Tips Mengatasi Rem Mobil Blong

Tips Mengatasi Rem Mobil Blong

Sahabat Daihatsu, kejadian rem blong bisa terjadi kapan saja pada mobil dengan berbagai penyebab. Jika mengalami hal tersebut, Sahabat Daihatsu harus dapat mengatasi dan mengendalikan kondisi dengan cara yang tepat.

Kondisi rem yang mendadak blong tentu saja bisa membuat panik Sahabat Daihatsu karena pastinya kondisi ini akan membahayakan diri Sahabat ataupun orang lain yang berada di jalan. Oleh karena itu, Sahabat Daihatsu perlu mengetahui bagaimana cara mengantisipasi kondisi ketika terjadi rem blong.

Jaga selalu performa kendaraan Daihatsumu dengan rutin servis berkala. Klik di sini untuk booking service!

Sahabat Daihatsu, terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika rem mobil tiba-tiba menjadi blong:

  • Terus Memompa Rem

    Ketika Sahabat sedang mengendarai Daihatsu dan tiba-tiba rem mengalami blong, langkah yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan terus memompanya. Sahabat harus terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala.

    Dengan melakukan hal tersebut, tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin ada baiknya Sahabat mengecek bagian pedalnya apakah terdapat sesuatu barang atau benda yang mungkin mengganjal pedal rem Sahabat.

  • Menurunkan Gigi Transmisi

    Nah Sahabat, cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi rem blong. Namun jika cara pertama tidak berhasil maka silahkan Sahabat melakukan hal yang lain yaitu menurunkan bagian gigi transmisinya (Khusus transmisi Manual). Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil Sahabat.

    Tentunya untuk melakukan hal ini ada beberapa tahapan yang perlu Sahabat Daihatsu lakukan. Pertama, pastikan dulu mobil Sahabat adalah mobil dengan transmisi manual bukan transmisi automatic.

    Jika posisi perseneling mobil Sahabat sedang berada pada gigi nomor 4 maka turunkan gigi dalam gerakan cepat secara bertahap sampai gigi yang pertama. Jangan sampai Sahabat menurunkan gigi dengan cara tidak bertahap, misalnya dari gigi 4 langsung ke gigi nomor dua.

    Hal itu nantinya akan membuat mobil Sahabat Daihatsu menjadi tidak terkendali bahkan bisa terjadi slip. Hal yang berbeda jika mobil Sahabat Daihatsu menggunakan transmisi automatic, Sahabat dapat langsung menurunkan gigi ke posisi gigi nomor 1.

    Jadi, Sahabat tidak perlu menurunkan gigi secara bertahap seperti mobil dengan transmisi manual. Cara ini akan membuat mobil kalian melaju lebih lambat.

  • Gunakan Rem Tangan

    Jika dengan cara pertama dan kedua Sahabat masih gagal untuk menghentikan laju kendaraan Sahabat, kalian bisa mencoba dengan menggunakan rem tangan. Tentu Sahabat untuk melakukan hal ini harus ekstra hati-hati. Sahabat harus menarik tuas rem tangan secara perlahan agar tidak tergelincir dan mobil tidak slip.

    Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat. Nah selain itu, Sahabat juga harus bisa nih mengatur tekanan rem agar tidak mendadak kehilangan kendali dan menabrak kendaraan lain . Ingat, jangan lakukan secara mendadak, itu bisa membahayakan diri Sahabat dan pengendara lain di jalan.

Nah Sahabat, itu hal-hal yang bisa Sahabat Daihatsu lakukan ketika menghadapi kondisi rem blong pada kendaraan Sahabat. Untuk menjaga kondisi rem mobil Daihatsu kalian dalam kondisi prima, silahkan lakukan pengecekan kondisi rem dan bagian mobil lainnya di bengkel Astra Daihatsu, agar mobil Daihatsu kalian menjadi lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Stay safe and stay healthy ya Sahabat!

Image Source : www.safebraking.com

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment