16 Jenis Ban Mobil Fungsi dan Kelebihan Masing Masing

16 Jenis Ban Mobil Fungsi dan Kelebihan Masing Masing

Jenis ban mobil yang kita gunakan merupakan salah satu hal terpenting dalam kenyamanan berkendara. Ban memiliki banyak sekali tipe dan fungsinya masing masing tergantung dengan medan apa yang kita lalui, jenis kendaraan, serta apa saja aktifitas kita. Tentu saja pemilihan ban yang tepat adalah sebuah keharusan agar perjalanan anda selamat dan lancar. 

Jenis Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsinya

1. Ban Mobil Segala Musim (All Season Tires)

Jenis Ban All season tires

 

Jenis ban mobil ini termasuk yang paling umum digunakan oleh pengendara. Memberikan kenyamanan dan penanganan di jalan raya, serta fleksibel digunakani secara aman sepanjang musim. Ban ini memiliki pola tren simetris dan alur permukaan untuk menahan cengkeraman basah dan adaptif di berbagai meda.

Dapatkan Suku Cadang dan Aksesoris Daihatsu di Website Resmi Astra Daihatsu.

2. Grand Touring

ban mobil grand touring

Jenis ban ini tidak terlalu bedan dengan sebelumnya. Memiliki traksi sepanjang musim yang andal dengan penanganan yang lebih sensitif. Ini juga disebut sebagai ban Grand touring. Kelebihan ban ini adalah mendukung kecepatan yang lebih tinggi daripada ban semua musim. Mobil sport seringkali menggunakan jenis ban ini. Namun kita harus, memahami berbagai jenis ban, dan bagaimana kebutuhan kita. Setelah memutuskan kemungkinan jenis ban apa untuk kendaraan Anda, Anda dapat mempelajari jenis mana yang terbaik untuk Anda berdasarkan tujuan.

3. Performances Tires

Performance Tires

Jenis ban ini biasanya diproduksi dengan sangat padat dan senyawa campuran yang kaya silika untuk cengkeraman yang lebih baik terhadap aspal, apa pun cuacanya. Ban jenis ini lebih mendukung kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan ban touring. Jenis ini diciptakan untuk berbagai jenis mobil, termasuk mobil sport, kendaraan utilitas, dan kendaraan mewah. Seringkali digunakan untuk meningkatkan penanganan seperti mobil kepolisian dan ambulance, terutama di jalan basah.

​​​​4. Summer Tires

kelebihan ban mobil musim panas

Ban musim panas juga dirancang untuk performa dalam situasi basah dan kering. Mereka tidak diproduksi untuk traksi sepanjang musim. Mereka disesuaikan untuk iklim panas dan memberikan cengkeraman dan penanganan yang sensitif dalam kondisi basah atau kering. Kisaran suhu untuk ban musim panas yang aman adalah di atas 45° Fahrenheit. Ban musim panas biasanya memiliki tambalan kontak yang kokoh, alur dengan lingkar yang cukup untuk ketahanan terhadap hydroplaning, dan tidak ada robekan. Mereka digunakan selama periode musim panas atau sepanjang tahun di daerah yang tidak memiliki musim dingin.

5. Track and Competition Tires

jenis dan keunggulan ban Track and competition tires

Ban track digunakan pada balap trek oval, di mana diperlukan traksi maksimum dari setiap roda untuk kemudi dan pengereman. Ban trek dan kompetisi digunakan untuk memberikan kontak jalan yang terus menerus di musim kemarau. Mereka berbeda dari ban musim panas dalam konstruksinya, seringkali menawarkan penguat bodi dan trotoar berteknologi tinggi seperti Kevlar atau Aramid

6. Highway Tires

highway tires

Ban jalan raya memiliki pola lari sepanjang musim dan diproduksi untuk menangani beban berat truk atau SUV. Mereka terbiasa sangat nyaman di jalan. Sebagian besar ban jalan raya terdiri dari kompon yang tahan lama dan pola tapak yang tetap aus tidak rata agar tahan lama. Keunggunlan ban mobil ini adalah menyeruput untuk mengembangkan traksi sepanjang musim.

7. All terrain tires

jenis mobil All terrain tires

Ban segala medan biasanya hadir dengan pola tapak yang lebih agresif daripada ban jalan raya atau trail. Ban ini memiliki pola blok ulir dan lebih banyak rongga, yang memberikan traksi dalam situasi berkendara off-road. Ban segala medan seringkali memiliki simbol servis cuaca buruk. Keunggulan ban mobil ini adalah dapat berjalan di atas kerikil, pasir, dan tanah ringan. Mereka memberikan stabilitas dan kenyamanan jalan raya selain sensasi off-road. Kendaraan yang mungkin membutuhkan ban segala medan adalah truk Ringan, truk Pickup, SUV, dan Camper.

8. Mud terrain tires

ban lumpur

Ban medan lumpur memiliki pola tapak yang sangat agresif dengan blok tapak yang jauh lebih besar dan juga lebih banyak celah. Fitur ini membuat ban mendapatkan traksi lebih banyak di area lunak seperti lumpur dan pasir yang dalam. Memiliki kelebihan berjalan di medan yang lebih lembut sehingga membuat ban terlihat lebih kaku. Ban medan lumpur biasanya kurang nyaman di jalan raya dan lebih senyap dibanding pilihan ban yang kurang agresif.

9. All purpose terrain tires

All purpose terrain tires

 

All-purpose juga dikenal sebagai ban trail. Ban ini hanya sedikit lebih kasar dari ban jalan raya biasa. Ban ini biasanya memiliki sipes lebih sedikit daripada ban truk jalan raya. 

Kolebihan ban mobil ini adalah memiliki pola lari serba guna akan melibatkan blok yang tumpang tindih untuk memberikan cengkeraman off-road yang moderat dalam situasi jalan yang longgar.

10. Ribbed Tires

Ribbed Tires

Ini adalah jenis ban yang dirancang untuk penanganan jalan raya dan jarak tempuh yang tahan lama. Mereka biasanya terdiri dari desain pedagang tulang rusuk yang kokoh, untuk stabilitas yang diperpanjang, di bawah beban yang berat. Ini juga meningkatkan traksi dalam cuaca basah. Ban berusuk sangat baik untuk kendaraan niaga yang memiliki jarak tempuh jalan raya yang sangat tinggi. Ban pola tulang rusuk memiliki stabilitas arah yang baik oleh karena itu digunakan untuk roda kemudi truk dan bus.

11. Sport Truck Tires

Sport Truck Tires

Ban truk sport diproduksi dengan mempertimbangkan sensitivitas mobil sport dan sangat cocok untuk SUV performa tinggi. Jenis ban ini mirip dengan ban jalan raya. Mereka memiliki pola lari segala cuaca yang disesuaikan dengan situasi cuaca yang berbeda. Ban truk biasanya memiliki kelebihan ban truk adalah performa dam memiliki peringkat kecepatan yang lebih tinggi daripada ban jalan raya. Beberapa ban ini akan memiliki pola tapak asimetris.

​​​​​​​Baca Juga : Apa Itu Mobil LCGC Jenis dan Keunggulan

12. Winter tires (Ban Salju)

Jenis ban musim dingin berfungsi untuk menghindari kemungkinan ban selip dalam situasi musim dingin khususnya jalanan yang bersalju. Ban musim dingin datang dalam berbagai kegunaan dan diproduksi untuk berbagai macam kendaraan. Ban ini memiliki pola yang berbeda yang dalam yang berfungsi untuk mengeluarkan salju dan penumpukan lumpur dari tambalan kontak. Terdapat dua jenis ban musim dingin, salah satunya berfungsi untuk meningkatkan daya cengkraman dan satu untuk mengeluarkan salju yang menempel di ban.

 

13. Temporary spare Tires

Ban ini digunakan dalam jangka waktu yang pendek saja. Suku cadang sementara yang ringkas dan alias suku cadang donat hanya untuk penggunaan sementara dan digunakan sebagai ban cadangan apabila terjadi kondisi darurat.

 

Ban cadangan sementara biasanya dapat menempuh jarak hingga 50 mil dengan kecepatan hingga 80 hingga 50 mph dan memilikiuku ukuran dan biasanya berbentuk mirip dengan ban pada kendaraan.

14. Jenis Ban Mobil Trailer Tires

Jenis Ban Mobil Trailer Tires

Ban ini tersedia dalam dua lapis bias konstruksi atau lapis radial. Ban bias-ply dapat membawa lebih banyak beban dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, keausannya lebih tidak teratur dan memiliki pengendaraan yang lebih tebal daripada ban radial.

15. Jenis atv dan utv

jenis ban mobil dan keunggulan atv

Ban lumpur didesain untuk meda seperti pasir, segala medan, dan model balap. Mereka dapat menyoroti blok bergerak individu besar dan bukaan besar untuk memberikan traksi yang sangat baik di pasir, lumpur, kerikil, dan bebatuan.

Umumnya, semakin agresif pola tapaknya, semakin agresif pula penggunaannya. Pilihan kami untuk ban ATV paling andal adalah ITP Mud Lite di ban ATV Mud Terrain.

16. Lawn and garden tires

Lawn and garden tires

Ban rumput dan taman dapat digunakan pada mobil yang berguna dalam dunia pertamanan dan lapangan ban gerobak dorong, ban mesin pemotong rumput, dan ban kereta golf. Jenis ban ini di desain untuk dapat berakselerasi secara lancar di permukaan yang licin.

 

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment