Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla Isi Pertamax. Apa Alasannya?

Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla Isi Pertamax. Apa Alasannya?

Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla merupakan jenis-jenis mobil LCGC yang dianjurkan mengisi bahan bakarnya dengan Pertamax atau yang setara dengan RON 92. Bukan sembarang anjuran, ternyata ada alasan dibalik hal tersebut.

Mobil-mobil jenis LCGC tersebut diharuskan mengisi bahan bakarnya dengan Pertamax dengan tujuan agar emisi gas buang yang dihasilkan rendah. Selain itu, penggunaan Pertamax juga berguna untuk tingkat efisiensi konsumsi BBM.

Sesuai dengan namanya, yaitu Low Cost Green Car (LCGC) memang memiliki harga yang bisa dibilang terjangkau jika dibandingkan mobil-mobil lain. Namun, bukan berarti harga yang terjangkau itu bisa sembarangan menggunakan BBM dengan oktan rendah.

Baca juga: Miliki Mobil Daihatsu Lewat Instant Approval SEVA + dapatkan Free Insurance 1 Tahun

Efek bahan bakar yang tidak sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada mobil Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan. Mulai dari mesin mobil ngelitik, bahan bakar yang boros, bahkan sampai performa mobil yang tidak maksimal lagi.

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pun bisa menyebabkan komponen di ruang bakar menjadi cepat rusak. Hal ini terjadi karena adanya pembakaran yang tidak sempurna serta adanya panas yang berlebihan.

Baca juga: Kelebihan Platform DNGA Pada Daihatsu Rocky dan Daihatsu All New Xenia

Tidak hanya menyebabkan kerusakan, pabrikan mobil LCGC pun ada yang mengeluarkan aturan tidak akan menerima klaim garansi jika terjadi kerusakan mesin yang disebabkan oleh penggunaan BBM di bawah RON 92.

Sebagai informasi, mobil LCGC memiliki kompresi mesin yang tinggi yaitu di atas 10:1 sehingga untuk membuat dapur pacunya bekerja optimal dan konsumsi bahan bakar efisien, pemilihan BBM harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan yaitu tidak boleh kurang dari RON 92.

Penggunaan bahan bakar yang tepat akan membuat Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla menjadi lebih responsif, memiliki performa maksimal, serta gas buang emisi yang rendah.

Baca juga: Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga?

Selain itu, perawatan mesin juga akan lebih mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya karena sistem pembakaran yang sempurna akan membuat ruang bakar menjadi bersih.

BBM RON 92 ke atas juga mengandung zat aditif yang berguna untuk membersihkan kerak di ruang bakar itu sendiri. Untuk itu, pastikan mobil Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla milikmu menggunakan bahan bakar yang sesuai ya.

Perawatan Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla

Selain memilih bahan bakar yang tepat untuk Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla milikmu, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah penggunaan oli yang harus diperhatikan.

Baca juga: Rutin Cuci Steam Mobil, Apa Manfaat dan Efeknya?

Mesin mobil LCGC memiliki ruang bakar dengan piston yang kecil dan padat, sehingga jarak antar komponen di dalam mesin pun sangat rapat. Agar tidak cepat rusak, pilih jenis oli yang tepat agar tingkat kerapatan komponen mesin dapat dilumasi secara maksimal.

Ketika mobil digunakan secara terus-menerus di suhu panas dan dengan kondisi jalanan yang padat, diperlukan pelumas berkualitas yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin agar gejala overheat bisa dicegah.

Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk lakukan perawatan menyeluruh secara berkala. Salah satunya bisa menggunakan layanan Daihatsu Home Service sebagai solusi untuk mengamankan waktu berharga Sahabat Daihatsu.

Baca juga: Keunggulan Daihatsu All New Xenia, Apa Saja?

Booking  Home servic sekarang juga, servis berkala bisa dilakukan cukup dari rumah dan tanpa perlu ke bengkel.

Untuk melakukan booking, setelah masuk ke halaman Home Service, Sahabat Daihatsu cukup mengisi beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi Home Service, jenis mobil, jenis servis, pilihan waktu, dan data diri.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak merawat mobil kesayangan, ya. Dengan Daihatsu Home Service, servis berkala bisa dilakukan di manapun dan kapanpun!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment