Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Sahabat Daihatsu, merawat mesin turbo pada mobil Daihatsu Rocky ternyata tidak merepotkan loh. Mesin berkode 1KR-VET ini memang spesial, mampu menyuplai tenaga puncak 97,9 daya kuda dan torsi 15,2 Kgm.

Dengan tenaga yang cukup besar itu, tentu kinerja mesin turbo Daihatsu Rocky juga perlu mendapat perhatian agar tetap awet dan maksimal.

Jaga selalu performa Daihatsumu dengan mengunjungi Layanan Booking Service untuk menjadwalkan servis berkala.

Yuk, intip caranya agar performa mobil kesayangan Sahabat Daihatsu tetap terjaga prima!

Mengenal mesin turbo

Untuk melakukan perawatan pada mesin turbo, sebaiknya Sahabat Daihatsu pahami dahulu tentang kinerjanya.

Baca juga: Rekomendasi Daihatsu Varian ADS, Lebih Sporty dan Gaya!

Mesin turbo berbeda dengan mesin mobil biasa. Mesin ini butuh kondisi panas terlebih dahulu sebelum mulai dijalankan. Jadi Sahabat sebaiknya memanaskan mobil sebentar sebelum dipakai beraktivitas ya.

Memanaskan mobil dengan mesin turbo, tidak perlu lama cukup tiga sampai lima menit saja. Begitu juga saat ingin mematikan mesin. pastikan jarum RPM (Rotation Per Minute) telah turun dan diamkan sejenak selama 1 menit.

Bagaimana cara merawat mesin turbo yang lainnya?

Pilih oli yang tepat

Memilih jenis oli mesin yang tepat adalah cara merawat mesin turbo berikutnya. Pada mobil dengan mesin turbo, jenis oli yang dibutuhkan biasanya jauh lebih cair serta punya kemampuan pelumasan yang baik.

Baca juga: Layanan Tanya Daisy Bikin Tenang Sahabat Daihatsu

Oli mesin turbo juga sebaiknya memiliki kualitas pendinginan yang baik. Mengapa demikian? Mesin turbo biasanya punya temperatur lebih tinggi dari mesin biasa. Sehingga oli dengan kemampuan pendingin direkomendasikan.

Sebagai rekomendasi Sahabat Daihatsu dapat menggunakan oli bertipe 0W-20 sebagai oli mesin turbo yang ideal.

Pilih BBM oktan tinggi

Karena punya kinerja mesin yang tinggi, maka dibutuhkan pembakaran yang lebih baik. Untuk itulah mesin turbo harus disuplai dengan BBM beroktan di atas 90 atau memakai jenis Pertamax ke atas.

Baca juga: Perbaiki Daihatsu Kesayangan dengan Layanan Body and Paint

Dengan kualitas oktan yang baik, maka performa mesin turbo Daihatsu Rocky juga akan lebih terasa. Jangan sampai Sahabat kehilangan sensasi berkendara hanya karena salah pilih BBM.

Rutin bersihkan filter udara

Merawat mesin turbo berikutnya adalah dengan rutin membersihkan komponen saringan udara. Karena kinerja mesin yang tinggi, jika tidak didukung oleh suplai udara yang baik, tentu akan kurang maksimal.

Bacalah buku panduan

Saat membeli unit Daihatsu Rocky maka Sahabat akan mendapatkan buku panduan pengguna. Pelajari dan cari semua informasi terkait mobil kesayangan di sana.

Baca juga: Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga?

Dengan mengikuti panduan perawatan sesuai petunjuk di buku tersebut, maka kinerja mesin dan performa mesin turbo akan tetap terjaga. Jadi, jangan lupa untuk membaca bukunya ya!

Melakukan perawatan berkala pada kendaraan

Selain keempat cara tadi, Sahabat Daihatsu juga sebaiknya melakukan perawatan mesin berkala di bengkel Daihatsu. Waktu terbaik yang disarankan untuk merawat mesin Turbo Daihatsu Rocky adalah tiap 6 bulan sekali.

Tidak perlu repot dalam merawat mesin turbo Daihatsu Rocky, Sahabat Daihatsu cukup mengatur jadwal kedatangan ke bengkel resmi. Semua proses perawatan mesin akan dilakukan secara profesional dan bergaransi.

Sahabat tertarik dengan produk Daihatsu silahkan klik di sini  untuk gunakan fitur Tanya Daisy untuk berbagai macam pertanyaan seputar layanan produk.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment