Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Selain oli mesin, ada oli gardan mobil yang tidak kalah penting untuk dicek kondisinya. Gardan sendiri merupakan komponen yang meneruskan tenaga dari mesin ke bagian roda mobil sehingga mobil bisa melaju.

Sedangkan, oli tersebut berfungsi sebagai cairan pelumas untuk membuat komponen gardan mesin tetap awet, licin, dan tidak cepat rusak, khususnya pada bagian mesin transmisi.

Mengingat keberadaannya sangat penting, oli gardan harus diganti secara berkala untuk menjaga kinerjanya. Jika tidak, maka gardan akan cepat rusak bahkan jebol. Tentunya, berkendara jadi tidak terasa aman dan nyaman.

Baca juga: 7 Penanganan Mobil Terendam Banjir untuk Meminimalisir Kerusakan

Untuk itu, pastikan Sahabat Daihatsu tidak telat mengecek dan melakukan penggantian pada cairan pelumas ini. Penggantian oli gardan dilakukan khusus untuk mobil berpenggerak roda belakang setiap 40.000 kilometer atau 2 tahun sekali.

Tapi selain itu, ada beberapa hal yang menjadi indikasi kalau oli gardan harus segera diganti, berikut ciri-cirinya.

Timbul suara berdengung

Bila mendapati suara dengung yang cukup mengganggu ketika mobil dibawa berkendara, artinya oli gardan sudah harus diganti.

Baca juga:  6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Masalah ini biasanya diakibatkan oleh komponen-komponen pada gardan yang saling bergesekan tanpa adanya pelumas dari oli yang memadai.

Jika tidak segera diganti, suaranya akan semakin kencang dan kenyamanan berkendara akan terganggu

Timbul getaran

Apabila pelumas yang satu ini tidak diganti dalam waktu yang lama, pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil akan merasakan getaran yang kencang, baik saat melewati jalan lurus maupun tidak.

Baca juga:Service Mobil Daihatsu Tanpa Antri Melalui DaihatsuKu Mobile Apps

Saat berbelok atau saat kecepatan mobil meningkat, getaran akan semakin kencang. Jika mendapati hal ini pada mobil Sahabat Daihatsu, sebaiknya segera lakukan penggantian.

Tercium aroma terbakar

Ciri selanjutnya adalah apabila muncul aroma terbakar pada gardan mobil. Aroma ini bisa dideteksi dari arah gearbox atau kotak roda gigi.

Aroma tersebut muncul karena gardan terlalu panas akibat oli gardan yang kotor atau habis. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh oli yang sudah kadaluarsa sehingga memicu munculnya aroma menyerupai aroma terbakar.

Roda sulit dikendalikan

Oli yang sudah kotor atau habis akan membuat kecepatan perputaran roda terganggu sehingga sulit untuk dikendalikan.

Baca juga: Mobil Untuk Wanita dari Daihatsu, Apa Saja yang Cocok?

Semakin lama dibiarkan hal ini bisa menjadi berbahaya bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Warna oli berubah

Terakhir, jangan lupa untuk mengecek oli gardan secara langsung. Bila warnanya berubah menjadi abu-abu metalik dan agak gelap, kemungkinan besar sudah waktunya untuk diganti.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Daihatsu yang Pas untuk Road Trip Liburan Akhir Tahun

Perhatikan juga teksturnya, oli yang encer juga merupakan pertanda kalau Sahabat Daihatsu harus segera melakukan penggantian.

Nah, jika mendapati hal-hal tersebut terjadi pada mobil Sahabat Daihatsu, jangan menunda untuk membawanya ke bengkel resmi agar oli segera diganti dan ditangani oleh teknisi profesional.

Apalagi jika Sahabat Daihatsu merupakan pengguna Daihatsu Terios, Daihatsu Luxio, dan Daihatsu Granmax. Pasalnya, ketiga mobil tersebut menggunakan menggunakan penggerak roda belakang, sehingga perlu melakukan penggantian oli gardan.

Baca juga: Perbaiki Daihatsu Kesayangan dengan Layanan Body and Paint

Keterbatasan waktu sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk acuh dengan perawatan mobil. Apalagi saat ini ada layanan Booking Service dan Daihatsu Home Service yang bisa Sahabat Daihatsu manfaatkan.

Layanan tersebut memberikan kemudahan merawat mobil Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu dengan keleluasaan memilih jadwal, lokasi dan jenis pekerjaan perawatan atau perbaikan secara real time sesuai kebutuhan.

Lebih efisien, bukan? Jadi, yuk rawat mobil Sahabat Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu untuk mendapatkan perawatan terbaik dari ahlinya!

Baca juga: Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga?

Klik disini untuk informasi lebih lanjut seputar produk dan layanan Daihatsu.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment