Tips Mudah Merawat Radiator Mobil Daihatsu

Tips Mudah Merawat Radiator Mobil Daihatsu

Halo Sahabat Daihatsu, kalian semua pasti tau dong dengan bagian mobil yang namanya Radiator? Yaps betul banget Sahabat Daihatsu! Radiator adalah komponen yang bertugas menjaga agar suhu mesin kendaraan dapat terus terjaga sehingga tidak menimbulkan overheat atau panas mesin berlebihan. Nah, kalau komponen ini tidak Sahabat perhatikan dengan baik, maka dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin, misalnya mesin akan menjadi mudah suhu mesin menjadi terlalu panas.

Jaga body kendaraan Daihatsumu dengan layanan body paint. Klik di sini untuk booking body paint!

Radiator berperan utama untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu ideal saat mesin bekerja, yaitu berada di kisaran suhu 80 – 900C agar mesin tetap dapat bekerja secara efisien sehingga menghasilkan performa yang maksimal untuk mobilmu.

Kalau suhu mesin mobilmu terlalu rendah, maka akan membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros akibat dari tidak sempurnanya pembakaran mesin. Namun jika suhu mesin mobilmu terlalu tinggi, maka akan membuat mesin mobilmu mengalami overheating yang apabila dipaksa untuk terus berjalan, mesin mobilmu akan macet dan rusak berat.

Agar dapat menjaga suhu mesin mobilmu pada suhu ideal, radiator merupakan komponen yang menjadi tempat untuk menampung air atau cairan coolant yang bersirkulasi secara terus menerus selama mesin hidup dan berfungsi untuk mendinginkan mesin saat mesin sudah terlalu panas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa radiator harus selalu dalam kondisi yang optimal, baik dari sisi luar maupun bagian dalam radiator.

Karena fungsinya yang sangat penting, kamu wajib untuk melakukan perawatan komponen ini secara rutin. Untuk memeriksanya, kamu dapat melihat volume air atau coolant melalui tangki cadangan (reservoir tank) yang biasanya terletak di sisi kanan atau kiri tidak jauh dari radiator itu sendiri.

Setelah kamu menemukan tangki cadangan itu, pastikan volume air atau coolant radiator mobil tetap berada di antara batas maksimum dan jangan sampai melebihi batas maksimum yang telah ditentukan. Hal ini karena ruang yang berada di atas garis batas maksimum itu berguna untuk menampung air dari radiator mobil ketika mesin dalam keadaan hidup.

Selain memperhatikan air atau coolant radiator yang berada di tangki cadangan, komponen motor kipas pendingin radiator sebaiknya juga harus diperhatikan. Pastikan kipas tersebut dapat bekerja dengan baik ketika mesin dalam keadaan hidup. Sebab, komponen tersebut bertugas untuk membantu mendinginkan air radiator tersebut dengan membuang hawa panas keluar dari kisi-kisi radiator .

Kalau kipas sampai mati, maka radiator akan mengalami panas yang berlebihan dan bahkan bisa meledak.

Nah Sahabat Daihatsu, sudah tau kan pentingnya Radiator bagi mobil kalian? Jangan lupa untuk memeriksa kondisi radiator dan mesin mobil Daihatsu kalian agar kondisi kendaraan kalian di bengkel Astra Daihatsu, agar kondisi kendaraan selalu prima dan membuat berkendara Sahabat menjadi aman dan nyaman.

Stay safe and stay healthy ya Sahabat Daihatsu!

Image Source : www.cnnindonesia.com

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment