sembarangan saat menyalakannya, terutama ketika berkendara di tanah berlumpur, tanjakan curam dan licin, serta permukaan bersalju. 

Jika tidak berhati-hati, maka bisa berdampak buruk karena traction control bisa memutus pasokan bahan bakar dan mematikan mesin. 

fungsi dan cara kerja traksi adalah

Mobil Daihatsu yang dilengkapi fitur kontrol traksi

Fitur serupa juga dimiliki oleh mobil Daihatsu. Fitur tersebut adalah VSC atau Vehicle Stability Control, fitur yang mampu mendeteksi dan mencegah oversteer, understeer, atau tergelincirnya ban mobil saat melaju di area berbelok. 

Baca juga: Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Sesuai dengan namanya, fitur VSC berfungsi untuk mengontrol laju serta kestabilan mobil selama melaju di jalurnya, terutama ketika melalui jalan berbelok atau saat akan berpindah jalur.

VSC bekerja dengan mengurangi kekuatan mesin secara otomatis ketika ban mobil mengalami selip atau kehilangan traksi pada salah satu rodanya. 

Tertarik untuk memiliki mobil dengan fitur ini? Daihatsu All New Terios bisa jadi pilihan yang tepat! Sahabat Daihatsu bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 230,8 juta. Kunjungi astra-daihatsu.id untuk spesifikasi lengkapnya. ​​​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment