Pengertian Penggerak AWD, 2 WD, 4 WD, RWD, dan FWD

Pengertian Penggerak AWD, 2 WD, 4 WD, RWD, dan FWD

Sistem penggerak roda AWD adalah salah satu yang paling sering digunakan. Namun ada beberapa jenis lain seperti penggerak mobil front wheel drive (FWD) atau penggerak depan, rear wheel drive (RWD) atau penggerak belakang, serta all wheel drive (AWD), dan two wheel drive (2WD). Mari kita ulas apa saja perbedaannya dan fungsinya masing-masing.

Sistem Penggerak Pada Mobil

Sistem penggerak mobil adalah komponen yang menyalurkan tenaga dari mesin mobil ke roda. Jika mobil menggunakan penggerak roda depan, maka berarti tenaga akan disalurkan melalui roda depan. Berikut perbedaannya masing masing.

AWD (All Wheel Drive)

AWD adalah sistem di mana keempat rodanya memiliki penggerak atau mendapatkan traksi secara independen dan bisa menempuh berbagai medan.  Dengan penggerak AWD, mobil secara otomatis mesin akan menggerakkan keempat rodanya saat sedang berjalan. Pengemudi tidak memiliki opsi untuk memilih menggunakan hanya penggerak depan atau belakang saja.

Kelebihan dari jenis roda penggerak ini adalah memiliki traksi ban yang sangat baik dan sangat cocok untuk melibas medan yang berat.

Baca Juga : Beda Mobil SUV dan MPV

4WD (Four Wheel Drive)

Sistem penggerak 4WD adalah cukup mirip dengan AWD namun pemilik kendaraan bisa memilih untuk menyalurkan tenaga ke dua roda saja sesuai dengan kebutuhan dan medan jalan yang dilalui. Konsumsi bahan bakar kendaraan dengan sistem 4WD cenderung hemat, karena sistem 4WD tidak harus dipakai secara terus-menerus namun disesuaikan dengan kebutuhan.

Perbedaan dan Pengertian AWD, 4WD, 2WD, RWD, FWD adalah

(Gambar : Tampilan 4 WD. Sumber : Wikipedia.com)

Kelebihan mobil 4WD adalah memiliki traksi yang maksimal karena tenaga mesin akan disalurkan ke semua roda. Sistem ini memungkinkan roda lain akan bekerja menerima tenaga ketika salah satu roda selip.

Jadi mobil aman digunakan pada jenis jalan yang tidak rata atau bukan jalan aspal atau licin. Soal kekurangannya ada dua, yaitu bobot berat karena semua roda memiliki sistem penggerak. Selanjutnya dari segi kekurangan, mobil ini cenderung boros dan bisa mengalami understeer atau oversteer.

Mobil 2WD (Two Wheel Drive)

Mobil dengan sistem penggerak two wheel drive adalah mobil yang menitik beratkan tumpuan pada 2 roda saja. Jenis ini paling sering digunakan di Indonesia seperti pada produk mobil Daihatsu. Sistem 2WD dibagi lagi 2 jenis yaitu RWD (rear wheel drive) dan FWD (Front Wheel Drive).

FWD (Front Wheel Drive)

Kepanjangan dari FWD adalah Front Wheel Drive, yang merupakan jenis mode penggerak di mana tenaga dari mesin akan disalurkan ke dua roda depan mobil. Tidak ada proses tenaga melalui gardan karena  as roda langsung dihubungkan pada mesin dan transmisi. Sistem penggerak ini memiliki mesin bagian depan yang melintang dan disebut dengan FE atau Front Engine. Jenis mobil yang menggunakan sistem ini sangat banyak, seperti SUV hingga MPV. Berikut kelebihan dan kekurangan front Wheel drive.

pengertian penggerak 4WD, kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan FWD

Drivetrain merupakan komponen yang bertugas untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda. Biaya produksi yang sedikit inilah yang membuat harga mobil berpenggerak roda depan umumnya lebih murah. Selain itu, FWD akan membuat kendaraan lebih irit. Dan yang terakhir, traksi yang lebih baik ketika melewati jalan licin untuk jalanan yang datar.

Kekurangan FWD akan cenderung lebih mudah rusak karena khususnya pada komponen kaki-kaki dan setir. Hal tersebut sering terjadi karena roda depan menanggung beban dua kali, sehingga pemilik harus berhati hati. Kedua, biaya perawatana FWD lebih mahal, karena komponen didalamnya cukup kompleks dan harganya mahal. Kekurangan terakhir adalah understeer, dimana kondisi kendaraan kehilangan keseimbangan.

Baca Juga : Cara Parkir Paralel​​​​​​​

RWD (Rear Wheel Drive)

Berlawanan dengan FWD, RWD menyalurkan tenaga pada bagian dua roda belakang. Karena memanfaatkan tenaga pada dua roda, maka RWD juga termasuk dalam sistem penggerak mobil 2WD. Mobil dengan mode penggerak ini sempat terkenal pada tahun 90-an. Sistem yang bekerja adalah tenaga mesin akan disalurkan ke dua roda belakang.

Kekurangan RWD dibandingan FWD adalah bobot mobil yang berat, karena ada banyak komponen yang digunakan. Otomatis kerugian pada mekanisnya pun besar. Tenaga mesin yang sampai di dua roda belakang pun tidak besar.​​​​​​​
Sahabat Daihatsu sudah memahami apa saja perbedaan dan definisi dari roda penggerak. Langsung saja sesuaikan kebutuhan anda dengan cek katalog mobil daihatsu.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment