Tarif Tol Jagorawi Terbaru untuk Semua Golongan

Tarif Tol Jagorawi Terbaru untuk Semua Golongan

Tarif Tol Jagorawi mengalami perubahan untuk meningkatkan pelayanan kepada penggunanya. Penyesuaian tarif ini digunakan untuk pelebaran jalan tol, pemindahan gerbang tol (GT) ke Cimanggis, penambahan sarana tempat istirahat hingga perubahan sistem transaksi.

Apalagi Kota Bogor menjadi salah satu kota satelit dari DKI Jakarta sebagai ibu kota. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Jakarta ke Bogor sendiri hanya 1,5 jam berkat adanya Tol Jagorawi ini. 

Tidak hanya bisa mengurangi waktu tempuh ke Jakarta, Jalan Tol Jagorawi juga terhubung ke daerah lainnya yaitu Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, dan Ciawi. 

Baca juga: Diberi Penyegaran, Ini Kelebihan Daihatsu Granmax Terbaru

Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) ini merupakan jalan tol pertama yang dioperasikan Jasa Marga pada tahun 1978.

Dikutip dari laman Jasa Marga, panjang ruas jalan tol Jagorawi mencapai 59 km, dan tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road.

Daftar tarif Tol Jagorawi 

Tarif Tol Jagorawi akan berbeda-beda tergantung dari golongan kendaraan. Dikutip dari laman BPJT Kementerian PUPR, daftar lengkapnya adalah: 

1. Tarif Tol Jagorawi Golongan I

Kendaraan-kendaraan yang masuk ke dalam Golongan I adalah mobil jip, sedan, truk kecil atau pick up serta bus. Pengemudi kendaraan Golongan I yang melintas Tol Jagorawi akan dikenakan tarif sebesar Rp 7.000

tarif tol jagorawi

2. Tarif Tol Jagorawi Golongan II

Jenis-jenis kendaraan yang masuk kedalam Golongan II adalah truk dengan 2 gandar atau sumbu roda. Untuk kendaraan-kendaraan yang masuk ke dalam Golongan II dikenakan tarif yang sedikit lebih mahal yaitu Rp 11.500. 

3. Tarif Tol Jagorawi Golongan III

Untuk Golongan III jenis-jenis kendaraan yang masuk ke dalamnya adalah truk dengan 3 gandar atau sumbu roda. Tarif Tol Jagorawi untuk Golongan III sama seperti Golongan II yaitu Rp 11.500. 

4. Tarif Tol Jagorawi Golongan IV

Sedangkan untuk kendaraan-kendaraan yang masuk ke dalam Golongan IV adalah truk besar dengan 4 gandar. Tarif Tol Jagorawi untuk Golongan IV lebih mahal dibandingkan Golongan I, II, atau III yaitu sebesar Rp 16.000.

5. Tarif Tol Jagorawi Golongan V

Tarif Tol Jagorawi Golongan V sama dengan Golongan IV yaitu dikenakan biaya sebesar Rp 16.000. Untuk kendaraaan-kendaraan yang masuk ke dalam Golongan V adalah truk dengan 5 gandar atau sumbu roda. 

Rest Area Tol Jagorawi

Bagi Sahabat Daihatsu yang melewati Tol Jagorawi tidak perlu khawatir jika merasa kelelahan. Apalagi jalan tol yang satu ini memiliki waktu tempuh yang cukup lama yaitu 1,5 jam dengan jarak lebih dari 50 kilometer. 

Baca juga: Mobil Untuk Wanita dari Daihatsu, Apa Saja yang Cocok?

Untuk itu, pemerintah menyediakan beberapa titik rest area yang bisa digunakan beristirahat atau makan dan minum. 

Rest area yang tersedia di area Tol Jagorawi juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti masjid atau mushola, area kuliner, minimarket, toilet gratis hingga tempat parkir yang luas. Lantas, ada dimana saja titik-titik rest area tersebut?

  • Rest area Cibubur Square di KM 10
  • Rest area Sentul di KM 35
  • Rest area Ciawi di KM 45
  • Rest area Bogor di KM 38
  • Rest area Gunung Putri di KM 21​​​​​​​

Dengan banyaknya rest area yang tersebar di Tol Jagorawi, sebaiknya Sahabat Daihatsu bisa memanfaatkannya dengan baik ya. Jangan sampai memaksakan untuk berkendara di tol karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain pastinya. ​​​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment