5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

5 hal yang harus dicek pada mobil sebelum perjalanan jauh diantaranya adalah tekanan ban, volume oli, air radiator, air wiper dan lampu serta beberapa hal penting lainnya. Berlibur bersama keluarga menjadi hal yang sangat mengasyikan untuk dilakukan. Bersama keluarga. Sahabat bisa memilih berbagai tujuan dan bentuk wisata untuk dilakukan. Wisatapun bisa dilakukan di dalam maupun luar kota. ​​​​​​​

Mode kendaraan roda 4 menjadi salah satu pilihan ketika bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Semakin jauh kendaraan maka waktu yang kita habiskan di dalam kendaraan akan semakin lama. Terlebih pada saat penghujung tahun, jalan menuju tempat wisata akan lebih ramai daripada hari-hari biasa.

Baca juga: Sahabat Daihatsu Harus Tahu, Ini Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Bagian Mobil Yang Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

Kita harus menyiapkan dan mengecek mobil sebaik mungkin sebelum melakukan perjalanan wisata dengan keluarga. Simak tips-tips perawatan kendaraan berikut agar pengalaman liburan tetap menyenangkan selama menggunakan kendaraan roda empat :

  1. Wajib Rutin Service Kendaraan

Perawatan kendaraan yang baik menjadi kunci keamanan dan kenyamanan suatu kendaraan. Kendaraan memiliki cairan dan bagian tertentu yang perlu rutin dilakukan penggantian, untuk menjaga performa tetap optimal dan berfungsi sebagaimana harusnya. Contohnya seperti yang sudah familiar seperti penggantian cairan oli mesin dan juga filter oli yang perlu dilakukan setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali.

Selain itu, perawatan berkala juga mencakup hal lainnya, antara lain pemeriksaan bagian-bagian penting mobil seperti sistem pendinginan mobil, celah katup gas buang, penggantian busi dan lain-lainnya yang sudah sesuai standard di dalam buku service.

  1. Cek perlengkapan safety kendaraan

Hal selanjutnya yang harus dicek pada mobil sebelum perjalanan jauh adalah Perlengkapan safety. Hal tersebut akan sangat membantu ketika kita ada di dalam keadaan darurat saat berkendara. Sebagai contoh saat ban mobil bermasalah ketika di jalan tol, kita memerlukan perlengkapan safety yang selalu wajib dibawa agar kita dapat melakukan penggantian ban secara darurat dengan aman sebelum bisa dilakukan penanganan di bengkel.

Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut

  • Kabel Jumper
  • Ban Cadangan
  • Segitiga pengaman
  • Kotak P3K
  • Alat pemadam kebakaran

Alat-alat tersebut perlu dipastikan keadaan dan kelengkapanya secara periodik, agar dapat befungsi sebagaimana harusnya ketika benar-benar dibutuhkan agar Sahabat dapat dengan mudah keluar dari kesulitan yang terjadi.

  1. Bersihkan ruang kabin dari berbagai debu dan kotoran

Saat bepergian dengan mobil, sebagian besar waktu akan dihabiskan di dalam ruang kabin kendaraan. Ruang kabin kendaraan yang bersih akan membuat nyaman seluruh penumpang kendaraan sehingga perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. Oleh karena itu, salah satu persiapan sebelum bepergian jauh adalah membersihkan ruang kabin.

Pembersihan interior perlu dilakukan dengan cairan khusus. Gunakan cairan pembersih terpercaya dan yang sudah terbukti dapat membersihkan kotoran kendaraan tanpa merusak bagian interior. Bersihkan dengan kain halus seperti microfiber agar tidak meninggalkan bekas baret. Selain itu, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang ada di mobil, terutama pada bagian karpet, sela-sela jok dan pintu.

  1. Cek tekanan ban, volume oli, air radiator, air wiper dan lampu

Mobil memiliki bagian-bagian yang penting, dan perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan dalam keadaan yang baik secara mandiri. Bagian-bagian penting yang harus dicek pada mobil sebelum perjalanan jauh tersebut seperti ban, air radiator, air wiper dan lampu.

Ban adalah bagian yang menumpu beban kendaraan dan akan bersentuhan dengan jalan. Ban menjadi salah satu faktor penting dalam keselamatan di jalan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ban adalah tekanan ban yang perlu di sesuaikan dengan standard pabrikan, kondisi tapak ban dengan ketebalan yang baik serta umur ban.

 Hal lain yang tidak kalah penting adalah adalah mengecek volume oli dan air radiator. Pastikan ketinggi oli pada dipstick berada diantara titik maksimum dan minimum, agar mesin terlumasi dengan baik. Sementara untuk air radiator, pastikan dalam keadaan maksimal agar sistem pendinginan kendaraan berjalan dengan optimal.

Terakhir, lakukan pengecekan untuk volume air wiper dan lampu depan serta belakang kendaraan. Ketika volume air wiper sudah berkurang, lakukan penambahan dengan carian wiper, agar pembersihan kaca dapat menjadi lebih baik. Dan cek keadaan lampu, dan pastikan lampu dapat menyala dengan terang baik lampu depan serta belakang.

  1. Siapkan obat-obatan, makanan dan minuman selama perjalanan

Disamping persiapan kondisi dan perlengkapan kendaraan, persiapan penunjang bepergian tidak kalah penting untuk dilakukan. Penunjang yang dimaksud adalah makanan, minuman dan obat-obatan untuk penumpang kendaraan. Hal tersebut menjadi penting saat melakukan perjalanan panjang, dimana kendaraan hanya berhenti sesekali ditempat peristirahatan.

Persediaan makanan dan minuman yang cukup diperlukan, agar perjalanan menjadi nyaman dan lebih cepat karena tidak perlu menghentikan kendaraan lebih lama. Obat-obatan yang perlu dibawa juga perlu dipersiapkan, seperti obat anti mabuk diperjalanan, obat pusing dan obat-obat pribadi lainnya yang perlu dikonsumsi.

Nah itu tadi 5 hal yang harus disiapkan menjalan liburan akhir tahun. Bagi Sahabat yang ingin melakukan perawatan berkala, Bengkel Astra Daihatsu menyediakan berbagai promo khusus akhir tahun 2022 ini. Untuk itu, Sahabat Daihatsu sebaiknya selalu melakukan servis rutin di bengkel resmi Daihatsu.

Baca juga: Pengertian Coating dan Manfaatnya Untuk Mobil Anda

Sahabat juga tidak perlu khawatir saat Sahabat tidak punya waktu untuk datang langsung ke bengkel karena sekarang sudah ada Daihatsu Home Service.

Untuk memesan memesan layanan Daihatsu Home Service sangat mudah, setelah masuk ke halaman home service, Sahabat Daihatsu cukup mengisi beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi, jenis mobil, jenis servis, pilihan waktu, dan data diri.​​​​​​​​​​​​​​

Yuk, langsung coba dan manfaatkan layanan Tanya Daisy untuk semua pertanyaan dan informasi yang Sahabat Daihatsu butuhkan.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment