Fungsi Kunci Ring dan Cara Menggunakannya

Fungsi Kunci Ring dan Cara Menggunakannya

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya memahami fungsi kunci ring, agar ketika mobil mengalami masalah, Sahabat Daihatsu bisa melakukan pertolongan pertama sembari menunggu mekanik datang. 

Tidak hanya itu, dengan kunci ring Sahabat Daihatsu juga bisa mengecek kondisi mobil di mana saja. Yup, hand tools ini memang kerap digunakan para mekanik di bengkel untuk memperbaiki kendaraan atau mengecek kondisi komponen yang ada di dalam kendaraan. 

Baca juga: Komponen Apa Saja yang Wajib Dicek Saat Service Rutin?

Kunci ring sendiri memiliki dua ujung yang berbentuk heksagonal. Dengan bentuk tersebut, kunci ring dapat digunakan untuk menutup bagian luar dari baut dan mur yang akan hendak dibuka maupun dipasang.

Definisi

Kunci ring adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur dan menyimpan kunci dengan mudah dan praktis. Terbuat dari logam atau bahan lain yang kuat, kunci ring memiliki beberapa anak kunci yang terhubung pada satu jaring atau tali, sehingga memudahkan Anda menemukan dan mengakses kunci yang Anda butuhkan tanpa harus membongkar semua kunci pada dompet atau tas Anda. Keberadaan kunci ring juga membantu mencegah kunci terpisah dan hilang.

Ukuran Kunci ring

Umumnya ukuran metrik kombinasi kunci ring dimulai dari 6, 7, 8, 9, dan seterusnya. Lalu sudut pemutaran kunci ring terbagi menjadi tiga, yakni 15 derajat, 30 derajat, dan 45 derajat.

Selain itu, meskipun beberapa kunci ring ada yang tersedia dalam model heksagonal atau segi enam, kunci ring juga umumnya menggunakan ring model double heksagonal atau segi dua belas.

Baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV, Kenali Sebelum Membeli

Hal ini memungkinkan kunci ring untuk digunakan pada area kerja terbatas yang memiliki sudut minimal 30 derajat.

Fungsi Kunci ring

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi kunci ring adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau yang berada di dalam kendaraan. 

Namun mur atau baut yang dapat digunakan hanya yang berbentuk heksagonal, menyesuaikan bentuk ujung kunci ring itu sendiri.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Banyak pemilik kendaraan yang menggunakan kunci ring karena penggunaannya yang lebih aman untuk torsi yang besar. Hal ini terjadi karena kunci ring menutup semua bagian luar dari baut atau mur.

Meskipun demikian, kunci ring juga memiliki kelemahan, yakni penggunaannya yang terbatas akan ruang. Dengan begitu, Sahabat Daihatsu perlu ruang yang cukup agar dapat menempatkan kunci ring ke baut atau mur.

fungsi dan cara menggunakan kunci ring

Bedanya Kunci ring dan Kunci Pas

Salah satu hal yang kerap membuat para pemilik kendaraan keliru adalah perbedaan kunci ring dan kunci pas. Fungsi kunci ring dan kunci pas sebenarnya sama.

Baca juga: Balik Nama Mobil, Begini Cara dan Biayanya

Namun, yang membedakan keduanya adalah kunci ring dan kunci pas adalah bentuknya. Jika kunci ring memiliki dua ujung berbentuk heksagonal, kunci pas memiliki dua ujung berbentuk huruf U. 

Jika namanya kunci ring pas, maka satu ujung berbentuk heksagonal dan ujung satunya berbentuk huruf U.

Cara Menggunakan Kunci ring

Setelah memahami fungsi ring, jangan lupa untuk mengetahui cara menggunakannya juga, ya. Mudah kok, begini caranya.

  1. Lihat terlebih dahulu ukuran mur atau baut, lalu sesuaikan dengan ukuran kunci ring.
  2. Letakkan dan pasang kunci ring tepat pada baut.
  3. Posisikan tegak lurus agar tidak mudah meleset.
  4. Kencangkan mur atau baut dengan memutar ke arah kiri.
  5. Kendorkan mur atau baut dengan memutar ke arah kanan.​​​​​​​

Bagaimana? Tidak sulit kan untuk menggunakannya? Untuk itu, jangan lupa untuk selalu membawa kunci ring di dalam mobil Sahabat Daihatsu, ya! Tenang, ukurannya yang kecil kok! Jadi mudah dibawa kemanapun dan dapat digunakan di mana saja.

Baca juga: Cara Perpanjang SIM, Datang Langsung dan Online, Mudah Loh!

Tapi ingat, meski memiliki kunci ring, perbaikan sebaiknya tetap diserahkan ke mekanik ahli di bengkel resmi Daihatsu, ya. Kunci ring bisa Sahabat Daihatsu gunakan untuk pertolongan pertama saja atau mengecek kondisi mobil. 

Untuk melakukan servis, Sahabat Daihatsu bisa melakukan booking melalui DaihatsuKu, cepat dan tanpa antri!
​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment