Mau Bikin Garasi? Cek Dulu Ukuran Parkir Mobil yang Pas

Mau Bikin Garasi? Cek Dulu Ukuran Parkir Mobil yang Pas

Sahabat Daihatsu, jangan sampai salah menentukan ukuran parkir mobil atau garasi di rumah ya. Jika meleset, bisa-bisa kendaraan kesayangan tidak bisa diparkirkan dengan baik dan berisiko alami kerusakan.

Mengapa sih perlu membuat garasi di rumah? Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk menjaga mobil dari risiko kehilangan, tidak mudah rusak akibat terpapar panas dan hujan, serta tidak mengganggu ketertiban umum. 

Selain menentukan ukuran parkir mobil, sebelum membangun garasi perlu juga diperhitungkan ketersediaan lahan di rumah. Jangan sampai justru keberadaannya mengambil sebagian besar lahan yang ada dan malah membuat estetika rumah terganggu.

Baca juga: Komponen Apa Saja yang Wajib Dicek Saat Service Rutin?

Sebenarnya, berapa ukuran parkir mobil yang ideal? Berikut beberapa hal yang bisa Sahabat Daihatsu perhatikan sebelum mulai merencanakan pembangunan garasi.

Ukuran Udeal Garasi

Secara umum, rumus untuk menentukan ukuran parkir mobil atau garasi sangat mudah. Sahabat Daihatsu cukup melebihkan 100 centimeter dari dimensi kendaraan. Namun jika memiliki lahan yang lebih luas tentu akan lebih baik.

Ditinjau dari estetika lahan, maka ukuran garasi yang ideal tidak melebihi 30 persen ukuran lahan seluruhnya. Dalam perbandingan 50 persen digunakan untuk bangunan, 20 persen lahan hijau dan sisanya untuk garasi.

Jenis Mobil

Hal kedua yang bisa Sahabat Daihatsu lakukan adalah menyesuaikan dengan jenis mobil yang dimiliki. Misalnya ukuran parkir mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) akan berbeda dengan mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle). 

Baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV, Kenali Sebelum Membeli

Daihatsu New Ayla punya dimensi panjang 3.640, lebar 1.600 dan tinggi 1.520 milimeter. Ukuran parkir mobil ini jelas berbeda dengan Daihatsu Granmax MB yang panjangnya 4.045, lebar 1.665 dan tinggi 1.900 milimeter.

Berdasarkan rumus di atas, idealnya ukuran parkir mobil untuk kendaraan jenis LCGC adalah panjang 3,7 meter, lebar 1,7 meter dan tinggi menyesuaikan dengan ketinggian atap rumah. Sementara untuk kendaraan MPV ukurannya panjang 4,1 meter, lebar 1,7 meter. 

Fasilitas Garasi

Selain ukuran parkir mobil di lahan tersebut, perhatikan juga fasilitas yang harus tersedia di garasi mobil. Misalnya memiliki sistem pintu dengan kunci pengaman, memiliki ventilasi udara yang baik, memiliki dinding dan atap tertutup.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Selain itu, saat membangun garasi usahakan lantainya diperkeras atau menggunakan keramik. Ini penting pasalnya lantai yang hanya terbuat dari tanah dapat berisiko membuat ban mobil amblas.

Penting juga untuk memperhitungkan pencahayaan alami pada ruangan tersebut. Dengan masuknya sinar matahari, membuat udara di dalam tidak lembab dan mobil terhindar dari jamur. Selain itu pencahayaan alami juga membantu Sahabat Daihatsu menghemat listrik.

berapa ukuran parkir mobil yang benar

 

Ukuran Parkir Mobil Ganda

Bagaimana jika Sahabat Daihatsu memiliki dua mobil yang membutuhkan ruang parkir? Bagaimana cara mengukur luasnya? 

Baca juga: Balik Nama Mobil, Begini Cara dan Biayanya

Ukuran ideal untuk garasi dua mobil idealnya berbentuk persegi dengan ukuran 6 meter x 6 meter atau 6,5 meter x 6,5 meter. Namun jika memiliki ruang yang lebih besar, maka akan lebih baik lagi.

Sejumlah hal di atas bisa Sahabat Daihatsu perhatikan dalam menentukan luas ukuran parkir mobil yang ideal. Dengan meletakkan mobil di dalam garasi, maka kendaraan akan lebih terjaga dari debu, hujan dan paparan panas matahari yang dapat merusak cat.

Selain menjaga tampilannya, jangan lupa juga untuk selalu merawat performa mesin mobil kesayangan di bengkel resmi Daihatsu. Gunakan saja aplikasi DaihatsuKu untuk proses booking servis yang cepat dan tanpa antri.
​​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment