Apa Itu SST Dalam Dunia Otomotif? Berikut Penjelasan dan Macamnya

Apa Itu SST Dalam Dunia Otomotif? Berikut Penjelasan dan Macamnya

SST atau Special Service Tool adalah peralatan khusus yang dibuat untuk membantu proses pekerjaan di bengkel Astra Daihatsu. Terdapat banyak alat yang termasuk dalam SST yang memiliki fungsi berbeda beda.

Special Serive Tool merupakan hal wajib bagi setiap montir dan bengkel karena memiliki manfaat yang cukup penting.

Dapatkan Promo Mobil Daihatsu di Website Resmi Astra Daihatsu

Macam SST dan Fungsinya

Pada umumnya, Ada banyak macam SST untuk membantu perbaikan otomotif khususnya mobil. Namun perlu diketahui, bahwa setiap pabrikan atau merk otomotif memiliki SST yang berbeda dikarenakan komponen kendaraan tiap brand juga berbeda. SST adalah hal yang penting, oleh karena itu mari kita simak fungsi-fungsinya.

Clam-G

Clam-G berfungsi untuk menahan benda atau komponen agar tidak berubah posisi saat akan di ikat atau dilakukannya pengelasan. Selain itu, alat ini berfungsi agar memudahkan pekerjaan para montir dan menambah aspek keamanan.

Camshaft Lock Holder

Penggunaan alat ini cukup mudah, Camshaft lock holder berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut pengikat camshaft sprocket. Pada proses pengencangan, alat ini dibantu dengan kunci momen sehingga katup atau valve tetap aman karena camshaft tidak akan ikut berputar.

Baca Juga : Apa itu Spooring dan Balancing

Bearing Puller Attachment

Bearing Puller Attachment berfungsi untuk melepaskan bantalan pada komponen mobil yang tidak bisa dijangkau oleh kaki puller. Sahabat Daihatsu cukup memasang alat ini pada bantalan, kemudian keraskan baut bearing splitter. Maka secara ototmatis bantalan akan lepas dari posisinya.

sst (special service tools) adalah

Ball Joint Separator/Remover/Tracker Ball Joint

Ball joint separator berfungsi untuk memisahkan ball joint yang ada di sistem kemudi dari dudukannya. Alat ini memiliki tiga tipe dengan masing masing fungsi yang sama, yaitu ball joint splitter puller, drafter ball joint splitter (fork), dan splitter scissor & amp.

Adjustable C Spanner/Fixed C Spanner

Alat ini memiliki bentuk seperti box end wrench yang terpotong. Fungsi dari alat ini yaout dapat membantu melepas maupun memasang beberapa komponen kendaraan seperti cylinder rod head, spanner nut, sprocket retaining nut, dan lain-lain.

Clutch Aligning Tool

SST selanjutnya adalah clutch Aligning Tool. Alat ini berfungsi untuk memposisikan kampas kopling atau clutch disk sehingga berada lurus di tengah sebelum mengencangkan baut plat penekan atau baut clutch cover. Posisi lurus ini tentu memudahkan pemasangan input shaft transmisi ke clutch disk yang tertutup cover.

Baca Juga : 16 Jenis Ban Mobil

Coil Spring Compressor

Coil spring compressor berfungsi untuk memberi tekanan pada pegas coil shock absorber. Sejalan dengan pengertian special service tool sebagai alat bantu pasang atau melepas komponen, penekanan per shock dilakukan agar pegas memendek sehingga shock absorber mudah dilepas maupun dipasang.

Disc Brake Piston Compressor

Disc Brake Piston Compressor berfungsi untuk membantu memasukkan piston brake ke dalam kapiler dengan cara mendorong maupun menekannya. Seringkali alat ini digunakan untuk pemasangan kampas rem baru atau setelah seal piston rem diganti.

Differential Flange Holder

Montir seringkali menggunakan alaini untuk proses pelepasan flange pinion pada differential atau gardan harus ditahan. Alat ini dapat membantu Anda menahan flange pinion saat akan dilepas agar tidak berputar.

Diesel Injector Tester

Diesel injector tester adalah alat ukur tekanan, yang berfungsi untuk menunjukkan besarnya tekanan penyemprotan nozzle, kebocoran nozzle, dan pattern atau bentuk penyemprotan pada injektor mesin diesel.

Compression Tester

Salah satu jenis SST bernama compression tester ini berfungsi untuk mengukur tekanan kompresi silinder mesin. Alat ini akan menunjukkan pada Anda besarnya tekanan kompresi silinder mesin saat pengukuran.

Oil Filter Remover

Oil Filter remover adalah alat untuk melepaskan dan memasang saringan filter oli pada kendaraan. Ada beberapa bentuk dari oil filter remover namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Tang Ring Expander

Alat ini berfungsi saat melakukan pemasangan piston dengan menekan piston kedalam silinder agar. Salah satu SST ini memiliki berbagai ukuran tergantung kebutuhan.

Dapat disimpulkan bahwa SST adalah hal yang tidak bisa dilupakan oleh anda pencinta mobil atau pemilik jasa bengkel.

Jangan lupa untuk cek spesifikasi Daihatsu Rocky, mobil sporty dengan tenaga yang maksimal.​​​​​​​
Dapatkan juga informasi promo mobil Daihatsu dan harga lengkap mobil Sigra, Gran Max, Luxio, hingga mobil yang cocok untuk anak muda yaitu Sirion.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment