5 Cara Mudah Cek Mobil Setelah Mudik

5 Cara Mudah Cek Mobil Setelah Mudik

Sahabat yang melakukan perjalanan mudik perlu untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil setelah perjalanan jauh tersebut. Pemakaian yang panjang dan jarak tempuh jauh yang terus-menerus ditambah dengan kondisi jalanan yang beragam di saat mudik dapat mempengaruhi kondisi kendaraan, sehingga sangat penting untuk mengecek mobil sahabat.

​​​​​​​Jaga selalu performa Daihatsumu dengan rutin service berkala. Klik di sini untuk booking service!

Berikut adalah cara cek mobil setelah mudik dan perjalanan jauh untuk memastikan mobil tetap prima untuk dipakai sehari-hari :

  1. Cek Volume Oli Mobil.

Oli adalah bagian penting dari mobil yang berfungsi sebagai pelumas agar mengurangi gesekan ketika mesin bekerja. Oli dapat bekerja optimal ketika volume oli sesuai dengan standard yang direkomendasikan pabrikan. Sehingga menjadi penting pada saat cek mobil, sahabat perlu memastikan volume oli pada mobil dengan cara melihat dipstick oli sebagai indikator volume oli.

Selain volume, sahabat juga perlu memperhatikan umur oli mobil terutama oli mesin. Oli mesin direkomendasikan untuk diganti setiap 10.000 KM atau setiap 6 bulan sekali. Jika oli diganti melebihi rekomendasi tersebut, kerja oli tidak akan maksimal karena oli semakin cair dan kotor. Hal tersebut membuat mesin tidak terlumasi dengan baik dan berpotensi untuk rusak. Sedangkan untuk penggantian oli transmisi dapat diikuti sesuai buku service.

  1. Cek Keadaan Kaki-Kaki Mobil.

Perjalanan mudik dengan jarak tempuh jauh dan keadaan jalan yang rusak akan mempengaruhi kaki-kaki mobil. Selalu periksa tekanan dan kondisi ban sebelum dan setelah perjalanan secara rutin ketika cek mobil. Ketika ban terlihat kempis, sahabat perlu memeriksa hingga menambah tekanan ban.

Kondisi tapak ban juga tidak kalah penting, apabila sudah terkikis melebihi batas aman, hal tersebut menandakan sahabat perlu melakukan pergantian ban karena kemampuan pengendalian dan pengereman akan semakin berkurang dengan semakin tipisnya tapak ban.

Selain itu pada saat cek mobil, sahabat juga dapat melakukan pengecekan kaki-kaki ketika mobil sedang berjalan. Jika muncul bunyi-bunyi dari arah bawah mobil, ada baiknya sahabat membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh.

  1. Pastikan Sistem pendinginan Berjalan dengan Baik.

Keadaan macet dan waktu pemakaian yang cukup lama pada saat mudik akan membutuhkan proses pendinginan yang prima agar terhindar dari mesin overheat. Panas adalah musuh utama mesin mobil dan oleh karena itu sistem pendinginan di desain untuk menjaga temperatur pada mesin mobil. Cara paling mudah untuk memeriksa sistem pendinginan ketika cek mobil adalah melalui indikator temperatur di instrument cluster mobil. Jika indikator berada ditengah antara huruh “H” dan “C” atau jika tidak muncul indikator overheat maka suhu dapat dikatakan normal.

Selain itu sahabat juga perlu memastikan cairan pada reservoir radiator berada di dalam indikator yang dianjurkan. Jika sudah berkurang, maka sahabat perlu melakukan pengisian dengan menggunakan cairan yang disarankan dari pabrikan.

  1. Inspeksi Body mobil

Setelah melakukan perjalanan jauh, terdapat kemungkinan cat mobil tergores secara tidak sengaja tanpa diketahui. Hal ini bisa disebabkan oleh karena banyak hal seperti stone chip di jalan yang menggores body mobil, mobil lain yang tidak sengaja menggesek saat parkir maupun hal lainnya. Ada baiknya sahabat memastikan keadaan body saat cek mobil, dengan memperhatikan detail keadaan cat seluruh bagian kendaraan.

  1. Membersihkan Interior Mobil

​​​​​​​Interior mobil menjadi tempat interaksi paling banyak antara pengendara dengan mobilnya. Oleh karena itu, kebersihan interior menjadi hal penting agar pengendara selalu nyaman ketika berkendara. Lakukan pembersihan rutin untuk interior secara berkala mulai dari dashboard, steer, karpet dan jok mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran dari interior. Gunakan cairan pembersih khusus interior agar bahan-bahan interior tetap tahan lama dan tidak rusak ketika dibersihkan.

Demikian panduan lengkap cara mengecek mobil setelah mudik, mudah bukan? Sahabat Daihatsu yang membutuhkan informasi dan ingin melakukan konsultasi terkait perawatan mobil dapat menghubungi bengkel terdekat melalui Daihatsu Access 1500-898 atau mengunjungi website resmi kami di Astra-Daihatsu.id. Yuk segera konsultasikan mobil sahabat di bengkel Astra Daihatsu terdekat, semua personil dari bengkel siap membantu sahabat.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment