Ditemukan Masalah di Struktur Mobil dan ECU, Daihatsu ”Recall” Tiga Model

Ditemukan Masalah di Struktur Mobil dan ECU, Daihatsu ”Recall” Tiga Model

Ditemukan Masalah di Struktur Mobil dan ECU, Daihatsu ”Recall” Tiga Model
Ditemukan Masalah di Struktur Mobil dan ECU, Daihatsu ”Recall” Tiga Model

Daihatsu Indonesia menggelar kampanye pemanggilan kembali atau recall tiga model andalannya, yakni Daihatsu Rocky, Daihatsu GranMax, dan Daihatsu Luxio, setelah ditemukan masalah pada struktur kendaraan dan unit komputer mesin atau ECU. Kampanye ini melibatkan ribuan kendaraan yang diproduksi tahun 2021 hingga awal 2022.

Dalam siaran pers yang disebarkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Jumat (11/3/2022), disebutkan, pihak Daihatsu menemukan 9.378 unit Daihatsu Rocky yang diproduksi di antara 28 April hingga 7 Oktober 2021 memiliki masalah pada struktur dudukan peredam kejut (shock absorber) bagian depan di ruang mesin mobil. Masalah tersebut menyebabkan mobil mengeluarkan bunyi ”dek-dek” dari bagian depan saat mobil melindas jalan berlubang pada kecepatan tinggi.

Selain mengganggu kenyamanan berkendara, masalah ini juga berpotensi menimbulkan masalah serius, yakni terlepasnya komponen dudukan peredam kejut tersebut. Sebagai langkah mengatasi masalah ini, mobil yang termasuk dalam program ini akan menjalani pengelasan ulang pada bagian tersebut. Dalam paparan PT ADM disebutkan, akan dilakukan penambahan 11 titik pengelasan pada dudukan peredam kejut tersebut untuk memperkuat strukturnya.

Sementara pada model Daihatsu Luxio dan GranMax, pihak Daihatsu menemukan masalah pada program komputer utama mesin mobil (electronic control unit/ECU) pada 11.734 unit Luxio dan GranMax yang diproduksi antara 9 September 2021-21 Januari 2022. Pada mobil-mobil yang terdampak persoalan ini, ditemukan gejala putaran mesin (RPM) tidak stabil, mesin ngelitik (knocking) hingga mesin yang tersendat-sendat dan mati.

Dalam paparannya, PT ADM menyebut masalah ini dipicu persoalan gangguan pasokan chip komputer pada mobil akibat pandemi Covid-19 sejak tahun 2020. Saat pasar mobil mulai naik pada 2021, permintaan akan chip ini semakin meningkat sehingga pihak ADM melakukan pengadaan chip komputer dari beberapa pemasok (multi source) sejak September 2021. Hal ini ditengarai menyebabkan dampak pada program ECU mobil.

Ke bengkel resmi

Sebagai solusi masalah ini, pelanggan yang memiliki Luxio dan GranMax buatan periode tersebut diminta datang ke bengkel untuk menjalani pemrograman ulang ECU. Untuk dua masalah yang melibatkan Rocky, Luxio, dan GranMax ini, Daihatsu merekomendasikan para pemilik kendaraan yang tercakup dalam program recall ini untuk membawa mobil mereka ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk ditangani oleh para mekanik Daihatsu tanpa dikenai biaya alias gratis.

Adapun mengenai waktu pengerjaannya, masalah pada Daihatsu Rocky diperkirakan tuntas dalam waktu sekitar 10 jam kerja. Sementara untuk pemrograman ulang ECU pada Luxio dan GranMax diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 15 menit per mobil.

”Program ini merupakan komitmen Daihatsu dalam usaha kami menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan lewat layanan after sales. Daihatsu siap menyambut pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silakan untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu untuk dilakukan perbaikan, agar dapat beraktivitas lebih aman dan nyaman,” papar Lili Herman, After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam siaran pers tersebut.

Prosedur recall ini akan dimulai dengan Daihatsu secara aktif menghubungi setiap pelanggan yang mobilnya terdeteksi masuk dalam rentang waktu produksi yang terkait. Selain itu, pelanggan juga bisa memastikan secara mandiri apakah mobilnya masuk dalam program recall ini dengan memasukkan nomor rangka kendaraan di tautan daihatsu.co.id/recall, atau bisa juga menghubungi Daihatsu Access di nomor telepon 1-500-898.

Setelah mendapat informasi, pelanggan yang masuk ke daftar recall dapat langsung melakukan pemesanan (booking) jadwal dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang telah ditentukan. Pihak Daihatsu menambahkan, ada total 162 bengkel resmi Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melakukan perbaikan terkait masalah yang ditemukan ini.
Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment