Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Merawatnya

Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Merawatnya

Sahabat Daihatsu jangan lalai untuk merawat shockbreaker mobil ya. Selain berperan penting pada kenyamanan, komponen ini juga menunjang keselamatan saat sedang bepergian menggunakan mobil.

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari shockbreaker adalah meredam goncangan sehingga membuat mobil tetap stabil saat terjadi sebuah goncangan. Dengan kata lain komponen ini menahan bodi mobil agar tidak berguncang secara berlebihan. Goncangan bisa disebabkan karena jalanan yang bergelombang atau yang banyak lubangnya. Komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting karena berhubungan langsung dengan kenyamanan anda saat berkendara

Shockbreaker mobil terdiri dari banyak komponen yang terhubung menjadi satu. Pada umumnya, kinerja komponen ini dibantu dengan penggunaan oli atau minyak pelumas.

Fungsi Oli Shockbreaker

Lalu apa fungsi dari oli shockbreaker ini? Secara umum tugasnya adalah untuk melumasi komponen ini agar dapat bekerja secara optimal.

Baca juga: Ciri Ciri Shockbreaker Rusak

Fungsi oli shockbreaker lainnya adalah membantu meredam getaran yang timbul ketika kendaraan melewati medan tidak rata.

Oli ini juga membantu ban mobil memiliki traksi yang kuat dengan permukaan jalan sehingga membantu pengemudi menggerakan roda setir dengan akurat. Terjadinya kebocoran membuat kemudi susah digerakkan dan gerakan mobil tidak terkendali.

Ciri kerusakan shockbreaker

Tanda awal shockbreaker mobil bocor adalah biasanya akan muncul rembesan-rembesan oli pada bagian luarnya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komponen tersebut meredam daya pantul dari per mobil sudah lemah.

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Jika dibiarkan, kebocoran dapat merusak bagian kaki-kaki mobil seiring berjalannya waktu. Dan jika terus dibiarkan maka komponen lain seperti ball joint, kampas rem sampai ban mobil akan tergerus dan berumur pendek.
 

shockbreaker mobil adalah

(Gambar Shockbreaker Mobil. Sumber : Freepik.com)

Tips Shockbreaker Awet

Sahabat Daihatsu, agar performanya tetap terjaga, shockbreaker mobil perlu dirawat dengan cara mudah sebagai berikut. Yuk, simak.

  1. Menghilangkan kotoran. Terutama saat musim hujan, bagian ini mudah terkena kotoran seperti lumpur, kerikil atau kotoran lainnya. Jika didiamkan akan berkerak dan cepat rusak. Cuci bersih utamakan dengan cuci hidrolik.
  2. Rutin periksa karet pelindung. Umumnya karet yang getas akan cepat sobek dan membuat air serta kotoran masuk ke dinding shockbreaker. Akibatnya, kinerja komponen ini tidak optimal.
  3. Hindari muatan berlebih. Sahabat Daihatsu, cara merawat komponen ini agar lebih awet masa pakainya adalah dengan tidak membawa beban melebihi kapasitas. Cek kemampuan angkut kendaraan pada buku manual ya.

Cara Memilih Shockbreaker Mobil

Jika Sahabat Daihatsu hendak membeli dan bingung cara memilih shockbreaker mobil yang ingin diganti karena rusak, pastikan mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Kunjungi bengkel resmi Daihatsu sehingga terhindar dari kesalahan membeli komponen dan risiko memakai komponen palsu.
  2. Pilihlah sesuai jenis dan rekomendasi dari buku manual kendaraan. Tanyakan hal ini kepada mekanik atau kepala bengkel agar lebih jelas.
  3. Cara memilih onderdilnya agar tidak tertukar adalah dengan membawa onderdil lama dan mencocokan dengan onderdil baru yang akan dibeli.

Mulai sekarang jangan anggap remeh peran dari mobil ya, Sahabat Daihatsu. Segera lakukan perbaikan di bengkel resmi jika merasa komponen ini mulai melemah dan tidak optimal.

Kini, Sahabat Daihatsu dapat melakukan pemesanan jadwal service tanpa perlu antri. Unduh saja aplikasi DaihatsuKu dan lakukan booking service atau ganti jadwal service secara cepat dan mudah.

Tunggu apalagi, langsung unduh gratis aplikasinya di Play Store dan App Store.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment