Fungsi Crossover Pada Audio Mobil, Beserta Jenisnya

Fungsi Crossover Pada Audio Mobil, Beserta Jenisnya

Fungsi crossover pada mobil adalah untuk memastikan audio mobil dapat berfungsi secara normal, kencang, dan jernih. Dengan audio yang baik, berkendara akan terasa menyenangkan, apalagi jika Sahabat Daihatsu adalah seorang pengendara yang suka mendengarkan musik atau radio.

Secara garis besar, terdapat dua jenis crossover audio mobil dan definisinya secara rinci.

BELI MOBIL SIRION DI WEBSITE RESMI ASTRA DAIHATSU

Fungsi Crossover Audio Mobil

Sistem audio mobil pasti akan membutuhkan crossover untuk menghasilkan suara yang jernih, frekuensi yang pas, dan nyaman didengar. Terdapat 3 sistem dalam crossover, yaitu tweeter, driver midrange, dan subwoofer. Sistem pertama adalah subwoofer, merupakan komponen perangkat audio mobil yang berfungsi sebagai penghasil suara dengan frekuensi audio yang rendah. Pada umumnya frekuensi ini rentang suara yang dihasilkan di frekuensi ini berkisar antara 10 Hz – 200 Hz. 

Untuk sistem menengah atau drive midrange berfungsi untuk menghasilkan suara dalam rentang frekuensi dari 250 Hz – 2.000 Hz. Dan yang terakhir adalah Tweeter, jenis speaker yang dapat menghasilkan frekuensi paling tinggi rata rata frekuensi yang dihasilkan berkisar antara 5.000 Hz – 20.000 Hz.

Crossover Adalah

Crossover adalah salah satu komponen di dalam mobil yang berfungsi untuk mengatur kualitas suara dari audio mobil. Komponen ini akan berfungsi untuk mengatur pembagian frekuensi ke beberapa speaker di dalam mobil. 

Mendengarkan radio, musik, atau bahkan menelpon akan lebih nyaman dan suara tidak terdengar sumbang.

Baca Juga : Fungsi Shockbreaker Mobil

Jenis Crossover Audio

Terdapat 2 jenis crossover, yaitu crossover aktif dan pasif. Tiap-tiap jenis memiliki cara kerja, keunggulan, dan kelemahan masing masing. Selain itu, sistem pengaturan frekuensi juga berbeda. Berikut penjelasannya.

 

Fungsi crossover audio mobil

(Gambar : Audio mobil. Sumber : Freepik.com)

Crossover Aktif

Fungsi crossover aktif adalah membagi frekuensi setelah sinyal suara audio diperkuat oleh amplifier. Jenis ini akan memudahkan Sahabat Daihatsu untuk mengatur frekuensi suara untuk tiap tiap speaker yang ada di mobil.

Keunggulan lain dari jenis ini adalah lebih mudah mendapatkan level suara, lebih mudah dimodifikasi, dan daya yang besar karena power amplifier berdiri sendiri untuk tiap-tiap level suara. Sedangkan kelemahannya adalah harganya lebih mahal dan lebih rumit karena tiap speaker memiliki amplifier sendiri.

Crossover Pasif

Berbeda dengan crossover aktif, versi yang pasif ini akan membagi frekuensi setelah sinyal suara audio diperkuat oleh power amplifier. Jenis ini memiliki keunggulan yaitu  bisa lebih leluasa mengatur frekuensi suara. Selain itu, keunggulan lainnya adalah harganya relatif lebih murah.

Kelemahan crossover pasif adalah seringkali muncul distorsi suara karena tidak tuntasnya pembagian level suara. 

Crossover adalah komponen yang cukup penting di dalam mobil, maka dari itu, Sahabat Daihatsu dianjurkan untuk rutin mengecek kondisi kendaraan di bengkel daihatsu terdekat.

Dapatkan juga informasi seputar mobil Daihatsu langsung dari Astra Daihatsu.
​​​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment