Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Jarang servis berkala bisa menyebabkan performa mobil menurun dan tentunya bisa berpengaruh juga pada kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, bagi para pemilik mobil sebaiknya memperhatikan jadwal servis untuk mobil.

Melakukan perawatan secara rutin ini berfungsi untuk memastikan agar performa mobil tetap berada pada kondisi yang maksimal. Apalagi jika mobil tersebut merupakan mobil yang selalu digunakan sebagai kendaraan sehari-hari oleh Sahabat Daihatsu.

Booking servis tanpa antri melalui website Astra Daihatsu sekarang juga!

Lantas, apa saja bahaya yang bisa terjadi jika jarang melakukan servis rutin pada mobil?

Sistem pembakaran lebih boros

Risiko pertama yang terjadi jika mobil jarang servis berkala adalah mengganggu sistem pembakaran. Salah satu komponen pada sistem pembakaran yang mungkin terkena dampaknya adalah busi.

Baca juga: Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Jika busi mobil kondisinya tidak maksimal atau bahkan rusak, tentunya akan berdampak juga pada menurunnya performa mesin mobil. Busi yang sudah tidak maksimal kondisinya juga bisa menimbulkan percikan api kurang optimal sehingga membuat sistem pembakaran tidak stabil.

Servis yang rutin secara berkala bisa membuat Sahabat Daihatsu mengetahui apakah busi dalam kondisi masih bagus atau harus diganti. Dengan mengeceknya, Sahabat Daihatsu bisa mengetahui jika memang busi sudah harus diganti.

Kondisi radiator tidak maksimal

Kondisi mesin mobil tentunya tidak akan maksimal jika jarang melakukan perawatan secara rutin. Performa mesin bisa menurun karena beberapa komponen, misalnya air radiator yang mengering.

Baca juga: Perbaiki Daihatsu Kesayangan dengan Layanan Body and Paint

Padahal radiator ini berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin tidak mengalami overheat. Jika air pada radiator habis dan kipas pendingin atau thermostat mengalami kerusakan tentunya akan berdampak pada fungsi radiator itu sendiri.

Jika ada komponen-komponen mesin yang sudah berkarat, maka performa mesin secara keseluruhan akan menjadi menurun. Bahkan bisa menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba.

Adanya gangguan sistem kelistrikan

Dampak selanjutnya jika mobil jarang servis berkala adalah munculnya masalah pada sistem kelistrikan, seperti pada alternator.

Baca juga: Layanan Tanya Daisy Bikin Tenang Sahabat Daihatsu

Fungsi dari alternator adalah untuk menyuplai arus listrik ke komponen mobil yang butuh tenaga listrik, seperti lampu, audio, kaca jendela, wiper, dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika alternator mengalami masalah maka aki mobil tidak akan bisa menyuplai listrik ke komponen yang membutuhkan. Pada akhirnya, mobil akan menjadi sulit dinyalakan dan bahkan bisa menyebabkan mobil menjadi mogok.

Lebih boros bahan bakar

Saat mobil jarang melakukan perawatan rutin, konsumsi bahan bakar pun akan menjadi lebih boros. Ini terjadi karena pada saat melakukan perawatan rutin, biasanya akan dilakukan juga penggantian oli.

Baca juga: 7 Penanganan Mobil Terendam Banjir untuk Meminimalisir Kerusakan

Dengan tidak melakukan servis secara rutin, berarti oli mobil pun akan jarang diganti. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan gesekan di dalam mesin yang pada akhirnya membuat kinerja mesin menjadi lebih berat.

Manfaat lain dari melakukan servis secara rutin adalah kondisi oli mesin bisa selalu terpantau karena fungsinya yang cukup vital.

Fungsi oli mesin diantaranya adalah menjaga kebersihan mesin, mendinginkan mesin akibat panas dari pembakaran, serta melumasi permukaan logam yang saling bergesekan.

Baca juga: Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla Isi Pertamax. Apa Alasannya?

Mobil yang jarang digunakan pun sebaiknya tetap melakukan servis secara rutin. Hal ini karena mesin yang jarang dipakai justru bisa mengalami proses oksidasi karena tidak mendapat pelumasan dari oli dan pada akhirnya bisa timbul karat.

Nah, buat Sahabat Daihatsu yang ingin melakukan servis mobil bisa langsung menggunakan Booking Serviceuntuk melakukan perawatan secara berkala. Fitur ini merupakan layanan purnajual yang disediakan oleh Daihatsu dengan tetap mengedepankan kepuasan pelanggan!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment