Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga?

Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga?

Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga
Bagaimana Merawat Transmisi D-CVT Agar Performanya Terjaga

Transmisi D-CVT perlu dilakukan perawatan agar performanya bisa awet dan tahan lama. D-CVT merupakan singkatan dari Dual Mode Continuously Variable Transmission sebagai teknologi transmisi otomatis terbaru yang dikembangkan oleh Daihatsu.

Kelebihan transmisi D-CVT ini lebih halus saat melakukan perpindahan gigi dan membuat mesin lebih efisien dan hemat BBM. Bahkan lebih fleksibel, bisa digunakan pada mesin naturally aspirated (NA) dan dengan teknologi turbo.

Memang, apa saja perbedaan transmisi D-CVT dengan transmisi otomatis konvensional?

Perbedaan transmisi D-CVT

Secara umum, transmisi D-CVT tidak memiliki perbedaan dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada umumnya karena sama-sama menggunakan sepasang puli (puli primer dan puli sekunder).

Kedua puli tersebut lalu dihubungkan dengan sebuah sabuk (belt) baja sebagai penggeraknya.

Baca juga: Penting! Begini Cara Merawat Daihatsu All New Xenia

Perbedaannya terletak pada sistem split gear yang disematkan. Saat mobil melaju di kecepatan yang tinggi, sistem tersebut akan membagi tenaga dari belt ke split gear. Hal ini akan membuat tenaga mobil lebih optimal dan akselerasi terasa halus.

Tidak hanya itu saja, perbedaan lainnya terletak pada tuas persneling. Pada transmisi D-CVT terdapat posisi S (Sport) yang berfungsi untuk menghasilkan akselerasi mobil yang lebih tinggi.

Selain itu juga ada posisi M (Manual) yang bisa membuat pengendara mobil dapat merasakan sensasi perpindahan gigi secara manual. Sedangkan pada Daihatsu New Sirion, disematkan juga posisi B (Brake) sebagai engine brake yang berguna untuk melewati turunan tajam.

Cara merawat transmisi D-CVT

Untuk melakukan perawatan transmisi D-CVT pada mobil-mobil dari Daihatsu tidak mahal dan ternyata sangat mudah dilakukan. Terdapat 2 hal yang perlu dilakukan secara rutin agar transmisi ini tetap awet dan tahan lama, diantaranya adalah:

Baca juga: Diberi Penyegaran, Ini Kelebihan Daihatsu Granmax Terbaru

  • Lakukan penggantian oli mesin secara rutin, biasanya penggantian dilakukan setiap 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan.
  • Lakukan penggantian oli CVT secara rutin. Untuk penggantian oli, sebaiknya dilakukan pada 80.000 kilometer atau pada 48 bulan.

Nah, jika kedua hal ini rutin dilakukan oleh Sahabat Daihatsu maka performa transmisi D-CVT akan selalu terjaga dan optimal.

Lalu, apa saja mobil-mobil dari Daihatsu yang memiliki transmisi D-CVT?

Daihatsu New Sirion

Salah satu mobil dengan transmisi D-CVT adalah Daihatsu New Sirion dengan mengusung mesin berkode 1NR-VE.

Baca juga: Keunggulan Daihatsu Rocky dan Cara Merawatnya

Mobil ini memiliki kapasitas mesin 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual-VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 95 daya kuda pada 6.000 RPM, serta mencapai torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 RPM.

Tidak hanya itu saja, mobil yang identik dengan anak muda ini juga dilengkapi dengan Idle Stop System. Fitur ini berfungsi untuk mematikan mesin mobil secara otomatis ketika mobil berhenti dalam waktu tertentu.

Untuk harga Daihatsu New Sirion, Sahabat Daihatsu bisa membelinya dengan harga OTR mulai dari Rp 227.600.000.

Daihatsu All New Xenia

Daihatsu All New Xenia juga mendapatkan transmisi D-CVT dengan kode mesin  2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc. Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 106 daya kuda pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 14,1 Kgm pada 4.200 RPM.

Daya tampung mobil ini juga cukup banyak, yaitu bisa menampung hingga 7 penumpang. Pada bagian jok dilengkapi dengan ISOFIX dan Long Sofa Mode sehingga nyaman untuk dijadikan mobil keluarga.

Sistem keselamatan dan keamanan pada mobil ini juga sudah tidak perlu diragukan karena sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Immobilizer, dan Antilock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Daihatsu All New Xenia semakin lengkap dengan hadirnya Daihatsu ASA (Advances Safety Assist) yaitu fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya yang mampu mendeteksi objek menggunakan sensor pada stereo camera di kaca depan sambil memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Harga yang ditawarkan jika Sahabat Daihatsu ingin memiliki unit mobil ini mulai dari harga Rp 218.700.00 untuk versi OTR.

Daihatsu Rocky

Mobil terakhir dari Daihatsu yang juga sudah menggunakan transmisi D-CVT adalah Daihatsu Rocky dengan sokongan mesin mesin 998 cc berkode 1KR-VET dengan turbo.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 97,9 daya kuda di 6.000 RPM, dengan torsi maksimum 15,2 Kgm pada 2.400 sampai 4.000 RPM.

Selain air bag, mobil ini juga sudah cukup lengkap untuk fitur keselamatannya karena sudah terdapat Daihatsu ASA (Advance Smart Assist), ABS+EBD, SRS Airbag, VSC, hingga HSA.

Mobil ini dibanderol dengan harga OTR mulai dari Rp 207.000.000. Karena berjenis SUV, Daihatsu Rocky cocok banget buat yang doyan berpetualang! Mau?

Jangan lupa untuk service berkala mobil Daihatsu Anda di bengkel resmi Daihatsu sekitarmu di sini

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment