Ini Penyebab Recall Daihatsu Rocky

Ini Penyebab Recall Daihatsu Rocky

Ini Penyebab Recall Daihatsu Rocky
Ini Penyebab Recall Daihatsu Rocky

Perbaikan Terhadap Permasalahan Pada Fender Apron

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk memperbaiki Daihatsu Rocky terkait permasalahan pada fender apron. Program recall ini melibatkan 9.378 unit, yang terdiri dari model 1.0 turbo dan 1.2 liter, dengan periode produksi antara 28 April hingga 7 Oktober 2021.

Kurang Tepatnya Posisi Titik Pengelasan sebagai Penyebab

Bambang Supriyadi, Koordinator Eksekutif Divisi Layanan Teknis PT ADM, menjelaskan bahwa recall ini dilakukan karena adanya potensi terlepasnya dudukan shockabsorber (fender apron) depan akibat kurang tepatnya posisi titik pengelasan.
"Penyebabnya adalah kurang tepatnya posisi titik pengelasan. Sebenarnya, bagian ini sudah dilas untuk menyambungkan antara pelat bawah dan atas, namun posisi pengelasannya tidak tepat sehingga mengurangi kekuatan sambungan lasnya," jelasnya secara virtual pada hari Jumat (11/3/2022).

Peningkatan Jumlah Titik Pengelasan sebagai Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, Daihatsu akan meningkatkan jumlah titik pengelasan dari 14 titik menjadi 25 titik.
"Kami sebagai pabrikan bertanggung jawab terhadap kualitas. Meskipun keluhan konsumen terkait Daihatsu tidak banyak, kami tetap berkomitmen untuk menjaga kualitasnya. Kami melakukan analisis untuk memastikan agar posisi apron ini lebih kuat dengan menambah 11 titik pengelasan, sehingga totalnya menjadi 25 titik," jelas Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan Korporat serta Komunikasi PT ADM.
"Kami telah melakukan simulasi, dan dengan adanya 25 titik pengelasan, masalah ini pasti akan teratasi dan tidak akan ada potensi bahaya," tambah Amelia.

Durasi Pengerjaan

Lebih lanjut, Amelia menyampaikan bahwa recall yang dilakukan merupakan bagian dari tanggung jawab pabrikan dan bukan karena adanya cacat produk.
"Saya ingin menegaskan kembali bahwa recall ini bukan disebabkan oleh kesalahan produk. Kami bertanggung jawab terhadap kualitas dan memberikan kekuatan tambahan pada apron ini dengan menambahkan 11 titik pengelasan," ungkapnya.
Sebagai informasi, konsumen tidak akan dikenakan biaya untuk recall Daihatsu Rocky ini, alias gratis. Durasi perbaikan yang diperlukan adalah 10 jam kerja.
Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment