6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Lampu indikator check engine menyala mungkin bisa membuat Sahabat Daihatsu panik. Nah agar tidak menjadi kebingungan berlebih, yuk ketahui apa penyebabnya!

Biasanya, lampu indikator check engine menyala sebagai sinyal adanya gangguan pada mesin, sistem kelistrikan, ataupun sistem pembuangan mobil yang bermasalah.

Jika itu terjadi, Sahabat Daihatsu sebaiknya tetap tenang. Segera hubungi bengkel resmi untuk melakukan jadwal pemeriksaan.

Jaga performance mobil Daihatsumu dengan layanan purna jual Astra Daihatsu. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Agar lebih jelas berikut penjelasan mengenai beberapa alasan lampu indikator check engine menyala. 

1. Masalah fuel pump

Kondisi fuel pump atau pompa bensin mobil mengalami kerusakan bisa membuat lampu indikator check engine menyala loh! Fuel pump bertugas menjaga suplai bahan bakar yang tepat untuk sistem pembakaran.

Jika fuel pump tidak bekerja optimal maka ECU mobil akan membaca hal ini sebagai kondisi yang membahayakan karena dapat berimbas pada kinerja mesin dan tenaga mobil.

Baca juga: 5 Keuntungan Melakukan Service Berkala di Bengkel Resmi Daihatsu!

Lakukan penggantian komponen ini di bengkel resmi agar Sahabat Daihatsu mendapatkan kualitas dan garansi terbaik.

2 . Filter udara kotor

Kondisi filter udara kotor atau perlu diganti juga jangan disepelekan. Pasalnya ini menjadi salah satu sebab lampu indikator menyala. Kenapa demikian?

Filter udara erat kaitannya dengan mass airflow sensor yang berfungsi menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan udara yang masuk ke mesin mobil.

Baca juga: Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Jika filter udara sudah terlalu kotor, tentu akan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Inilah yang menyebabkan mass airflow sensor lama kelamaan rusak.

Rusaknya komponen tersebut akan menyebabkan lampu indikator check engine menyala.

3. Kerusakan catalytic converter

Komponen catalytic converter berfungsi untuk membuat emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Caranya dengan mengubah karbon monoksida dan zat-zat berbahaya lainnya menjadi senyawa yang aman bagi lingkungan.

Baca juga: Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Kerusakan pada komponen ini akan dideteksi oleh ECU mobil sebagai kondisi yang riskan dan tidak baik bagi lingkungan. Inilah yang membuat lampu indikator menyala.

Ciri utama kerusakan catalytic converter adalah bahan bakar cepat habis atau mobil tidak memiliki tenaga untuk melaju, bahkan pedal gas diinjak dalam-dalam.

4. Sistem transmisi

Gangguan pada sistem transmisi kendaraan juga bisa membuat lampu indikator menyala. Sahabat Daihatsu tidak perlu panik, selama kendaraan masih bisa dioperasikan dan tidak timbul suara aneh, kondisi itu masih normal.

Baca juga: Service Mobil Daihatsu Tanpa Antri Melalui DaihatsuKu Mobile Apps

Disarankan, segera lakukan penjadwalan ke bengkel resmi agar kondisi lampu indikator check engine menyala dapat diketahui sebabnya.

5. Masalah busi

Sebagai bagian yang penting dari kinerja kendaraan, adanya gangguan pada sistem pengapian seperti busi, kabel busi atau koil akan memicu lampu indikator menyala.

Dengan menjaga performa sistem pengapian maka Sahabat Daihatsu dapat meminimalisir risiko menyalanya lampu indikator tersebut.

Baca juga: Penting! Begini Cara Merawat Daihatsu All New Xenia

6. Permasalahan pada aki

Penyebab yang sering membuat lampu indikator menyala adalah masalah pada baterai kendaraan atau aki. Hal ini bisa diakibatkan oleh daya aki yang melemah. Solusinya, Sahabat Daihatsu dapat mencabut kabel aki dan memasangnya lagi.

Masalah lain yang kadang terluput adalah pemasangan baut kutub aki yang kurang kencang. Hal ini juga bisa sebabkan aki tekor dan membuat lampu check engine menyala.

Baca juga: Mudahnya Servis Berkala dengan Layanan Daihatsu Home Service

Beberapa hal tersebut dapat menjadi penyebab lampu indikator check engine menyala pada mobil kesayangan, Sahabat Daihatsu.

Lakukan perawatan rutin pada bengkel resmi, atau Sahabat Daihatsu dapat mengunjungi Layanan Home Service untuk menjadwalkan servis berkala.

Agar lebih mudah, gunakan fitur Tanya Daisy dengan menghubungi melalui WA ke nomor klik disini atau klik disini Tanya Daisy. 

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment