Apa Itu Mekanik? Berikut Tugas dan Keahliannya

Apa Itu Mekanik? Berikut Tugas dan Keahliannya

Biasanya di dalam sebuah bengkel, peran mekanik dan montir adalah sama-sama untuk memperbaiki kendaraan. Akan tetapi ada perbedaan keahlian yang dimiliki seorang mekanik.

Sahabat Daihatsu, tahukah peran dan tugas utama seorang mekanik? Fungsi tugasnya ternyata berbeda dengan montir. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) seorang mekanik adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam hal mesin. Selain itu, keahlian apa saja yang harus dikuasai oleh seorang mekanik?

Tugas dan Pengertian Mekanik Adalah

Pertama-tama, Sahabat Daihatsu harus mengetahui apa tugas seorang mekanik. Profesi mekanik membuatnya sebagai penanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan mobil

Baca juga: Perbaiki Daihatsu Kesayangan dengan Layanan Body and Paint

Mekanik adalah orang yang bertugas dalam melakukan pengecekan seluruh komponen kendaraan sebelum terjadi kerusakan. Bila disimpulkan, mekanik merupakan seorang ahli mesin yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan mobil di sebuah bengkel.  

Keahlian Khusus Mekanik

Karena fungsi kerjanya adalah meliputi periksa mesin kendaraan, maka tentu saja mekanik harus memiliki keahlian dan pemahaman tentang segala jenis mesin mobil dan karakteristiknya.

Selain bertugas pada perawatan mesin, mekanik juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan saat menggunakan dan mengoperasikan misalnya lift hidrolik, alat kelistrikan atau peralatan las.

Baca juga: Jangan Telat! Ini Waktu yang Tepat Mengecek dan Ganti Oli Gardan

Mekanik juga harus cakap berkomunikasi dengan pelanggan, menangani keluhan, harus dapat membuat jadwal servis, membuat perhitungan skala biaya perawatan kendaraan dan mendiagnosis kerusakan mesin.  

Untuk mendapatkan berbagai keahlian tersebut maka seorang mekanik harus menempuh pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang mesin. Selama bersekolah juga harus diikuti dengan magang atau mengikuti bekerja praktik pada sebuah bengkel.

Selain pendidikan tersebut, seorang mekanik juga harus dapat menambah jam terbang dan keahlian dengan mengikuti program sertifikasi dan pelatihan. 

Baca juga: Fungsi Kondensor Mobil dan Cara Merawatnya Agar Awet

Semuanya ini tentu adalah untuk mendukung kinerjanya sebagai seorang mekanik yang tidak hanya paham teori tetapi juga matang dalam pengalaman.

apa itu mekanik dan pengertiannya adalah

Mekanik Daihatsu Berpengalaman

Sahabat Daihatsu, jangan ragu untuk melakukan servis mobil pada bengkel resmi ya. Karena selain mendapatkan jaminan kualitas dan keaslian suku cadang mobil, juga akan dilayani oleh mekanik dan montir berpengalaman.

Tidak hanya itu, para mekanik di bengkel resmi Daihatsu juga selalu mengikuti training atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan mengetahui perkembangan terkini seputar mesin dan kendaraan.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dicek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Misalnya adalah para mekanik diajari bagaimana cara merawat mesin turbo mobil Daihatsu, merawat transmisi otomatis, hingga diajari cara melakukan engine detailing dan cara melakukan interior cleaning serta salon kaca

Tidak ketinggalan adalah memberikan jaminan pekerjaan terbaik untuk meminimalkan risiko komplain dan memberi kepuasan serta pelayanan terbaik bagi Sahabat Daihatsu sekalian. 

Jangan lupa, lakukan pemesanan dan penjadwalan servis pada bengkel resmi dengan menggunakan aplikasi DaihatsuKu. Semua bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa repot mengantri.

Kondisi kendaraan yang terawat akan membuat nyaman dan aman saat dikendarai. Ayo, segera daftarkan servis mobil Sahabat Daihatsu sekarang juga.​​​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment