ADM Recall 9.378 Daihatsu Rocky karena Masalah Fender Apron Depan

ADM Recall 9.378 Daihatsu Rocky karena Masalah Fender Apron Depan

ADM Recall 9.378 Daihatsu Rocky karena Masalah Fender Apron Depan
ADM Recall 9.378 Daihatsu Rocky karena Masalah Fender Apron Depan

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan penarikan kembali (recall) sebanyak 9.378 mobil Daihatsu Rocky.

Masalah yang menyebabkan penarikan ini sama dengan recall Toyota Raize, yaitu pada sambungan fender apron atau dudukan shockabsorber depan.

"Beberapa waktu lalu, kami menerima umpan balik dari konsumen kami di wilayah Sumatera. Ketika kendaraan digunakan, saat melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, kemudian terdengar bunyi 'dek-dek' dari bagian depan," kata Koordinator Eksekutif Divisi Layanan Teknis PT ADM, Bambang Supriyadi, dalam konferensi pers virtual hari ini, Jumat, 11 Maret 2022.

Bambang menjelaskan bahwa masalah apron Daihatsu Rocky terletak pada titik pengelasan yang kurang tepat.

Saat ini, terdapat 14 titik pengelasan pada sambungan apron depan Rocky, dan akan ditambahkan 11 titik pengelasan untuk memastikan sambungan tersebut terpasang dengan kuat.

Penarikan kembali Daihatsu Rocky mencakup tipe mesin 1.000cc dan 1.200cc yang diproduksi antara 28 April hingga 7 Oktober 2021.

ADM mengimbau konsumen yang memiliki unit yang terkena masalah ini untuk segera menghubungi Pusat Pelanggan Daihatsu dan memeriksa di situs resmi Daihatsu. Setelah itu, konsumen juga diminta untuk segera menghubungi bengkel resmi terdekat untuk membuat janji perbaikan pada Rocky yang terkena recall ini.

"Proses perbaikan akan memakan waktu sekitar sepuluh jam. Seluruh proses perbaikan ini tidak dikenakan biaya alias gratis," ujar Bambang.

Masalah pada sambungan fender apron depan juga dialami oleh Toyota Raize, yang merupakan saudara kembar Daihatsu Rocky.

Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa masalah pada fender apron depan Raize menyebabkan timbulnya bunyi yang tidak normal saat mobil melintasi jalan rusak atau bergelombang. Bahkan dalam kondisi tertentu, masalah ini dapat membuat kendali kendaraan menjadi sulit.

Toyota Raize yang mengalami recall adalah tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T yang diproduksi antara November 2020 hingga Oktober 2021 dan dipasarkan di Indonesia. TAM juga menjamin bahwa tidak akan ada biaya perbaikan di bengkel resmi untuk recall baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky.
Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment