Tips Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Tips Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Sahabat Daihatsu, perjalanan berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti akan menempuh jarak yang jauh. Bahkan, waktu tempuh juga tidak dapat diprediksi, karena kondisi lalu lintas yang terkadang berada di luar prediksi kita.

Dengan kondisi perjalanan seperti itu, Sahabat membutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan Sahabat menjadi aman dan nyaman . Bukan hanya kendaraan yang harus kalian persiapkan, tetapi pengemudi yang akan mengemudikan kendaraan pun harus mempersiapkan beberapa hal.

Miliki pengalaman berkendara menakjubkan bersama Daihatsu Rocky. Test Drive sekarang juga!

Sebagai pengemudi, Sahabat perlu memikirkan dan mengutamakan keselamatan seluruh penumpang hingga sampai di tempat tujuan. Oleh karenanya, sebagai pengemudi ada baiknya kamu paham dan dapat menerapkan gaya mengemudi aman atau yang lebih dikenal Defensive Driving.

Defensive driving adalah bagaimana kita sebagai pengemudi mengendalikan perilaku kita saat berkendara. Perilaku mengemudi itu juga mencakup kewaspadaan pada lingkungan sekitar. Dan yang lebih penting adalah, mengemudi apalagi dengan tujuan berlibur atau mudik itu harus bahagia. Sehingga, perjalanan menjadi menyenangkan.

Sedangkan dalam Defensive Driving sendiri ada lima hal utama yang harus diperhatikan:

Menjaga Pandangan Saat Berkendara

Dalam berkendara, Sahabat Daihatsu harus benar-benar fokus terhadap kondisi sekelilingnya, baik depan, samping dan belakang. Hal ini penting karena saat kita tidak focus terhadap medan jalan yang sedang dilalui, resiko kecelakaan akan menjadi sangat tinggi. Menurut penelitian, jika kita lengah selama 1 detik, maka kendaraan akan rentan meleng sejauh 27,77 meter jika dalam kecepatan 100km/jam.

Jaga Jarak Aman Kendaraan

Biasakan untuk menjaga jarak jika berkendara dekat dengan kendaraan yang berukuran besar seperti, bus, kontainer dan truk. Hal itu perlu dilakukan karena kendaraan berukuran besar ini tidak bisa cepat berhenti secara mendadak. Jadi jangan salip kendaraan ini dan tiba-tiba berhenti di depannya, karena akan berdampak sangat buruk.

Waspada dengan Kecepatan

Saat kecepataan kendaraan Anda semakin meningkat, pandangan Anda harus fokus ke jalan raya. Banyak pengendara memiliki pandangan hanya lurus ke depan dan mengabaikan situasi lalu lintas di sekitarnya. Jika tidak bisa melihat sekeliling jalan raya, jangan berada terlalu dekat dengan kendaraan di depan, ganti jalur dan berada di sebelah kanan belakang mobil yang ada di depan.

Itulah Sahabat, manfaat Defensive Drifing agar kita dapat mengemudi aman dan nyaman saat berlibur atau mudik. Selamat berkendara ya Sahabat, ingat keselamatan dan keamanan adalah nomor satu!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment