Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Servis 1.000 kilometer menjadi hal yang penting dilakukan oleh Sahabat Daihatsu. Ini sering juga disebut dengan servis berkala dan biasanya dilakukan satu bulan pertama setelah mobil dibawa pulang.

Terdapat dua jangka waktu yang sering dipakai untuk melakukan servis berkala, yaitu bisa merujuk pada acuan waktu atau jumlah kilometer. Bisa sebulan pertama setelah serah terima dealer ataupun ketika mobil sudah mencapai jarak 1.000 kilometer.

Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang menganggap servis berkala. Banyak pemilik mobil yang menganggap remeh servis berkala ini karena pada servis 1.000 kilometer pertama ini hanya dilakukan pengecekan saja tanpa adanya melakukan penggantian komponen.

Namun, apa saja sih manfaat melakukan servis 1.000 kilometer bagi mobil?

Melakukan pemeriksaan akhir

Servis 1.000 kilometer ini menjadi masa-masa yang penting untuk dilakukan oleh para pemilik mobil. Mengingat pada sebulan pertama ini menjadi masa-masa penyesuaian kendaraan baru setelah dari showroom dan merupakan masa adaptasi dalam pemakaian sehari-hari.

Tidak hanya bagi pemilik mobil, pengecekan ini juga penting bagi produsen mobil karena hal itu bisa membantu produsen dalam mengetahui dan memantau produk buatannya ketika sudah digunakan oleh konsumen setelah proses perakitan.

Apabila terjadi suatu malfungsi pada kendaraan yang diproduksi tersebut, produsen bisa mengetahui kekurangan apa saja yang bisa diperbaiki untuk proses perakitan kendaraan selanjutnya.

Memastikan tidak terjadi kerusakan

Saat melakukan servis 1.000 kilometer pertama, biasanya para mekanik dari bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada beberapa bagian mobil. Mulai dari kondisi eksterior, interior, hingga mesin.

Tidak hanya itu saja, seluruh baut-baut, selang, sambungan selang, kabel, hingga lampu-lampu mobil yang ada di mobil juga akan dilakukan pengecekan. Selain itu, pengecekan ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa mobil tidak mengalami malfungsi pada seluruh komponennya.

Pada masa-masa ini jika pemilik mobil mengeluhkan ada sesuatu yang terjadi pada mobilnya maka sebaiknya disampaikan kepada pihak bengkel karena akan dilakukan pengecekan apakah keluhan tersebut merupakan ada hal yang harus diperbaiki atau tidak.

Jika memang ingin melakukan penggantian oli pada saat melakukan servis 1.000 kilometer pertama juga bisa dilakukan. Biasanya mobil baru masih mengalami tahap penyesuaian setelah diproduksi.

Pada mobil yang baru selesai diproduksi ini, biasanya akan ada serpihan-serpihan metal dari sisa hasil produksi dan berisiko tercampur dengan oli. Sehingga bisa saja ketika oli yang terkontaminasi metal itu dibiarkan, bisa menyebabkan goresan pada ruang mesin.

Sebagai syarat berlakunya garansi

Selain itu melakukan pengecekan pasca produksi, servis 1.000 kilometer pertama ini juga merupakan syarat untuk bisa melakukan klaim garansi dari pihak produsen agar bisa berlaku.

Beberapa produsen mobil sengaja memberikan syarat utama melakukan servis berlaku agar garansi yang diberikan bisa digunakan. Jika syarat tersebut tidak dipenuhi, mungkin saja berisiko untuk ditolak saat ingin melakukan klaim garansi. 

Nah, itu tadi berbagai manfaat  yang bisa dirasakan oleh Sahabat Daihatsu jika melakukan servis 1.000 kilometer pertama. Sehingga jika ada gangguan pada mobil, bisa langsung terdeteksi.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment