Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil dan Cara Kerjanya

Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil dan Cara Kerjanya

​​​​​​​Rocker Arm memiliki fungsi yang sangat penting dalam mesin mobil, tanpa adanya Rocker Arm, tentunya mobil tidak akan bisa digunakan.

Namun, tidak semua mobil memiliki komponen ini, rocker arm hanya ada di mesin OHV (Overhead Valve) dan OHC (Overhead Chamshaft).

Di Indonesia, rocker arm biasa disebut dengan pelatuk katup atau templar dan posisinya berada di penggalan kepala silinder dan terpasang pada komponen shaft.

Cek Interior Daihatsu Luxio di Website Resmi Astra Daihatsu

4 Fungsi Rocker Arm

Rocker arm adalah salah satu komponen dalam mesin mobil yang juga merupakan bagian dari sistem valve train pada kepala silinder.

Setiap mobil memiliki bentuk rocker arm yang berbeda beda karena model sistem valve train setiap mobil juga pasti berbeda. Mari kita sima beberapa fungsinya dibawah ini

Baca Juga : Fungsi Alternator Mobil

Membuka dan Menutup Katup Buang

Mobil dengan mesin OHC dan OHV akan memiliki komponen exhaust valve. Exhaust valve berfungsi untuk membuang sisa-sisa gas pembakaran ke saluran pembuangan. 

Jadi pelatuk katup akan membantu membuka exhaust valve guna mengeluarkan hasil pembakaran dari mesin mobil. Setelah katup pembuangan terbuka, maka hasil pembakaran akan menuju komponen lain yang disebut dengan exhaust manifold.

fungsi rocker arm adalah

(Gambar : Bentuk Rocker Arm)

Buka Tutup Katup Hisap

Fungsi selanjutnya dari rocker arm adalah membuka dan menutup katup hisap pada mobil atau biasa disebut dengan intake valve. Pembukaan dan penutupan dari katup hisap dibantu oleh camlobe atau biasa disebut dengan (nok) yang ada di camshaft. Camblobe akan mendorong rocker arm sehingga terjadi proses penekanan, kemudian katup terbuka secara otomatis.

Tujuan dari buka tutup katup hisap adalah untuk mencampurkan material bahan bakar dan udara sehingga bisa dengan mudah masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Menghubungkan Chamshaft dan Katup

Selain sebagai pembuka katup buang maupun intake valve, rocker arm juga menghubungkan antara camshaft dan katup. Sistem kerjanya adalah dengan menggunakan gaya gesek dari camshaft dan katup agar sirkulasi udara lebih stabil, hal tersebut membuat mesin mobil menjadi ringan.

Baca Juga : Harga Daihatsu Rocky Terbaru

Melancarkan Pembakaran & Pembuangan

Fungsi selanjutnya dari Rocker Arm adalah untuk memperlancar proses pembakaran dan pembuangan pada mesin. Proses sirkulasi yang terjadi di katup buang dan hisap akan mempermudah pembuangan hasil pembakaran.

Dengan begitu tidak akan ada endapan ataupun kotoran dalam mesin, sehingga mobil tidak akan mudah mogok.

Komponen Dalam Rocker Arm

Ada beberapa komponen dalam rocker arm yang memiliki fungsi berbeda beda. Ayo kita bahas satu persatu.

Katup

Fungsi dari valve cukup penting dalam pintu masuk dan keluarnya udara dalam proses pembakaran. Dari katup bisa diatur gas sisa pembuangan atau bahan bakar yang perlu dikeluarkan.

katup yang berfungsi untuk keluar masuk bahan bakar disebut dengan katup hisap. Untuk katup yang berguna sebagai keluar masuk gas buang disebut sebagai katup buang.

Camshaft

Camshaft adalah komponen dengan fungsi sebagai penutup dan pembuka katup dengan waktu. Cara kerja camshaft terbagi atas dua jenis yakni saat posisi camshaft menekan. Ketika penekanan dilakukan maka bagian poros nok akan bersinggungan dengan rocker arm.

Push Rod

Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan gerakan dari valve lifter ke rocker arm agar menimbulkan gerakan naik turun. Pemakaian push rod juga berguna untuk mekanisme katup jenis overhead valve.

Itulah ada fungsi dari Rocker Arm secara lengkap, apabila Sahabat Daihatsu sudah paham, jangan lupa untuk rutin service mobil di bengkel resmi Daihatsu

Cek juga harga mobil daihatsu seperti Xenia, Sirion, Luxio, Granmax, dan Ayla di website resmi Astra Daihatsu.
​​​​​

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment