Tips Merawat Mobil Pick Up Daihatsu Granmax Agar Bisnis Tetap Lancar

Tips Merawat Mobil Pick Up Daihatsu Granmax Agar Bisnis Tetap Lancar

Merawat mobil pick up harus dilakukan agar performa tetap maksimal, apalagi buat yang sering menggunakannya untuk kebutuhan bisnis. Salah satu pilihan mobil pick up adalah Daihatsu Granmax.

Daihatsu Granmax memang dikenal akan ketangguhannya, terutama dari segi mesin dan kaki-kakinya. Agar tetap bisa diandalkan oleh Sahabat Daihatsu, cara perawatannya pun harus dilakukan dengan benar.

Agar tidak salah langkah,

Inilah Tips dan Cara merawat Mobil pick up :

Selalu cek kondisi ban

Tips pertama dalam merawat mobil pick up adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian ban atau roda secara rutin. Pengecekan ini juga bisa dilakukan sebelum mobil Sahabat Daihatsu akan mulai digunakan.

Baca juga: Diberi Penyegaran, Ini Kelebihan Daihatsu Granmax Terbaru

Selalu perhatikan tekanan udara pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar yang memang sudah ditentukan. Biasanya rekomendasi untuk tekanan ban yang sesuai terdapat di stiker pada pilar pintu kendaraan atau di buku pedoman pemilik kendaraan.

Rawat komponen rem dan kopling

Salah satu bagian yang paling penting dalam merawat mobil pick up adalah rem dan kopling, terutama untuk menjaga keselamatan pengendara. Untuk mengeceknya, Sahabat Daihatsu bisa coba menginjak pedal untuk merasakan pengereman dan kopling.

Dengan menginjak pedal, Sahabat Daihatsu bisa merasakan sendiri apakah sistem pengereman dan kopling mobil dalam kondisi normal atau ada gangguan. Bisa juga langsung mengeceknya di Bengkel Daihatsu terdekat untuk dicek oleh para teknisi terpercaya.

Cek fungsi lampu dan wiper

Pada saat musim hujan seperti sekarang, lampu mobil dan wiper menjadi komponen yang tidak kalah penting. Untuk itu, Sahabat Daihatsu harus memastikan agar kedua komponen ini berfungsi secara normal.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Daihatsu yang Pas untuk Road Trip Liburan Akhir Tahun

Cek kondisi lampu depan atau headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper untuk keselamatan berkendara ketika cuaca sedang dalam kondisi hujan. Hal ini juga berguna untuk membantu visibilitas Sahabat Daihatsu ketika sedang berkendara.

Atur barang bawaan

Daihatsu Granmax varian pick up memang bisa sangat menguntungkan, terutama untuk kebutuhan bisnis dengan banyak bawaan. Namun, bukan berarti bisa membawa barang dengan sembarangan.

Agar mobil Sahabat Daihatsu tidak cepat rusak, cara penempatan barang harus dilakukan dengan tepat. Usahakan untuk meletakkan barang dengan bobot yang lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan dan barang dengan bobot ringan pada bagian belakang.

Baca juga: Mobil Untuk Wanita dari Daihatsu, Apa Saja yang Cocok?

Hal ini bisa membantu pembagian berat beban disebar secara merata sehingga bisa menjaga kestabilan mobil saat sedang digunakan.

Daihatsu Granmax sendiri memiliki bak berkapasitas 800 kilogram dan dimensi pick up yang memiliki panjang 2.480 milimeter dan tinggi dinding 360 milimeter.

Rawat mesin mobil pick up

Salah satu yang tidak kalah penting adalah dengan merawat mesin mobil, apalagi jika mobil sudah lama tidak digunakan. Untuk mengecek mesin, bisa dimulai dari melihat kondisi oli, air radiator, ruang mesin, dan kondisi aki yang perlu dilakukan pengecekan secara rutin.

Baca juga:  6 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Daihatsu Granmax Pick Up sendiri menggendong mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE Dual VVT-I yang ditandemkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Mesin tersebut memiliki performa yang lebih responsif dengan kemampuan tenaga hingga 97 daya kuda pada 6.000 RPM. Torsi yang dihasilkan pun mencapai 134 Nm pada putaran 4.400 RPM.

Sebelumnya, Daihatsu Granmax varian pick up ini hanya dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.300 cc. Ini artinya, mesin terbarunya sudah ditingkatkan dari versi terdahulunya, sehingga lebih tangguh untuk mendukung bisnis para Sahabat Daihatsu.

Tidak membawa cairan yang mudah terbakar

Tips lain yang perlu diperhatikan oleh Sahabat Daihatsu adalah hindari untuk membawa cairan yang mudah terbakar dan bisa menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang. Contohnya adalah bensin, solar, oli, minyak tanah, atau cairan berbahaya lainnya.

Baca juga: 7 Penanganan Mobil Terendam Banjir untuk Meminimalisir Kerusakan​​​​​​​

Penyimpanan yang tidak baik bisa menyebabkan kebocoran atau tumpah. Bahkan, beberapa cairan seperti solar atau bensin bisa menyebabkan mobil Sahabat Daihatsu terbakar dan ini tentunya bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Selain tips-tips tadi, Sahabat Daihatsu juga bisa melakukan perawatan langsung ke bengkel-bengkel resmi terdekat. Astra Daihatsu sendiri memiliki 80 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bahkan, Sahabat Daihatsu bisa memanfaatkan layanan  Booking Service dan  Daihatsu Home Service untuk mempersingkat waktu. Tertarik memiliki Daihatsu Granmax? Klik disini  untuk info lebih lanjut.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment