Apa Saja yang Jadi Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba?

Apa Saja yang Jadi Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba?

Apa Saja yang Jadi Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba
Apa Saja yang Jadi Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba

Penyebab mobil mogok secara tiba-tiba memang bisa karena berbagai faktor. Ketika ini terjadi, biasanya tidak jarang Sahabat Daihatsu merasa panik padahal sebenarnya usahakan untuk tetap tenang.

Salah satu anggapan yang sering dipercaya mengenai mobil yang mogok adalah karena aki yang mengalami masalah. Hal itu memang bisa saja terjadi tetapi mungkin saja penyebabnya bukan karena masalah aki tersebut.

Penyebab Mobil Mogok dan Solusinya

Dinamo starter

Penyebab mobil mogok yang pertama adalah karena dinamo starter yang mengalami kerusakan. Komponen mobil yang satu ini secara umum memang jarang bermasalah, kecuali karena usia mobil yang sudah lama atau karena pemakaian yang sembarangan.

Untuk mengatasi dinamo yang rusak ini bisa langsung melakukan perbaikan ke bengkel. Namun kondisi ini Sahabat Daihatsu cegah jika rutin melakukan perawatan mobil, termasuk merawat akinya sehingga risiko kerusakan bisa berkurang.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, meskipun usia mobil sudah lama berbagai komponen di dalamnya akan tetap awet dan tentunya mobil mogok bisa dihindari.

Masalah pada alternator

Faktor lain yang menjadi penyebab mobil mogok adalah alternator yang bermasalah. Sebagai informasi, alternator mobil sangat penting karena berfungsi untuk menyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki.

Baca juga: Sahabat Daihatsu Harus Tahu, Ini Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Aki juga bisa dianggap sebagai otak dari sebuah mobil. Jadi ketika aki rusak dan bermasalah pastinya akan berpengaruh pada mobil dan pada akhirnya mobil pun tidak bisa dijalankan.

Ketika alternator mengalami masalah atau rusak, tentunya aki tidak akan berfungsi yang pada akhirnya mesin mobil pun tidak bisa dinyalakan. Untuk itu, pastikan Sahabat Daihatsu mengecek mobil secara keseluruhan jika mobil tidak bisa dinyalakan.

Jika aki mobil yang mengalami masalah, bisa langsung mengeceknya ke bengkel dan jika memang dibutuhkan bisa langsung menggantinya dengan yang baru. 

Mesin overheat

Mesin overheat juga bisa jadi penyebab mobil mogok, terutama buat Sahabat Daihatsu yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk sering-sering mengecek kondisi air radiator mobil.

Air radiator mobil yang kurang atau bahkan habis sama sekali bisa membuat mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Dengan begitu, proses pendinginan pun akan terganggu dan bisa menyebabkan efek pada komponen lainnya.

Kerusakan fatal akibat overheat bisa menyebabkan turun mesin dengan biaya yang besar. Selain rutin memantau air radiator saat perjalanan, terutama perjalanan jauh pantau juga indikator temperatur mesin ya.

Komponen pengapian mobil

Jika mobil mogok bukan karena mesin overheat penyebab lainnya adalah komponen pengapian yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, bisa dengan mencabut salah satu kabel busi dan menempelkan body busi ke mesin mobil lalu coba nyalakan mesin.

Komponen pengapian mobil yang berfungsi dengan baik biasanya akan menimbulkan percikan api jika hal tersebut dilakukan. Namun jika tidak muncul percikan api, bisa dengan membersihkan busi menggunakan sikat atau amplas dan mencobanya lagi.

Sumbatan pada filter bahan bakar

Filter bahan bakar yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab mobil mogok lainnya. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat proses menambahkan bensin dimana tangki gas bisa terkontaminasi yang akhirnya menyebabkan sumbatan.

Sumbatan ini pada akhirnya membuat aliran bensin menjadi tersendat masuk ke dalam tangki. Tentunya gas yang keluar akan berkurang dan jika dibiarkan terus-menerus mesin mobil tidak akan optimal dan pada akhirnya mogok.

Catalytic converter rusak

Catalytic converter merupakan alat untuk mengatur kadar emisi buang pada mobil. Komponen ini memiliki peran yang cukup penting yaitu untuk mengurangi kadar racun yang dihasilkan oleh gas polutan.

Mengingat fungsinya yang berkaitan dengan sistem pembuangan gas polutan, ketika komponen ini mengalami kerusakan tentunya akan menyebabkan mesin mobil tidak bisa hidup ketika dinyalakan.

Baut mesin kendur

Penyebab mobil mogok lainnya adalah kendurnya baut mesin. Agar mobil bisa berjalan dengan baik, baut pada mesin harus terpasang dengan baik. Tidak terlalu kencang tetapi juga tidak terlalu longgar, karena jika pemasangannya tidak benar maka mesin akan mudah mengalami kebocoran.

Hal yang terburuk bisa terjadi adalah kebocoran kompresi, yang pada akhirnya akan menyebabkan mesin mobil mati.

Oli gearbox habis

Buat Sahabat Daihatsu yang memiliki mobil dengan transmisi otomatis, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah gearbox. Komponen ini berfungsi untuk memudahkan pengendara saat melakukan manuver dan perpindahan gigi.

Mengingat perannya yang penting tersebut, pastikan gearbox dalam keadaan yang baik karena ketika komponen ini mengalami masalah bisa membuat mobil matic menjadi mogok dan tidak bisa dinyalakan.

Nah, agar berbagai penyebab mobil mogok ini tidak terjadi maka sebaiknya Sahabat Daihatsu melakukan perawatan mobil secara rutin ya. Agar lebih mudah, bisa langsung mengunjungi Daihatsu Home Service.

Untuk memesan memesan layanan Daihatsu Home Service sangat mudah, setelah masuk ke halaman home service, Sahabat Daihatsu cukup mengisi beberapa informasi yang diperlukan seperti lokasi, jenis mobil, jenis servis, pilihan waktu, dan data diri.

Yuk, langsung coba dan manfaatkan layanan Tanya Daisy untuk semua pertanyaan dan informasi yang Sahabat Daihatsu butuhkan.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment