Serupa Tapi Tak Sama, ini Perbedaan Spooring dan Balancing

Serupa Tapi Tak Sama, ini Perbedaan Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing menjadi salah satu perawatan yang perlu dilakukan oleh para pemilik mobil. Tujuannya adalah agar mobil yang digunakan bisa lebih nyaman dan aman ketika sedang dikendarai.

Jika ingin melakukan spooring dan balancing, bisa langsung mendatangi bengkel terdekat atau yang memang sudah dipercaya. Biasanya bengkel-bengkel sudah memiliki alat spooring sehingga keluhan yang dialami pemilik mobil bisa ditangani secara tepat. 

Sahabat Daihatsu mungkin sudah sering mendengar istilah spooring dan balancing namun belum banyak yang tahu perbedaan antara keduanya. Apa perbedaan dari keduanya?

Spooring Adalah

Secara umum, spooring adalah proses meluruskan kembali posisi-posisi roda mobil ke pengaturan awal pabrik. Spooring ini biasanya dibutuhkan ketika mobil Sahabat Daihatsu sering digunakan untuk medan jalan yang berat sehingga posisi roda mobil berubah. 

Baca juga: Tips Mudah Merawat Radiator Mobil Daihatsu

Pada saat melakukan spooring nantinya mobil akan dilakukan setting ulang ke standar awal pabrikan. Untuk melakukan spooring rekomendasinya adalah setiap mobil menempuh jarak 20 ribu kilometer. 

Apa itu Balancing?

Lalu untuk balancing adalah proses yang dilakukan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Bagi Sahabat Daihatsu yang ingin mengetahui apakah mobil perlu melakukan balancing, cobalah untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. 

perbedaan spooring dan balancing adalah

Jika terasa getaran pada mobil, itu menandakan ban mobil bagian kanan dan kiri tidak seimbang. Itu berarti mobil perlu dilakukan balancing dan biasanya bengkel akan melakukan pengecekan di mesin untuk mengetahui roda bagian mana yang harus diseimbangkan.

Manfaat Spooring dan Balancing

Ada beberapa manfaat melakukan spooring dan balancing  yang bisa dirasakan oleh Sahabat Daihatsu. Lantas, apa saja manfaatnya? 

Meningkatkan kenyamanan berkendara

Salah satu manfaat spooring dan balancing yang bisa dirasakan oleh Sahabat Daihatsu adalah kenyamanan dalam berkendara. Ban mobil yang bermasalah atau tidak sempurna, akan mengurangi rasa nyaman misalnya setir akan menjadi bergetar.

Baca juga: New Astra Daihatsu SIgra, Mimpi Indah Keluarga Indonesia

Jika ini terjadi, sebaiknya jangan dibiarkan dan dianggap sepele karena gangguan yang terjadi bisa bertambah parah. Untuk itu, segera tangani segera agar gangguan yang dialami tidak bertambah parah.

Usia Ban Lebih Awet

Manfaat lain dari rutin melakukan spooring dan balancing adalah usia ban yang lebih awet. Kaki-kaki mobil yang bermasalah bisa menyebabkan ban lebih cepat mengalami aus atau bahkan menimbulkan bunyi decitan. 

Ini semua bisa diatasi dengan melakukan spooring dan balancing secara rutin. Apalagi jika memang mobil sudah menunjukkan tanda-tanda adanya masalah. 

Kaki-kaki Mobil Lebih Awet

Dengan melakukan spooring dan balancing, Sahabat Daihatsu bisa menjaga keawetan kaki-kaki dan roda mobil itu sendiri. Perawatan ini bisa membuat masa usia pemakaian setiap komponen menjadi lebih lama.

Baca juga: Nikmati Layanan Lengkap Dari Perawatan Berkala Hingga Salon dengan Paket Service

Di Indonesia sendiri, menjaga kaki-kaki mobil agar tetap awet memang memiliki tantangan tersendiri karena masih banyak kondisi jalan yang tidak rata. Hal ini bisa membuat kaki-kaki mobil menjadi lebih cepat rusak.

Setir mobil akan lebih stabil

Kaki-kaki mobil yang bermasalah bisa juga menyebabkan kestabilan mobil menjadi terganggu. Setir mobil bisa saja “membuang” ke kiri atau kanan di jalanan yang lurus atau bahkan berbelok secara tiba-tiba saat melaju lurus pada kecepatan tinggi. 

Jika Sahabat Daihatsu melakukan spooring dan balancing, kondisi ini bisa kembali normal. Tidak hanya itu saja, feedback dari ban terhadap setir juga bisa lebih bagus. 

Rentang biaya yang dikeluarkan

Untuk biaya spooring dan balancing pada umumnya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan akan berbeda antara spooring serta balancing. 

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Biaya spooring pada umumnya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu sedangkan untuk biaya balancing berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu untuk setiap ban. 

Jika sudah menyiapkan biaya untuk melakukan spooring dan balancing, Sahabat Daihatsu sebaiknya jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada komponen suspensi lainnya. Ini dilakukan agar mobil bertambah nyaman selama dikendarai.
Untuk mengecek mobil kesayangan, Sahabat Daihatsu bisa menggunakan Layanan Bengkel Astra Daihatsu. Agar lebih mudah, langsung coba dan manfaatkan layanan Tanya Daisy atau menghubungi Daihatsu Access 1500-898.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment