Pemeriksaan Terakhir Menjelang Berangkat Berlibur

Pemeriksaan Terakhir Menjelang Berangkat Berlibur

Halo Sahabat Daihatsu, sudahkah kamu menemukan lokasi atau tujuan liburanmu bersama keluarga? Kalau sudah dan kamu berencana untuk menggunakan mobil pribadi untuk berlibur, maka tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi mobilmu terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan liburanmu lebih aman dan nyaman tanpa ada kendala apapun.

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur yang dapat kamu lakukan sendiri:

Service tanpa perlu datang ke bengkel dengan layanan Home Service di web Astra Daihatsu. Booking home service sekarang juga!

Periksa Ruang Mesin

Hidupkan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar normal atau tidak. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, cairan radiator, aki, oli mesin serta air wiper telah terisi sesuai dengan takarannya. Jika kamu masih awam untuk mengeceknya sendiri, kamu bisa datang ke bengkel resmi Astra Daihatsu.

Periksa Lampu-Lampu

Hidupkan lampu mobilmu dan perhatikan kondisinya. Periksa semua kondisi lampu senja, lampu utama, lampu jauh, lampu belakang, lampu rem, lampu sein, lampu mundur dan lampu kabut (fog lamp). Pastikan semuanya bekerja dengan baik.

Pastikan Wiper

Pastikan wiper mobilmu masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat. Gantilah dengan yang baru apabila sudah getas apalagi sobek.

Pastikan Ban Dalam Kondisi Layak

Kamu harus melihat bagian tapak dan kembangan ban apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah tidak layak pakai agar perjalananmu nyaman, dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Pastikan pula tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan di Buku Manual Kepemilikan Kendaraan.

Perkakas Pendukung

Jangan lupa membawa perkakas pendukung seperti dongkrak (kalau perlu bawalah 2 set dongkrak), ban cadangan, kunci palang, kotak P3K, kabel jumper aki serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut akan sangat dibutuhkan saat mobilmu mengalami kondisi darurat saat dalam perjalanan.

Pastikan AC Mobilmu Berfungsi Dengan Baik

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi AC. AC justru lebih dibutuhkan pada saat hujan agar kaca mobilmu tidak berembun. Periksa juga semua panel pada dashboard serta tombol-tombol pada kabin apakah semua berfungsi dengan normal.

Demikian Sahabat, beberapa tips dan langkah sederhana pemeriksaan terakhir menjelang berangkat berlibur. Kalau masih ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Service Advisor dari bengkel resmi Astra Daihatsu.

Selamat berlibur ya Sahabat!

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment