Perbedaan Mobil SUV dan MVP, Kenali Sebelum Membeli

Perbedaan Mobil SUV dan MVP, Kenali Sebelum Membeli

Apakah sahabat Daihatsu sudah tahu arti dan perbedaan mobil SUV dan MPV. Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena fungsinya yang beragam. Namun terdapat pesaing dari MPV yaitu mobil SUV atau Sport Utility Vehicle, yang memiliki desain lebih sporty. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, mari kita bahas.

Definisi Serta Perbedaan Mobil SUV dan MPV

MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil MPV adalah klasifikasi mobil “multi-fungsi” yang dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang (Sumber : Wikipedia). Kendaraan bertipe ini cenderung memiliki klasifikasi “mini-bus” (bus kecil) dilihat dari bentuknya. Jenis kendaraan ini didesain untuk memiliki kemampuan mengangkut banyak penumpang. Biasanya, minimal jumlah penumpang yang bisa diangkut adalah 7 orang, bahkan sampai 8 atau 9 orang jika dipaksakan. Di dalam negeri, mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang bisa muat banyak, maka jadi favorit masyarakat kebanyakan. Apalagi saat ini sudah banyak MPV murah, maka tidak heran jika MPV merajai penjualan mobil di Indonesia saat ini. 

Secara fisik, mobil ini punya dimensi lebar dan panjang. Tentu, tidak mungkin bisa mengakomodasi banyak penumpang jika dimensi mobil kecil dengan body terbatas. MPV punya kapasitas 7 tempat duduk, biasanya dengan konfigurasi 2-2-3.

Baca Juga : Kelebihan Daihatsu Ayla

Sesuai namanya yang dalam bahasa Indonesia berarti kendaraan serbaguna untuk beragam tujuan, MPV masih muat untuk meletakkan barang-barang berukuran kecil di sela-sela jok maupun di bagian belakang. MPV juga bisa digunakan untuk membawa barang dalam jumlah yang relatif banyak. Hal ini dimungkinkan karena jok belakang mobil-mobil MPV bisa dilipat sehingga tersedia lebih banyak ruang untuk meletakkan barang.

SUV (Sport Utility Vehicle)

Secara konsep, SUV bisa dibilang merupakan gabungan antara jip, pikap, dan sedan. SUV dilahirkan sebagai kendaraan yang mampu melahap berbagai macam medan off-road dan on-road. Karakter jip yang kuat dan macho untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan ditanamkan pada SUV sehingga memberikannya desain body yang kokoh dan tampak garang. Banyak SUV yang beredar di Indonesia, telah diuji di berbagai medan ekstrim pegunungan tanah air. 

Selain dibuat agar tangguh di segala medan, SUV juga punya karakteristik mobil sedan ketika mengangkut penumpang. Kapasitas duduk 4 orang dengan kenyamanan berkendara semirip mungkin dengan sedan jadi ciri khas lain SUV tanah air. Bahkan belakangan ini mulai ada SUV 7-seaters yang dimaksudkan agar mampu muat lebih banyak dan membuat konsumen yang tidak suka MPV tapi ingin muat banyak jadi beralih ke SUV.

SUV juga didesain agar mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Kursi bagian belakang pun ada yang bisa dilipat jika mobil ingin digunakan untuk membawa barang lebih banyak lagi. Pada mode ini, SUV bisa mengakomodir kebutuhan pikap kecil jika diperlukan.

Walaupun sebenarnya perbedaan antara MPV dan SUV cukup jelas, namun rupanya masih banyak juga masyarakat awam yang kadang terkecoh dan salah mengenali kedua mobil tersebut. Bukan tanpa sebab jika banyak masyarakat awam yang salah mengira, sebab beberapa spesifikasi elemen atau bagian mobil dari MPV dan SUV tersebut yang seharusnya berbeda, kini hampir sama. Berikut beberapa bagian yang kadang salah dikenali.

Baca Juga : Fitur Daihatsu Rocky

Kelebihan Mobil SUV dan MPV

Kelebihan Mobil SUV

1. Kualitas Mobil yang Tangguh

Mobil SUV didesain menjadi mobil yang tangguh untuk melewati berbagai medan jalan yang tidak halus seperti melewati jalanan berbatu hingga jalan yang terjal. Untuk di Indonesia yang memiliki jalan terjal, berlumpur, dan berbatu mobil SUV ini sangat cocok digunakan.

kita simak perbedaan suv dan mpv dari daihatsu

2. Memberi Kenyamanan

Mobil SUV merupakan mobil yang dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Kursi dari mobil SUV dirancang dan disusun dengan tingkat kenyamanan yang paling tinggi. Maka tak jarang mobil SUV lebih sering digunakan untuk bersantai. Mobil SUV juga dapat melaju dengan kecepatan tinggi namun tetap stabil.

3. Lebih Efisien

Mobil SUV dapat dikatakan sebagai mobil yang sangat efisiensi dibandingkan jenis mobil lain. Mobil ini memiliki bagasi yang cukup luas untuk menyimpan barang sehingga sangat efisien untuk digunakan bepergian. Tak heran jika mobil SUV ini disebut sebagai mobil keluarga.

Kelebihan Mobil MPV

1. Memuat Banyak Penumpang

Mobil MPV merupakan mobil yang terkenal dengan bodi yang cukup besar dibandingkan mobil jenis lain. Mobil jenis ini dapat memuat banyak penumpang dalam sekali jalan sehingga mobil ini dapat dipilih sebagai mobil keluarga. Maka tak jarang mobil ini sering dipilih untuk digunakan ketika dalam satu keluarga memiliki banyak jumlah orang.

2. Harga Lebih Terjangkau

Menjadi mobil yang memuat banyak penumpang, mobil MPV menjadi jenis yang tergolong memiliki harga murah. Hal tersebut karena dengan membeli satu mobil MPV Anda dapat memuat banyak penumpang sekaligus dibandingkan dengan mobil sedan yang hanya memuat 4-5 orang saja.

3. Bagasi Lebih Fleksibel

Hampir sama dengan mobil jenis lain, mobil MPV juga memiliki bagasi yang cukup fleksibel. Ketika hendak memuat barang yang banyak, kursi penumpang paling belakang dapat dilipat dan dijadikan bagasi. Namun ketika Anda sedang tidak membawa banyak barang, Anda dapat mengembalikan lagi lipatan kursi bagian belakang.

Itulah beberapa perbedaan SUV dan MPV yang harus Sahabat Daihatsu ketahui.

​​​​​​​Beli Mobil Langsung di Website Resmi Astra Daihatsu
​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment