Begini Cara Parkir Paralel Bagi Pemula

Begini Cara Parkir Paralel Bagi Pemula

Terdapat beberapa langkah cara parkir paralel yang harus dimengerti oleh Sahabat Daihatsu. Hal tersebut cukup sulit khususnya bagi anda yang masih pemula, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. 

Teknik ini wajib dikuasai karena seringkali kita menghadapi situasi yang mengharuskan kita melakukan parkir paralel. Ayo kita simak langkah langkahnya.

Daihatsu Sirion Cocok Untuk Anak Muda

Cara Parkir Paralel Yang Benar

Bagi anda Sahabat Daihatsu yang belum terbiasa melakukan parkir paralel. Berikut adalah tipsnya agar aman. Namun, dengan membaca artikel ini saja tidak cukup, anda harus banyak berlatih agar semakin mahir

Cari Tempat yang Sesuai

Cari tempat untuk parkir yang sekiranya cukup untuk kendaraan anda. Setelah Anda bisa memarkir paralel dengan lebih baik, Anda akan mampu memarkir di tempat yang lebih sempit.i Anda sebaiknya mulai belajar di tempat dengan ruang yang luas karena akan terlalu beresiko apabila langsung memarkirkan mobil di ruang sempit.

Pilih Tempat Parkir yang Legal

Perhatikan rambu-rambu di sekitar area parkir dan pastikan tidak ada larangan parkir di area tersebut. Selain itu ada 2 tips lain yaitu :

  • Pastikan tidak ada yang menempel pada kedua ujung masing-masing kendaraan yang akan diparkir, misalnya penghalang trailer. Jika ada, pastikan ada cukup ruang untuk parkir sesuai lokasi tersebut.
  • Perhatikan tinggi trotoar di samping lokasi parkir tersebut. Jika sangat tinggi, hati-hati jangan sampai menabraknya.

Nyalakan lampu Sein Atau Hazard Untuk Mundur. 

Perhatikan spion dan pastikan tidak ada kendaraan lain dibelakang anda. Rem pelan-pelan atau lepaskan kopling pelan. Nyalakan lampu sein lalu berhentilah di samping mobil yang parkir di depan lokasi parkir yang Anda tuju. Ambil jarak aman sekitar 1 meter antara mobil Anda dan mobil yang sedang parkir tersebut.

Manuver menuju Lokasi Parkir

Langkah dan cara parkir paralel selanjutnya adalah mulai Mundur. Mundurkan mobil Anda. Pastikan jalan di belakang Anda sudah aman. Menolehlah dan lihat ke arah lokasi parkir. Setelah bagian belakang jok Anda sejajar dengan bagian belakang mobil di sebelah Anda, putar setir dengan cepat dan arahkan mobil Anda sehingga posisinya 45 derajat saat masuk ke lokasi parkir.​​​​​​​

Mundur Lurus Perlahan 

Mundurlah terus ke sudut sampai roda belakang yang paling dekat dengan trotoar jaraknya sekitar 30 cm dari trotoar.

Luruskan mobil saat Anda sudah masuk dalam lokasi parkir

Putar setir kembali ke arah jalan setelah bagian belakang mobil Anda sebagian besar sudah masuk ke lokasi parkir, dan sambil mundur pelan-pelan

Sesuaikan Posisi Mobil 

Jika lokasi lebih sempit, mengatur posisi mobil akan lebih menantang, dan bagian ujung depan mobil Anda mungkin lebih jauh daripada trotoar daripada yang Anda perkirakan.

Baca Juga : Cara Merawat Radiator Mobil

Buka Pintu Pelan-Pelan

Hati Hati sebelum membuka pintu dan pastikan tidak menabrak trotoar. Selain itu, Anda selalu mengecek kalau ada pengendara sepeda yang akan lewat, dan lokasi parkir paralel terutama risikonya adalah pengendara sepeda karena Anda bisa saja membuka pintu mobil di jalur sepeda (sumber : wikihow.com )

Kurang lebih seperti itu langkah langka parkir paralel yang benar bagi pemula. Pada intinya, sahabat Daihatsu haru sering berlatih. Tidak hanya itu, anda wajib melakukan pengecekan mobil Daihatsu agar tetap dalam performa yang baik.
Kunjungi website resmi Astra Daihatsu untuk mendapatkan juga informasi mobil baru dan service Daihatsu resmi

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment