Ground Clearance Mobil Tinggi, Apa Sih Kelebihannya Saat Digunakan

Ground Clearance Mobil Tinggi, Apa Sih Kelebihannya Saat Digunakan

Mempertimbangkan tinggi ground clearance mobil sebelum membelinya merupakan langkah yang tepat. Apalagi jika mobil akan digunakan di berbagai medan, mulai dari yang ringan hingga yang ekstrem seperti pegunungan atau area bebatuan.

Ground clearance sendiri adalah jarak terendah komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah. Komponen mobil yang dimaksud adalah selain ban yang merupakan satu-satunya komponen yang menyentuh permukaan jalan.

Komponen yang dimaksud bukanlah body mobil atau footstep, melainkan sistem knalpot atau exhaust system. Lebih jelasnya, komponen itu adalah center muffler. Dari komponen tersebutlah ground clearance mobil dihitung.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Daihatsu yang Pas untuk Road Trip Liburan Akhir Tahun

Idealnya, sebuah mobil dapat dikatakan memiliki ground clearance yang tinggi apabila memiliki tinggi lebih dari 200 milimeter. Biasanya, mobil berjenis Sport Utility Vehicle atau SUV yang memiliki kriteria tersebut.

Memangnya, apa sih kelebihan mobil dengan ground clearance yang tinggi?

  1. 1.    Mencegah air masuk ke dalam mesin

Tanpa ground clearance yang tinggi, kolong mobil yang rendah dapat membuat air mudah masuk melalui knalpot. Apalagi jika mobil sering melintasi area banjir atau kerap menerjang arus air yang tinggi.

Sedangkan, ground clearance mobil yang tinggi dapat mencegah masuknya air ke dalam mesin, sehingga potensi kerusakan parah yang diakibatkan oleh air seperti water hammer bisa dihindari.

Baca juga: Mobil Jarang Servis Berkala, Apa Bahayanya?

Kerusakan tersebut juga membuat Sahabat Daihatsu jadi harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Pasalnya, air yang masuk ke dalam mesin membuat beberapa komponen harus diganti, seperti stang piston.

  1. 2.    Nyaman di berbagai medan

Tinggi kolong mobil yang sesuai standar adalah sekitar 1 hingga 2 meter, sedangkan mobil yang dimodifikasi biasanya hanya sekitar 10 sampai 15 centimeter.

Jarak yang rendah tersebut membuat mobil menjadi tidak fleksibel ketika melintasi medan yang tidak rata. Tidak jarang juga mobil jadi terantuk saat melewati polisi tidur.

Baca juga: 5 Alasan Daihatsu Sigra Cocok untuk Keluarga Muda

Jika dibiarkan, kenyamanan berkendara akan terganggu akibat beberapa komponen yang rusak, khususnya bodi bagian bawah. Hal ini bisa dihindari apabila mobil Sahabat Daihatsu memiliki ground clearance yang tinggi.

Dengan tingginya jarak antara ground clearance dengan permukaan tanah, maka mobil akan mampu bergerak dengan lebih fleksibel, termasuk saat melewati medan yang kurang rata. Kerusakan komponen pun juga dapat dicegah.

  1. 3.    Mempengaruhi kinerja suspensi mobil

Sistem suspensi pada kendaraan memiliki beberapa tujuan seperti menopang beban kendaraan dan menjaga kendaraan dari road shock.

Baca juga: Mobil Untuk Wanita dari Daihatsu, Apa Saja yang Cocok?

Sistem suspensi ini dipengaruhi oleh ketinggian ground clearance. Semakin rendah ground clearance, maka kinerja sistem suspensi juga akan kurang baik.

Terdapat tiga faktor dasar yang harus dimiliki oleh sistem suspensi. Pertama adalah menciptakan gerakan melambung yakni gerakan vertikal pada kendaraan secara utuh.

Kedua adalah menciptakan gerakan setengah lingkaran agar kursi roda dari depan ke belakang berjalan baik.

Baca juga: Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Ketiga, menciptakan gerakan menggulung, yaitu gerakan di sekitaran axle yang membujur yang dihasilkan oleh gaya sentrifugal pada saat membelok agar memiliki bantingan yang ringan.

Ketiga hal tersebut bisa didapatkan jika ukuran dari ketinggian ground clearance telah diperhitungkan dengan baik. Jika tidak, sistem suspensi tidak berjalan dengan benar dan Sahabat Daihatsu akan merasakan bantingan yang berat pada saat berbelok.

Pilihan mobil Daihatsu dengan ground clearance tinggi
Jika kamu tertarik untuk memiliki mobil dengan ground clearance yang tinggi,  Daihatsu Terios atau  Daihatsu Rocky bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua mobil ini masing-masing memiliki ground clearance setinggi 220 milimeter dan 200 milimeter.

Baca juga: Rekomendasi Daihatsu Varian ADS, Lebih Sporty dan Gaya!

Untuk informasi lebih lanjut soal spesifikasi dan harga serta berbagai layanan Daihatsu, klik di sini sekarang juga!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment