Tarif Terbaru Tol Semarang Jakarta

Tarif Terbaru Tol Semarang Jakarta

Sebentar lagi long weekend nih, kalau Sahabat Daihatsu berencana menghabiskannya dengan road trip dari Kota Semarang ke Kota Jakarta, atau sebaliknya, jangan lupa cek tarif tol Semarang Jakarta terbaru, ya. 

Soalnya, setiap dua tahun sekali, tarif tol akan diperbarui. Jadi, mungkin saja tarif yang Sahabat Daihatsu ketahui saat ini bukanlah tarif terbaru.

Untuk itu, penting untuk mencari tahu kembali tarif terbaru tol Semarang Jakarta. Tujuannya, biar Sahabat Daihatsu nggak salah memperhitungkan budget. Sahabat Daihatsu juga bisa menyiapkan saldo uang elektronik dengan akurat.

Baca juga: Makin Ceria Beli Daihatsu dengan Sahabat Ceria!

Setidaknya ada delapan ruas tol yang akan Sahabat Daihatsu lalui untuk menuju Jakarta dari Semarang, atau sebaliknya.

Delapan ruas tol yakni ruas Semarang ABC, Batang-Semarang (Kalikangkung), Pemalang-Batang, Pejagan-Pemalang, Kanci-Pejagan, Palimanan-Kanci, Cikopo-Palimanan, dan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Lebih lanjut, berikut rincian tarif tol Semarang Jakarta terbaru.

  1. Tol Semarang ABC

Tol pertama yang akan Sahabat Daihatsu lalui untuk menuju Jakarta adalah Semarang ABC yang merupakan akses Tol Dalam Kota yang menghubungkan wilayah Barat, Timur dan Selatan Kota Semarang. Panjangnya hanya 24,7 kilometer dengan tarif sebesar Rp 5.000.

  1. Ruas Tol Batang-Semarang (Kalikangkung)

Ruas tol selanjutnya adalah Batang-Semarang yang memiliki total panjang 75,6 kilometer. Tarif tol Semarang Jakarta pada ruas ini adalah sebesar Rp 86.000. Apabila ingin beristirahat, Sahabat Daihatsu bisa melipir ke rest area KM 379 A, KM 391 A, KM 429 A, KM 389 A.

  1. Ruas Tol Pemalang-Batang

Ruas Tol Pemalang-Batang memiliki total panjang 39,19 kilometer dan tarif sebesar Rp 45.000. Durasi tempuh yang diperlukan yakni sekitar 30 menit. Ruas tol ini dilengkapi dengan satu buah rest area yakni KM 389 A, KM 391+400 A, KM 379 A.

  1. Ruas Tol Pejagan-Pemalang

Ruas tol selanjutnya adalah Pejagan-Pemalang dengan total panjang 57,5 kilometer dan tarif sebesar Rp 60.000. 

Baca juga: Keunggulan Daihatsu Rocky dan Cara Merawatnya

Durasi yang diperlukan untuk melalui ruas tol ini apabila kondisi arus lalu lintas normal adalah sekitar Rp 30 menit. Untuk beristirahat, Sahabat Daihatsu bisa melipir ke rest area KM 293 A, KM 252 B, KM 275 B, dan KM 282 B.

  1. Ruas Tol Kanci Pejagan

Mirip dengan ruas tol sebelumnya, ruas Tol Kanci-Pejagan juga relatif pendek, yakni hanya 35 kilometer dengan tarif sebesar Rp 29.500.

Baca juga: Tilang Manual Dilarang, Sahabat Daihatsu Tahu Aturanya?

Durasi waktu tempuhnya juga tidak terlalu lama, yakni sekitar 30 menit hingga 45 menit apabila arus lalu lintas normal. Di ruas tol ini Sahabat Daihatsu bisa beristirahat di rest area KM 228+300 A dan KM 229 A.

  1. Ruas Tol Palimanan-Kanci

Untuk menuju Semarang, Sahabat Daihatsu juga akan melalui ruas Tol Palimanan-Kanci dengan total panjang hanya 26,3 kilometer dan tarif sebesar Rp 12.500.

Berhubung jaraknya relatif pendek, Sahabat Daihatsu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit untuk melalui ruas ini dan hanya akan menemukan dua titik rest area, yakni KM 207 A dan KM 208+400 B.

  1. Ruas Tol Cikopo-Palimanan

Selanjutnya adalah ruas tol Cikopo-Palimanan. Ruas tol yang merupakan bagian dari Astra Infra Toll Road ini merupakan yang terpanjang untuk perjalanan dari Semarang menuju Jakarta atau sebaliknya, total panjangnya yakni 116,75 kilometer.

Baca juga: Pentingnya Sahabat Daihatsu Servis 1.000 Kilometer Pertama

Saldo elektronik yang harus disiapkan untuk kendaraan Golongan I saat melintasi ruas tol Cikopo-Palimanan adalah Rp 107.500. Terdapat beberapa titik rest area yang bisa Sahabat Daihatsu temukan, di antaranya KM 102 A, KM 166 B, KM 130 B, KM 86 B, KM 101 B, dan KM 164 B.

Durasi yang dibutuhkan untuk melalui ruas ini adalah sekitar 1,5 jam hingga 2 jam jika arus lancar. 

  1. Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek)

Untuk menuju ke Jakarta, ruas tol terakhir yang akan Sahabat Daihatsu lalui adalah ruas tol Jakarta-Cikampek dengan total panjang 72 kilometer. Untuk Golongan I yang meliputi sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus, tarif yang dikenakan adalah Rp 20.000.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Pada ruas tol ini, Sahabat Daihatsu bisa menemukan tujuh buah rest area, yakni KM 19 A, KM 39 A, KM 50 A, KM 57 A, KM 33 B, KM 52 B dan KM 71 B. Sedangkan untuk jarak tempuhnya, Sahabat Daihatsu akan memerlukan waktu 1,5 jam hingga 2 jam jika arus lancar.

Jika ditotal, maka tarif tol Semarang Jakarta yang perlu Sahabat Daihatsu siapkan adalah Rp 337.500 untuk sekali jalan. 

Namun tarif tersebut belum termasuk tarif tol untuk keluar di Tol Dalam Kota, Lingkar Luar Jakarta, Jagorawi, dan lain-lain. Maka dari itu, sebaiknya siapkan saldo uang elektronik tambahan. 

Baca juga:  Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky

Sebelum berangkat, pastikan juga kondisi tubuh dan mobil dalam keadaan prima, ya! Sahabat Daihatsu bisa melakukan pengecekan atau perbaikan mobil kesayangan di bengkel Daihatsu agar mobil mendapatkan perawatan terbaik dari ahlinya. 

Ada berbagai layanan yang bisa Sahabat Daihatsu manfaatkan, di antaranya Booking Service dan Daihatsu Home Service

Layanan tersebut memberikan kemudahan merawat mobil Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu dengan keleluasaan memilih jadwal, lokasi dan jenis pekerjaan perawatan atau perbaikan secara real time sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ground Clearance Mobil Tinggi, Apa Sih Kelebihanya Saat Digunakan?

Tentunya mudah bukan? Jadi, yuk rawat mobil Sahabat Daihatsu di bengkel Astra Daihatsu untuk mendapatkan perawatan terbaik dari ahlinya!
Klik di sini untuk informasi lebih lanjut seputar produk dan layanan Daihatsu.

Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment